Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Kuliner Nasi Khas Sumatra Utara yang Nikmatnya Tiada Tara

List Artikel
6 Oktober 2023 | 0 Komentar

Nasi merupakan makanan pokok yang dikonsumsi oleh masyarakat di negara-negara Asia, termasuk Indonesia. Kebanyakan masyarakat Indonesia bahkan menganggap "belum makan nasi berarti belum makan".  Sebagai makanan pokok, ada banyak sekali olahan nasi di Indonesia, termasuk di daerah Sumatera Utara atau Sumut. Kuliner nasi khas Sumut kebanyakan memiliki rasa yang cukup kuat karena campuran rempah-rempahnya, baik yang ada pada nasi hingga lauk-pauknya. Dari sekian banyak kuliner nasi khas Sumut, ada lima yang memiliki keunikan tersendiri sehingga memiliki rasa yang berbeda dari kuliner nasi pada umumnya. Inilah lima kuliner khas Sumut yang perlu kamu ketahui!

 

1. Nasi Galung



Sumber: pergikuliner.com


Kuliner nasi khas Sumut yang pertama adalah nasi galung. Nasi ini dibuat dari bahan dasar nasi putih biasa yang nantinya akan diberi tambahan aneka lauk-pauk. Kuliner khas Pematangsiantar ini sering kali dijuluki sebagai nasi ramesnya Pematangsiantar. Lauk-pauk yang disajikan bisa berupa tumis kacang panjang, mi goreng kuning, gulai kenyang, ikan balado, hingga rendang daging. Di dalam satu porsi nasi galung, ada sekitar 3 sampai 5 lauk-pauk sehingga rasanya menjadi lebih bervariasi.

 

2. Nasi Kentut



Sumber: cookpad.com/chikarahmadafani


Mendengar namanya, mungkin kamu akan merasa heran mengapa dinamakan demikian? Apa karena kuliner yang disajikan memiliki aroma yang kurang sedap? Tentu saja tidak. Nasi kentut ini dinamakan nasi kentut karena dibuat dengan campuran daun kesembukan yang lebih dikenal oleh masyarakat setempat sebagai daun kentut. Nasi kentut merupakan nasi yang disajikan bersama dengan aneka lauk-pauk seperti ikan pepes, kering kentang balado, dan sebagainya.

 

3. Nasi Sombang



Sumber: phinemo.com


Selanjutnya, ada nasi sombang yang memiliki tampilan unik karena mirip dengan nasi bakar. Nasi sombang merupakan nasi bakar khas Sumut yang dibalut dan dibungkus dengan daun pisang. Nasi sombang dibuat dari bahan dasar nasi yang dimasak dengan aneka rempah-rempah lalu ditambahkan ikan teri. Setelah semua bahan dicampur rata, nasi kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dibakar hingga aromanya wangi. Nasi khas Sumut yang berasal dari Deli Serdang ini disajikan bersama dengan aneka lauk-pauk.

 

4. Nasi Perang



Sumber: pergikuliner.com


Dari namanya saja, nasi perang sudah terdengar unik. Dinamakan nasi perang karena dulunya nasi ini dijadikan sebagai bekal para lelaki yang pergi berperang. Nasi perang adalah nasi khas Sumut yang sebenarnya termasuk nasi campur khas Sumut karena di dalamnya terdapat banyak lauk pauk. Keunikan dari nasi perang ini adalah lauk-pauknya yang dicampur menjadi satu, baru kemudian dibungkus dengan daun pisang. Kebanyakan lauknya menggunakan bumbu balado atau bumbu pedas.

 

5. Nasi Pelleng



Sumber: suarausu.or.id


Nasi khas Sumut yang terakhir adalah nasi pelleng. Sekilas, nasi pelleng terlihat mirip sekali dengan nasi kuning. Warna dari nasi pelleng memang kekuningan sehingga kerap kali dijuluki sebagai nasi kuningnya Sumut, tapi nasi pelleng sangat berbeda dari nasi kuning pada umumnya karena memiliki tektur dan rasa yang berbeda. Nasi Pelleng dibuat dari bahan dasar beras yang dimasak dalam waktu lama bersama dengan rempah-rempah. Inilah yang menyebabkan teksturnya sangat mirip dengan bubur padat. Nasi pelleng biasanya disantap dengan lauk-pauk seperti ayam kampung goreng, gulai ayam kampung, hingga rendang yang kemudian ditambahkan cabai rawit hijau untuk menambah rasa pedasnya.

 

Itulah beberapa nasi khas Sumatra Utara yang bisa kamu coba. Dari semuanya, manakah yang paling cocok dengan selera lidahmu? Buat kamu yang ingin menyantap aneka hidangan nasi campur, berikut ini ada beberapa rekomendasi tempat makan yang bisa kamu kunjungi!

Nasi Akwang

Foto Nasi Akwang
Foto Nasi Akwang
Foto Nasi Akwang

Nasi Kapau Langganan

Foto Nasi Kapau Langganan
Foto Nasi Kapau Langganan
Foto Nasi Kapau Langganan

Nasi Kuning Pungkur

Foto Nasi Kuning Pungkur
Foto Nasi Kuning Pungkur
Foto Nasi Kuning Pungkur

Nasi Cumi Hitam Madura Pak Kris

Foto Nasi Cumi Hitam Madura Pak Kris
Foto Nasi Cumi Hitam Madura Pak Kris
Foto Nasi Cumi Hitam Madura Pak Kris

Nasi Campur Aliong 333

Foto Nasi Campur Aliong 333
Foto Nasi Campur Aliong 333
Foto Nasi Campur Aliong 333

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?