Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Manfaat Kerang untuk Kesehatan yang Perlu Kamu Ketahui

List Artikel
17 November 2020 | 0 Komentar
Kerang adalah salah satu makanan laut yang menjadi favorit banyak orang. Jenis kerang bermacam-macam, di antaranya kerang dara, kerang hijau, kerang bambu, dan lain-lain. Kerang telah dikonsumsi selama beradab-abad di seluruh dunia. Meskipun kerang merupakan salah satu makanan yang mudah terkontaminasi logam berat, namun kerang juga memiliki berbagai nutrisi penting untuk tubuh. Kerang kaya akan protein tanpa lemak dan mineral. Di dalam 100 gram kerang diketahui terkandung protein tinggi dan asam amino yang mudah dicerna. Kerang juga mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung. Selain itu kerang dikenal sebagai makanan yang rendah lemak dan kalori. Kandungan lainnya yaitu Yodium, Tembaga, Zinc, Zat Besi dan selenium merupakan mineral yang baik untuk tubuh. Mengonsumsi kerang secara teratur dapat memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan. Lalu, apa saja manfaat kerang untuk kesehatan? Simak ulasannya dari Pergikuliner berikut ini ya!


Sumber: Rasamalaysia.com


1. Mengurangi risiko serangan jantung
Salah satu manfaat kerang untuk kesehatan adalah mengonsumsi kerang dapat mengurangi risiko serangan jantung. Kerang mengandung nutrisi yang dapat meningkatkan kesehatan jantung seperti asam lemak Omega-3 dan Vitamin B12. Asam lemak Omega-3 memiliki efek anti-inflamasi atau anti peradangan yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Kurangnya asupan Vitamin B12 sering dikaitkan dengan tingginya kadar homosistein dalam darah. Homosistein sendiri merupakan asam amino alami yang bila dalam kadar tinggi dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang mengonsumsi kerang setidaknya 1 kali dalam seminggu akan mengurangi risiko kematian akibat serangan jantung mendadak.

2. Meningkatkan Kesehatan Kulit
Kerang diketahui mengandung asam lemak Omega-3 yang baik untuk menjaga kesehatan kulit. Fungsi asam lemak Omega-3 sangat penting dalam membantu kulit agar awet muda, jauh dari jerawat, keriput, dan bintik-bintik hitam. Hal ini juga disebabkan kandungan zat besi yang membantu produksi sel darah merah sehingga mampu mengikat oksigen lebih baik dan menjadikan kulit lebih sehat.

3. Mengendalikan Tekanan Darah
Manfaat kerang untuk kesehatan selanjutnya adalah kerang dipercaya dapat mengendalikan kadar kolesterol dalam darah. Kerang mengandung asam lemak omega-3 yang dapat membantu mengendalikan tekanan darah dan kadar kolesterol.

4. Memperbaiki Sel-sel Tubuh
Kerang diketahui kaya akan kandungan protein yang berperan penting dalam pembentukan enzim dalam tubuh, pembentukan sel organ dan otot, pembentukan hormon, memperbaiki sel-sel yang rusak dalam tubuh, mengatur metabolisme, membentuk sistem kekebalan tubuh, dan sebagai sumber energi

5. Menyehatkan Otak
Manfaat kerang untuk kesehatan yang terakhir yaitu kerang dapat menyehatkan otak. Nutrisi yang sama dalam kerang yang baik untuk jantung juga sangat penting bagi kesehatan otak. Faktanya, beberapa penelitian telah mengidentifikasi kadar vitamin B12 dan Omega-3 dalam darah yang tidak memadai sebagai faktor risiko untuk masalah perkembangan otak pada anak-anak dan dengan fungsi otak yang sehat pada orang dewasa. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa Vitamin B12 dan asam lemak Omega-3 dapat meningkatkan aktivitas otak dan mampu menyehatkan otak.

Itulah lima manfaat kerang untuk kesehatan. Saat ini banyak sekali beredar kalau kerang merupakan makanan yang berbahaya dikonsumsi karena mudahnya tercemar logam berat yang berbahaya bagi tubuh. Namun, Pergikuliner tidak perlu khawatir, selagi kamu mengonsumsi kerang dalam batas normal dan mengolahnya dengan baik, teman kuliner akan mendapatkan manfaat-manfaat baik dari kerang seperti yang sudah Pergikuliner jabarkan. Jadi tertarik untuk menyantap kerang sekarang? Simak rekomendasi tempatnya di bawah ini yuk!

Seafood City By Bandar Djakarta

Foto Seafood City By Bandar Djakarta
Foto Seafood City By Bandar Djakarta
Foto Seafood City By Bandar Djakarta

Cabe Ijo Live Seafood

Foto Cabe Ijo Live Seafood
Foto Cabe Ijo Live Seafood
Foto Cabe Ijo Live Seafood

Indah Seafood 94

Foto Indah Seafood 94
Foto Indah Seafood 94
Foto Indah Seafood 94

Seafood 68 Santa

Foto Seafood 68 Santa
Foto Seafood 68 Santa
Foto Seafood 68 Santa

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?