Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tips Memilih Mangga yang Manis Agar Tak Salah Pilih!

List Artikel
6 Agustus 2019 | 0 Komentar

Mangga menjadi buah tropis yang keberadaannya di Indonesia sudah menjadi hal yang paling umum. Pasalnya buah mangga sangat mudah dijumpai pohonnya karena tak hanya bisa dijumpai di perkebunan atau tempat budidaya saja, tapi juga beberapa masyarakat Indonesia ada yang menanamnya di halaman rumah sendiri. Inilah salah satu alasan utama kenapa harga mangga sangat terjangkau. Mangga di Indonesia tidak hanya memiliki satu jenis saja, kamu bisa menemukan beberapa jenis mangga, mulai dari mangga Indramayu, mangga manalagi, mangga arumanis, mangga golek, mangga golek, dan masih banyak lagi. Rasanya di beberapa daerah di Indonesia, punya varietas jenis mangganya tersendiri dengan citarasa dan tekstur buah yang berbeda juga. Meski mudah dijumpai dan harganya terjangkau, tapi mangga ini berbuah pada musimnya. Biasanya musim mangga dimulai dari bulan Agustus hingga akhir tahun. Berhubung musim mangga sudah dekat, Pergi Kuliner punya beberapa tips supaya kamu nantinya bisa memilih mangga yang manis, yaitu:




Sumber : Tempo.co


Lihat Dari Bentuknya

Hal yang pertama kita lakukan pada saat akan membeli atau memilih buah pastinya adalah melihat dari segi bentuk dan tampilannya. Kamu bisa melihat tingkat kematangan dari buah mangga dari segi bentuknya karena mangga yang sudah matang memiliki bentuk atas yang agak membulat. Bagian atas ini adalah bagian di mana ada potongan bekas petikan batang pohon. Umumnya bentuk mangga yang bagian atas membulat akan memiliki cita rasa manis karena sudah matang sempurna.

 

Lihat dari Warna dan Ketebalan Kulitnya

Tips selanjutnya adalah melihat dari kulitnya, baik itu warna dan ketebalannya. Memangnya bisa? Buah mangga yang manis dan sudah matang memiliki warna yang sudah pasti agak kekuningan. Memang ada beberapa jenis mangga yang tidak memiliki warna kuning ketika matang, tapi kamu masih tetap bisa membedakannya kok. Warna hijau tua tandanya mangga belum matang sedangkan warna hijau yang agak muda dan ada tanda atau noda hitam pada bagian atas berarti mangga sudah matang. Supaya lebih mudah lagi, coba raba bagian kulitnya, jika sudah matang, mangga cenderung memiliki kulit buah yang lebih tipis dibandingkan mangga yang belum matang. Semakin tipis kulit mangga, maka semakin matang buah di dalamnya dan pasti semakin manis cita rasanya.


Cium dari Aromanya

Tips yang ketiga adalah mencium aroma dari buah mangga tersebut. Seperti yang kamu ketahui kalau buah mangga yang matang akan memiliki aroma wangi yang sangat khas meski buahnya belum kita belah atau potong. Cara ini memang terbilang cukup ampuh dan banyak dilakukan orang ketika ingin mendapatkan buah mangga yang matang sempurna dan manis. Buah mangga yang belum matang sudah pasti tidak beraroma wangi karena bagian dalamnya juga tidak manis. Aroma wangi pada mangga yang telah matang dikarenakan bagian dalam buahnya sudah matang dan manis.

 

Cek Dari Potongan Batangnya

Ada satu lagi trik ketika memilih mangga yang matang dan manis yakni dengan melihat potongan batang yang ada di bagian atas buah mangga. Jika potongannya ini masih ada bekas sisa dari batang, maka mangga biasanya dipetik paksa alias belum matang sudah dipetik terlebih dahulu. Tapi jika potongan batangnya agak menjorok ke dalam, bahkan cenderung tidak ada sisa potongan batangnya, maka tandanya buah mangga matang tanpa digunting atau dipetik paksa alias matang di pohon. Buah mangga yang matang di pohon memiliki cita rasa manis yang alami. Berbeda dengan buah mangga yang belum matang tapi sudah dipetik. Cita rasa manisnya pasti tidak terlalu berasa.

 

Itulah beberapa tips dan trik yang bisa kamu gunakan saat memilih mangga yang matang dan manis. Jika tak mau repot mengolahnya, kamu bisa langsung membelinya di sini ya!

Mango Mango

Foto Mango Mango
Foto Mango Mango
Foto Mango Mango

King Mango Thai

Foto King Mango Thai
Foto King Mango Thai

101+ Juice

Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice

Berrywell

Foto Berrywell
Foto Berrywell
Foto Berrywell

Re.Juve

Foto Re.Juve
Foto Re.Juve

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?