Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Kuliner Khas Jepara untuk Rayakan Hari Kartini

List Artikel
21 April 2017 | 0 Komentar

Jepara menjadi salah satu kabupaten yang berada dalam provinsi Jawa Tengah. Letaknya yang berbatasan dengan Laut Jawa membuat Jepara kaya akan hasil lautnya. Meski merupakan kota kecil, tapi Jepara sangat banyak dikunjungi para wisatawan. Kebanyakan dari mereka tertarik pada mebel-mebel dengan ukiran khas Jepara yang sudah terkenal di penjuru Indonesia. Saking terkenalnya, kota ini dijuluki sebagai kota ukir. Ternyata selain terkenal akan kerajinan mebelnya, Jepara juga terkenal akan kulinernya yang tergolong unik dan hanya bisa kamu jumpai di sini. Ingin tahu ada kuliner khas Jepara apa saja? Yuk, lihat daftarnya berikut: 

 

1. Horog-horog



Sumber: ulin-ulin.com


Kuliner khas Jepara yang paling terkenal adalah horog-horog yang terbuat dari tepung pohon aren yang dimasak dengan diberi santan dan sedikit gula pasir. Bentuknya menyerupai butiran-butiran besar berwarna putih dengan cita rasa yang gurih asin dan tekstur yang agak kenyal. Setelah dikukus hingga matang, horog-horog bisa langsung disantap dengan aneka makanan pendamping lainnya seperti sayur pecel, sate kikil, hingga soto dan bakso. Horog-horog seringkali disantap sebagai makanan pengganti nasi karena memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi.

 

2. Blenyik



Sumber: wikipedia.com


Blenyik atau yang lebih dikenal dengan nama tempong adalah kuliner khas Jepara yang terbuat dari ikan teri kecil yang dicampur dengan telur dan tepung lalu dibentuk bulat-bulat dan digoreng hingga garing dan renyah. Blenyik juga bisa ditambahkan santan kental agar lebih gurih. Blenyik ada yang disantap begitu saja dengan nasi dan ada yang dimasak kembali dengan tambahan bumbu irisan bawang merah, bawang putih, tomat, cabai hijau, dan garam.

 

3. Pindang Serani



Sumber: alanara.wordpress.com


Pindang serani menjadi kuliner khas Jepara yang sudah diketahui banyak orang di Indonesia. Kuliner ini terbuat dari ikan laut seperti segar seperti kakap yang dimasak dengan bumbu bawang merah, cabai, laos, daun jeruk, asam jawa, kunyit, sereh, dan garam. Meski tak menggunakan santan, pindang serani memiliki cita rasa yang asam segar dan ada sedikit rasa pedas yang menggelitik di mulut. Belakangan, pindang serani tak hanya menggunakan ikan laut, tapi juga ikan air tawar seperti bandeng, nila, hingga mujair. Pindang serani paling enak disantap dengan nasi hangat saat sedang hujan.  

 

4. Rondo Royal



Sumber: tokomesin.com


Rondo royal yang juga memiliki nama lain monyos adalah kuliner khas Jepara yang masuk dalam kategori camilan unik. Dikatakan unik karena kuliner ini memiliki tekstur serta cita rasa yang berbeda. Rondo royal terbuat dari tepung beras yang diisi dengan tape dan gula atau cokelat lalu digoreng hingga garing. Cita rasa yang kamu dapatkan adalah gurih dari tepung beras, asam dari tape, dan manis dari gula atau cokelat yang ada di dalamnya. Kuliner ini paling cocok disantap saat masih hangat dengan ditemani minuman teh atau kopi.

 

5. Moto Belong



Sumber: nettik.com


Moto belong merupakan jajanan khas Jepara yang bisa dengan mudah kamu jumpai di pasar-pasar tradisional di Jepara. Nama moto belong diambil karena kuliner ini menyerupai mata yang sedang melotot. Moto dalam bahasa Jawa artinya mata dan belong artinya melotot. Moto belong terbuat dari pisang yang dibalut dengan singkong yang diparut lalu diperas kemudian dikukus hingga matang. Setelah matang, moto belong dipotong-potong dan hasil potongannya ini menyerupai bola mata. Untuk penyajiannya, moto belong diberi taburan kelapa yang dicampur gula dan garam. 


Itu dia tadi lima kuliner khas Jepara yang perlu kamu ketahui. Sekarang, buat teman PergiKuliner yang merasa lapar dan ingin makan-makanan khas Jepara atau Jawa Tengah lainnya, cek daftar restorannya di bawah ini yuk! 


Selamat Hari Raya Kartini! 

Dapur Solo

Foto Dapur Solo
Foto Dapur Solo
Foto Dapur Solo

Selera Meneer

Foto Selera Meneer
Foto Selera Meneer
Foto Selera Meneer

Remboelan

Foto Remboelan
Foto Remboelan
Foto Remboelan

Seruput

Foto Seruput
Foto Seruput

Plataran Dharmawangsa

Foto Plataran Dharmawangsa
Foto Plataran Dharmawangsa
Foto Plataran Dharmawangsa

Mau tau dimana saja tempat makan enak di wilayah JABODETABEK, Bandung dan Surabaya? Cek pergikuliner.com dulu ya sebelum pergi kulineran!


Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?