Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Masakan Indonesia dengan Kombinasi Manis Gurih, Nikmat Disantap dengan Nasi

List Artikel
6 September 2023 | 0 Komentar

Masakan Indonesia ada banyak ragamnya. Mulai dari makanan berat hingga ringan. Ada yang memiliki rasa manis, pedas, hingga asin dan gurih. Tapi jika kamu perhatikan, kebanyakan masakan Indonesia memiliki rasa pedas yang lebih dominan. Hal ini dikarenakan masyarakat Indonesia memang lebih suka makanan pedas. Ada banyak masakan Indonesia yang memiliki rasa pedas, seperti aneka penyetan hingga aneka balado. Namun ternyata, tidak hanya dominan rasa pedas saja yang dimiliki oleh masakan Indonesia, tapi juga ada yang memiliki dominan rasa manis dan gurih. Uniknya, masakan Indonesia dengan rasa manis gurih ini sangat cocok jika disantap dengan menggunakan nasi putih hangat. Masakan Indonesia dengan kombinasi rasa manis gurih ini biasanya banyak dijumpai di Pulau Jawa. Di bawah ini, ada beberapa masakan Indonesia yang memiliki kombinasi rasa manis dan gurih. Yuk, kita simak!

 

1. Semur



Sumber: resepkoki.id


Masakan Indonesia dengan kombinasi rasa manis gurih yang pertama adalah semur. Semur adalah kuliner khas Pulau Jawa yang bisa dibuat dari berbagai macam bahan dasar campuran. Semur bisa dibuat dari telur, daging sapi, daging ayam, kentang, tahu, dan tempe. Untuk bumbunya sendiri, semur harus menggunakan kecap manis yang nantinya dicampur dengan berbagai macam rempah seperti bawang merah, bawang putih, pala, kayu manis, kemiri, sereh, daun salam, lengkuas, dan sebagainya. Proses memasak semur membutuhkan waktu yang cukup lama karena harus dimasak hingga bumbunya sangat meresap.

 

2. Selat Solo



Sumber: pergikuliner.com


Masakan Indonesia kedua yang punya kombinasi rasa manis dan gurih adalah selat solo. Selat solo yang asalnya dari Jawa Tengah ini awalnya merupakan kuliner kaum bangsawan, tapi sekarang setiap kalangan masyarakat juga bisa menikmatinya. Selat solo dibuat dari bahan dasar daging sapi atau daging ayam yang dimasak dengan bumbu khusus dengan campuran bawang dan kecap Inggris. Nantinya, daging yang sudah dimasak akan dipotong-potong lalu disajikan dengan wortel, buncis rebus, kentang goreng, dan daun selada. Ada pula selat solo yang juga diberi tambahan telur rebus.

 

3. Ayam Bakar Kecap



Sumber: pergikuliner.com


Berbicara tentang masakan Indonesia yang punya kombinasi rasa manis dan gurih, ayam bakar kecap tentu tak boleh dilewatkan. Sebenarnya, ada banyak jenis ayam bakar khas Indonesia, salah satunya adalah ayam bakar kecap. Tidak diketahui secara pasti asal dari ayam bakar, tetapi ayam bakar kecap diduga berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Timur. Sesuai namanya, ayam bakar kecap ini dibakar dengan campuran kecap manis sehingga rasanya menjadi lebih manis. Kombinasi antara cita rasa manis dari kecap manis, gurihnya daging ayam yang telah dibumbui dengan rempah-rempah seperti bawang putih, bawang merah, ketumbar, dan sebagainya membuat hidangan ini begitu menggoda dan memanjakan lidah. Untuk membuat hidangan ini, ungkep daging ayam terlebih dulu dengan bumbu rempah. Setelah diungkep, barulah kemudian daging ayam melalui proses pembakaran.

 

4. Orek Tempe



Sumber: kompas.com


Orek tempe juga termasuk dalam masakan Indonesia dengan kombinasi rasa manis dan gurih. Hidangan khas Jawa Tengah ini dibuat dari bahan dasar tempe yang dipotong menyerupai korek api lalu digoreng hingga garing dan diberi campuran bumbu rempah, kecap manis, dan gula merah. Orek tempe sangat digemari oleh masyarakat Indonesia sebagai salah satu lauk-pauk yang disantap dengan nasi putih hangat. Ada sebagian orek tempe yang diberi campuran irisan cabai merah keriting sehingga nanti akan ada sedikit rasa pedasnya.

 

5. Sate Ayam



Sumber: pergikuliner.com


Masakan Indonesia dengan kombinasi rasa manis dan gurih yang terakhir adalah sate ayam. Indonesia memiliki banyak ragam sate ayam, tapi dari segi rasanya tidak jauh berbeda. Hampir seluruh sate ayam di Indonesia memiliki kombinasi rasa manis dan gurih. Rasa gurih dihasilkan dari bumbu dasar yang digunakan, yakni bumbu kacang. Sedangkan rasa manisnya didapat dari tambahan kecap manis yang dicampurkan dengan bumbu kacang. Untuk membuat sate ayam, potong daging ayam kecil-kecil lalu tusukkan ke tusuk sate. Kemudian marinasi dengan campuran kecap manis, minyak, garam, merica, bawang putih, dan gula. Setelah dimarinasi, bakar sate di atas arang hingga matang dan kecokelatan. Sate ayam biasanya disajikan bersama dengan irisan lontong dan acar mentimun dan wortel.


Itulah beberapa masakan Indonesia dengan kombinasi rasa manis gurih yang bisa bikin lidah bergoyang. Dari kelimanya, manakah masakan Indonesia yang paling cocok dengan seleramu? Kalau kamu ingin menyantap masakan Indonesia, berikut ini sudah PergiKuliner siapkan rekomendasi tempat makan yang menyajikan masakan Indonesia untuk kamu. Selamat mencoba!

Sate Waru

Foto Sate Waru
Foto Sate Waru
Foto Sate Waru

Sate Sayangku

Foto Sate Sayangku
Foto Sate Sayangku
Foto Sate Sayangku

Sandjaja & Seafood

Foto Sandjaja & Seafood
Foto Sandjaja & Seafood
Foto Sandjaja & Seafood

Dapur Solo

Foto Dapur Solo
Foto Dapur Solo
Foto Dapur Solo

Aroma Padi

Foto Aroma Padi
Foto Aroma Padi
Foto Aroma Padi

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?