Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Menu Sarapan Favorit Warga Jakarta, Mana Favoritmu?

List Artikel
4 November 2023 | 0 Komentar

Sarapan menjadi kegiatan yang wajib dilakukan bagi sebagian besar orang. Pasalnya, sarapan memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita. Sarapan tidak hanya bisa memberikan asupan energi untuk beraktivitas seharian, tapi juga bisa menjaga berat badan. Sarapan dilakukan saat pagi hari sebelum memulai beraktivitas. Berbeda dengan negara-negara lain yang rata-rata hanya memiliki pilihan menu sarapan yang terbatas, Indonesia memiliki pilihan menu sarapan yang berbeda di setiap daerahnya. Di Jakarta, ada beberapa pilihan menu sarapan yang paling mudah dijumpai dan menjadi favorit warganya. Apa saja? Yuk, simak pembahasan beberapa menu sarapan favorit warga Jakarta berikut ini!

 

1. Nasi Uduk



Sumber: pergikuliner.com


Menu sarapan pertama favorit warga Jakarta adalah nasi uduk. Nasi uduk adalah kuliner khas Betawi yang bisa dengan mudah dijumpai di pagi hari sehingga sering kali menjadi menu sarapan. Kuliner ini dibuat dari bahan dasar nasi yang sebelumnya sudah dimasak dengan santan dan rempah-rempah sehingga aromanya wangi dan rasanya menjadi gurih. Nasi uduk biasanya disajikan bersama dengan semur, gorengan, sambal kacang, dan kerupuk. Semurnya bisa berupa semur ayam, telur, daging sapi, tahu, hingga tempe.

 

2. Nasi Ulam



Sumber: pergikuliner.com


Selain nasi uduk, ada nasi ulam yang sekilas mirip dengan nasi uduk karena sama-sama berasal dari Betawi. Perbedaan dari nasi ulam dengan nasi uduk adalah nasi ulam tidak menggunakan santan dalam memasaknya, melainkan hanya menggunakan banyak rempah, mulai dari lengkuas, daun salam, sereh, dan jahe. Selain itu, lauk pendampingnya juga berbeda. Pada nasi ulam, lauk pauk pendampingnya tidak hanya semur saja, tetapi juga ada serundeng kelapa, bihun goreng, irisan mentimun, daun kemangi, dan telur dadar yang diiris tipis-tipis. Lengkapnya lauk pauk membuat sajian nasi ulam sangat cocok untuk menu sarapan.

 

3. Lontong Sayur



Sumber: pergikuliner.com


Jika tidak suka menyantap nasi, ada lontong yang meski sama-sama dibuat dari bahan dasar beras, teksturnya berbeda dari nasi karena pengolahannya yang berbeda. Lontong memiliki tekstur yang padat dan kompak, berbeda dengan nasi yang memiliki tekstur lebih lembut dan butiran-butiran terpisah. Lontong sayur dibuat dari bahan dasar lontong yang dipotong-potong lalu disiram dengan sayur labu santan, serta ditambahkan bawang goreng dan kerupuk. Lontong sayur biasanya juga disajikan bersama semur untuk melengkapi nutrisinya. Lontong sayur memiliki rasa yang cenderung gurih dan ada sedikit rasa pedas karena di dalam bumbu kuahnya terdapat campuran cabai. 

 

4. Bubur Ayam



Sumber: pergikuliner.com


Bubur ayam juga menjadi menu sarapan favorit warga Jakarta. Masih sama-sama dibuat dari bahan beras, tapi dimasak dengan menggunakan air yang cukup banyak sehingga teksturnya menjadi lebih lembut dan encer. Bubur ayam yang dijual di Jakarta ini kebanyakan adalah bubur ayam Cirebon yang disajikan dengan kuah kaldu kuning, kacang kedelai, suwiran ayam, kecap asin, irisan daun bawang dan seledri, serta kerupuk. Jika dibandingkan menu sarapan lainnya, bubur ayam ini merupakan menu sarapan favorit warga Jakarta yang paling banyak disukai karena tekstur hidangan ini sangat beragam.

 

5. Roti


Sumber: pergikuliner.com


Menu sarapan terakhir favorit warga Jakarta adalah roti. Roti pada dasarnya memang merupakan sarapan khas masyarakat Barat, tapi bukan berarti warga Jakarta tidak menyukainya. Roti sering kali disantap sebagai menu sarapan karena sangat praktis. Biasanya, jenis roti yang paling sering dikonsumsi oleh warga Jakarta adalah roti tawar yang nantinya akan dioles dengan selai buah, selai cokelat, ataupun selai kacang. Susu atau secangkir kopi kerap menjadi minuman favorit untuk teman sarapan roti.

 

Bagaimana menurutmu mengenai menu sarapan favorit warga Jakarta di atas? Apakah selain kelimanya, masih ada lagi menu sarapan lain yang disukai oleh warga Jakarta? Buat kamu yang kebingungan mencari sarapan enak di Jakarta, di bawah ini ada beberapa rekomendasi tempat yang bisa kamu datangi!

Nasi Uduk Ibu Jum

Foto Nasi Uduk Ibu Jum
Foto Nasi Uduk Ibu Jum
Foto Nasi Uduk Ibu Jum

Sinar Pagi

Foto Sinar Pagi
Foto Sinar Pagi
Foto Sinar Pagi

Mandaga Canteen

Foto Mandaga Canteen
Foto Mandaga Canteen
Foto Mandaga Canteen

Bubur Ayam Dua Mangkuk

Foto Bubur Ayam Dua Mangkuk
Foto Bubur Ayam Dua Mangkuk
Foto Bubur Ayam Dua Mangkuk

Dandy Co Bakery & Cafe

Foto Dandy Co Bakery & Cafe
Foto Dandy Co Bakery & Cafe
Foto Dandy Co Bakery & Cafe

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?