Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Makna Sajian Tumpeng pada Hari Kemerdekaan RI

List Artikel
13 Agustus 2019 | 0 Komentar
Memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia (RI), biasanya selalu identik dengan sajian tumpeng. Menurut tradisi, tumpeng menyimbolkan banyak makna, mulai dari bentuknya yang kerucut, pemilihan nasi kuning, hingga aneka lauk pauk yang disajikan. Semuanya memiliki makna tersendiri yang mewakili harapan dan rasa terima kasih. Penasaran apa saja maknanya? Berikut lima makna sajian tumpeng dalam perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang perlu kamu tahu:

1. Nasi Kuning Berbentuk Kerucut

Sumber : Diaryhijaber.com

Ada dua jenis nasi yang digunakan dalam tumpeng, nasi putih dan nasi kuning. Tapi yang paling banyak digunakan adalah nasi kuning. Nasi yang dibentuk kerucut ini menyimbolkan bahwa segala sesuatu yang ada di dunia ini selalu mengerucut ke atas, yakni Sang Pencipta. Bentuk kerucut ini juga menyimbolkan rasa syukur, terima kasih dan hormat kepada alam semesta. Bila tumpeng menggunakan nasi putih akan bermakna suci. Namun, jika menggunakan nasi kuning akan bermakna kesejahteraan, kekayaan, serta rezeki yang berlimpah.

2. Sayuran 

Sumber : Sajiansedap.grid.id

Ada berbagai macam jenis sayuran yang biasanya digunakan dalam sajian tumpeng, mulai dari tumis kacang buncis, acar wortel mentimun, hingga yang paling sering digunakan yakni urap. Sayuran dianggap sebagai lambang kedamaian, kesuburan, panjang umur, dan juga simbol mudah beradaptasi dengan lingkungan. 

3. Ayam

Sumber : Pergikuliner.com

Kuliner ayam yang digunakan dalam tumpeng biasanya berupa ayam jantan utuh yang dibakar atau digoreng serundeng. Ayam utuh melambangkan rasa patuh kepada Sang Pencipta. Selain itu, ayam yang ada pada sajian tumpeng ini juga melambangkan sifat sombong manusia yang harus dilepaskan.

4. Telur 

Sumber : Royco.co.id

Telur yang ada pada tumpeng biasanya berbentuk telur dadar atau telur balado utuh. Namun, pada sajian asli tumpeng, telur disajikan tidak digoreng tapi dipindang dengan kulit yang masih lengkap. Baru ketika dimakan, kulit telur kita kupas terlebih dahulu. Proses memakannya inilah yang memiliki filosofi bahwa segala tindakan itu harus direncanakan dan diupayakan terlebih dahulu. Telur melambangkan kehidupan baru atau harapan baru bangsa Indonesia agar lebih baik lagi. Telur juga melambangkan segala tindakan yang dibuat sepenuh hati.  

5. Tempe dan Umbi-umbian



Sumber : Resepseharihari.com

Tempe orek atau kering tempe dapat melambangkan kesederhanaan dan sikap rendah hati. Sementara untuk umbi-umbian melambangkan sifat menghargai sesama karena semua makhluk diciptakan oleh Sang Pencipta. Umbi-umbian yang biasanya digunakan biasanya kentang yang dibuat perkedel atau keripik singkong bumbu manis. 

Nah, itu dia makna dari sajian tumpeng yang perlu kamu tahu. Ternyata di setiap sendoknya terdapat pesan yang mendalam ya? Tak heran, jika tumpeng jadi hidangan di momen-momen spesial seperti Hari Kemerdekaan Indonesia.
Nah, buat kamu yang belum tahu mau makan apa hari ini, bisa langsung datangi salah satu tempat dengan masakan Indonesia yang lezat di bawah ini ya!

Selera Meneer

Foto Selera Meneer
Foto Selera Meneer

Remboelan

Foto Remboelan
Foto Remboelan

Ala Ritus

Foto Ala Ritus
Foto Ala Ritus

Padang Merdeka

Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka

Sepiring Padang

Foto Sepiring Padang
Foto Sepiring Padang
Foto Sepiring Padang

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?