Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Lauk-pauk yang Paling Sering Disantap dengan Sayur Lodeh

List Artikel
16 Mei 2023 | 0 Komentar

Sayur lodeh merupakan salah satu sayur yang memiliki ciri khas kuah santan. Sayur lodeh sebenarnya memiliki banyak versi, ada yang versi Jawa dan ada yang versi Betawi. Meski berbeda, keduanya tak jauh berbeda karena sama-sama menggunakan bahan dasar sayur-sayuran seperti labu muda, kacang panjang, terong, jagung, daun melinjo, nangka muda, dan tempe. Sayur lodeh memiliki rasa yang gurih asin dengan aroma rempah-rempah yang wangi. Biasanya, sayur lodeh akan disajikan bersama dengan nasi putih hangat, sambal, dan aneka lauk-pauk. Ada banyak jenis lauk-pauk yang cocok untuk disantap dengan sayur lodeh. Tapi dari semuanya, lima lauk-pauk berikut ini merupakan jenis lauk-pauk yang paling populer disantap dengan sayur lodeh. Apa saja itu?

 

1. Ayam Goreng



Sumber: pergikuliner.com


Lauk-pauk yang paling sering disantap dengan sayur lodeh adalah ayam goreng. Ayam goreng sepertinya sudah menjadi lauk wajib untuk disantap dengan sayur lodeh. Ayam goreng memiliki tekstur kulit yang garing dengan bagian dalam daging ayam yang tetap lembut. Hidangan ini sangat enak jika disantap dengan sambal dan nasi hangat. Jenis sambal yang cocok dengan ayam goreng dan sayur lodeh adalah sambal terasi. Ada beragam ayam goreng yang cocok disantap dengan sayur lodeh, mulai dari ayam goreng bumbu kuning, ayam goreng lengkuas, hingga ayam goreng kremes.

 

2. Ikan Asin



Sumber: genpi.com


Selain ayam goreng, ada ikan asin yang juga sering dijumpai sebagai lauk yang disajikan bersama sayur lodeh. Ikan asin merupakan ikan yang sudah difermentasikan dengan cara diberi garam dan dijemur dalam waktu lama sehingga kadar airnya berkurang. Ikan asin memiliki ciri khas rasa yang asin dan gurih sehingga cocok disantap dengan sayur lodeh. Jenis ikan asin yang cocok untuk disandingkan dengan sayur lodeh adalah ikan asin gabus dan ikan asin bulu ayam. Tapi selain itu, kamu juga bisa menyantap jenis ikan asin yang lainnya.

 

3. Tahu dan Tempe Goreng Ungkep



Sumber: pergikuliner.com


Jika tidak suka ayam atau ikan asin, ada tahu dan tempe goreng ungkep yang juga bisa menjadi lauk-pauk untuk disantap dengan sayur lodeh. Tahu dan tempe goreng sebenarnya merupakan lauk-pauk klasik yang cocok disantap bersama olahan sayur apa saja. Tapi dibandingkan dengan tahu dan tempe goreng yang dibalut dengan tepung, tahu dan tempe goreng yang diungkep lebih cocok disantap dengan sayur lodeh. Tahu dan tempe goreng ungkep sebenarnya adalah tahu dan tempe yang sebelumnya sudah dibumbui dengan bumbu ungkep, baru kemudian digoreng hingga warnanya keemasan. Kedua hidangan ini memiliki ciri khas rasa yang kaya akan rempah sehingga memberikan kenikmatan lebih saat disantap dengan sayur lodeh.

 

4. Udang Goreng



Sumber: pergikuliner.com


Selanjutnya, ada udang goreng yang juga cocok untuk dijadikan sebagai salah satu lauk-pauk untuk disantap bersama dengan sayur lodeh. Udang goreng yang disantap bisa berupa udang goreng biasa, udang goreng yang dibumbu dengan rempah, hingga udang goreng tepung. Udang goreng memiliki ciri khas rasa yang gurih dengan campuran sedikit rasa manis dari daging udangnya. Jika disantap dengan sayur lodeh, nasi putih hangat, dan sambal pedas, akan menjadi perpaduan yang tak terkalahkan.

 

5. Daging Empal Goreng



Sumber: primarasa.co.id


Terakhir, ada daging empal goreng yang banyak dijumpai di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Daging empal goreng merupakan kuliner yang dibuat dari bahan dasar daging sapi yang sudah direbus dengan aneka bumbu rempah lalu digeprek dan diberi bumbu lagi, baru kemudian digoreng hingga bagian luarnya berwarna kecokelatan. Rasa dari daging empal goreng ini sangat gurih sehingga cocok disantap dengan sayur lodeh dan nasi putih.

 

Itulah beberapa lauk-pauk yang paling sering disantap dengan sayur lodeh. Di antara kelimanya, manakah yang paling sering kamu cicip? Kalau kamu ingin menyantap kuliner Indonesia, berikut ini ialah rekomendasi restoran yang menyajikan kuliner Indonesia yang bisa kamu kunjungi!

Waroeng Sunda

Foto Waroeng Sunda
Foto Waroeng Sunda
Foto Waroeng Sunda

Rempah Sunda

Foto Rempah Sunda
Foto Rempah Sunda
Foto Rempah Sunda

Warung Nasi Alam Sunda

Foto Warung Nasi Alam Sunda
Foto Warung Nasi Alam Sunda
Foto Warung Nasi Alam Sunda

Lembur Kuring

Foto Lembur Kuring
Foto Lembur Kuring
Foto Lembur Kuring

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?