5 Masakan Khas Thailand yang Paling Terkenal di Indonesia

24 Oktober 2016 | 0 Komentar

Kuliner Thailand memiliki rasa yang unik dan khas dengan perpaduan rasa asam, asin, pedas, serta manis yang membuat masakan Thailand banyak disukai masyarakat Indonesia. Disamping itu, masakan Thailand mempunyai beberapa kemiripan dengan masakan Indonesia dikarenakan bumbu dan bahan pembuatannya yang tak jauh berbeda dengan masakan Indonesia seperti banyaknya penggunaan cabai, kunyit, lengkuas, jahe, seledri, serta rempah-rempah lainnya. Tingginya minat masyakarat Indonesia akan masakan Thailand membuat ada banyak restoran Thailand dengan rasa autentik di Indonesia. Dari sekian banyak menu yang dihadirkan, ada lima masakan khas Thailand yang paling terkenal di Indonesia dan paling banyak dipesan sehingga masuk dalam kategori wajib dicoba. Berikut ulasannya:



1. Tom Yam


Sumber: pergikuliner.com


Tom yam menjadi menu pertama yang wajib dipesan jika kamu baru pertama kali mencoba makan di restoran Thailand. Selain karena rasanya yang asam pedas, tom yam paling disukai masyarakat Indonesia karena dari penampilan sangat menarik dengan warna merahnya. Tom yam merupakan sop seafood yang terdiri dari ikan, udang, serta cumi.



2. Ayam Pandan


Sumber: pergikuliner.com


Gai hoh bai toey alias ayam pandan ini tergolong salah satu masakan unik asal Thailand. Kenapa dibilang unik? Karena ayam pandan ini merupakan ayam yang dibumbui lalu dibungkus dengan daun pandan baru kemudian digoreng hingga matang. Aromanya sangat wangi dan menggoda. Untuk rasanya sudah pasti gurih dan berbumbu.



3. Nasi Goreng Nanas


Sumber: pergikuliner.com 


Jika nasi goreng di Indonesia memiliki warna yang orange cenderung kecokelatan, nasi goreng di Thailand cenderung berwarna kuning seperti warna nasi kuning Jawa. Warna kuning pada nasi goreng Thailand dihasilkan dari pepaya dan kunyit serta nanas. Yup, nasi goreng Thailand yang disebut khao ob sapporod ini  menggunakan nanas sehinga memiliki rasa asam. Tak hanya itu saja, nanas juga dijadikan wadah penyajian nasi goreng sehingga aroma nanasnya semakin menggoda. Unik bukan?



4. Pad Thai


Sumber: pergikuliner.com


Masakan yang satu ini memang mirip bakmi goreng di Indonesia, tapi ada yang membedakan bakmi goreng Indonesia dengan pad thai dari Thailand ini. Dari segi rasa, Pad Thai terasa lebih asin karena menggunakan saus ikan. Teksturnya juga lebih crunchy karena menggunakan potongan kacang serta tauge.



5. Mango Sticky Rice Cake


Sumber: pergikuliner.com


Untuk makanan yang masuk dalam kategori dessert ini memang sudah banyak dikenal masyarakat Indonesia. Mango sticky rice cake ini memiliki perpaduan rasa yang sangat unik dan beragam, yakni rasa asam mangga yang bercampur dengan legitnya ketan putih yang disiram saus santan yang gurih. Kebayang kan gimana enaknya?


Ying Thai

Jittlada Restaurant

Chandara

Thai Alley

Krua Thai


Topik artikel ini: