Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Minuman Populer yang Ternyata Dibuat Secara Tidak Sengaja

List Artikel
24 Oktober 2020 | 0 Komentar

Sama halnya dengan memasak, meracik atau membuat minuman juga dibutuhkan resep yang matang agar hasilnya sempurna. Namun beberapa minuman populer ini ternyata dibuat secara tidak sengaja alias kebetulan oleh penemunya. Bukannya jadi produk gagal, minuman yang berawal dari ketidaksengajaan ini justru jadi sangat populer hingga sekarang dan dikonsumsi oleh banyak orang. Sebagian besar minuman ini sudah merupakan hasil improvisasi. Penasaran apa saja minuman tersebut? Simak nih daftar selengkapnya, jangan-jangan minuman favoritmu masuk dalam daftar ini!


1.  Coca-Cola



Sumber: Freeimage.com


Siapa sih yang tidak tahu minuman bersoda satu ini? Coca-cola pertama kali dibuat pada tahun 1886 oleh seorang apoteker Atlanta bernama John S. Pemberton di Pemberton Chemical Company miliknya. Pemberton mulanya ingin membuat minuman tonik untuk penyakit yang mengandung kokaina dan ekstrak kacang kola. Selanjutnya pada 1891, apoteker Atlanta lainnya bernama Asa Griggs Candler telah mendapat kepemilikan penuh atas bisnis tersebut dan mendirikan perusahaan sendiri yakni Coca-Cola Company pada tahun berikutnya. Kemudian, coca-cola tidak dijual sebagai tonik atau obat melainkan sebagai minuman ringan dan menjadi sangat sukses hingga saat ini.


2. Bir



Sumber: Pinterest.com


Setidaknya ada dua versi yang menyebutkan bahwa bir merupakan minuman yang dibuat secara tidak sengaja. Versi pertama, bir diperkirakan sudah ada sejak abad ke-6 SM di Sumeria. Sebagian besar sejarawan mengatakan bahwa bir ditemukan secara tidak sengaja selama pembuatan roti di luar ruangan. Akibat hujan, para pekerja yang membuat roti tersebut lantas berhenti melakukan pekerjaan mereka dan melupakan bahan-bahannya. Setelah mereka kembali, mereka menemukan bahan roti tersebut telah menjadi cairan fermentasi yang kini dikenal dengan bir. Versi lainnya, menurut laman The Daily Meal, bir tercipta secara tidak sengaja ketika biji-bijian ditingggalkan di tempat lembab dan bercampur dengan ragi yang kemudian menghasilkan produk fermentasi berupa bir.


3. Yoghurt



Sumber: Pergikuliner.com


Yoghurt, minuman sehat yang memiliki sensasi rasa asam dan menyegarkan ini ternyata juga tercipta tanpa sengaja. Banyak orang meyakini kalau yoghurt ditemukan secara tidak sengaja ketika seseorang menyimpan susu pada suhu ruang yang terlalu lama. Akibatnya bakteri akan tumbuh dalam wadah susu tersebut yang kemudian akan memicu proses fermentasi pada susu. Itulah mengapa yoghurt yang merupakan hasil fermentasi dari susu ini terasa asam dan bertekstur kental. Kini sajian yoghurt dapat dikonsumsi sebagai dessert maupun minuman segar yang bagus buat kesehatan tubuh.


4. Slurpee



Sumber: Freeimage.com


Slurpee merupakan minuman bersoda yang berwujud setengah beku dengan tekstur es yang halus. Namun siapa sangka kalau kehadiran minuman ini tercipta tanpa sengaja oleh Omar Knedlik. Knedlik merupakan seorang penemu sekaligus pengusaha minuman beku ICEE di Amerika Serikat. Berawal ketika Knedilk memasukkan beberapa botol soda ke dalam mesin pendingin rusak miliknya dan menghasilkan minuman beku seperti lumpur. Akan tetapi, orang-orang justru menyukainya dan memesan khusus minuman dingin tersebut. Akhirnya, Knedlik memutuskan untuk membuat mesin slurpee sendiri dengan menggabungkan campuran rasa, air dan karbon dioksida. Minuman ini kemudian populer dan banyak dijual di berbagai toserba.


5. Sampanye



Sumber: Foodandwine.com


Pada mulanya sampanye dibuat tanpa sengaja oleh para pembuat anggur yang ingin coba membuat anggur putih tua biasa. Namun fermentasi sekunder ini justru menghasilkan gelembung karbon dioksida sebagai efek samping yang tidak diinginkan. Gelembung tersebut disebabkan karena adanya iklim kawasan yang sangat dingin sehingga botol kaca mudah pecah dan merusak anggur dalam jumlah besar. Setelah botol kaca yang lebih kuat dikembangkan, barulah ditemukan bahwa cairan keemasan yang berbuih dan bersoda ini ternyata memiliki rasa yang enak, kemudian diberi nama sampanye.


Yup, itulah dia lima minuman populer yang dibuat secara tidak sengaja. Selain minuman, rupanya ada juga loh makanan-makanan yang ditemukan secara tidak sengaja. Nah, selagi kamu asik baca-baca ringkasan di Pergikuliner, pesan minuman di tempat-tempat ini yuk untuk hilangkan dehidrasi kamu!

Yomie's Rice X Yogurt

Foto Yomie's Rice X Yogurt
Foto Yomie's Rice X Yogurt
Foto Yomie's Rice X Yogurt

Tian Tian Rice Yogurt

Foto Tian Tian Rice Yogurt
Foto Tian Tian Rice Yogurt
Foto Tian Tian Rice Yogurt

Paulaner Brauhaus

Foto Paulaner Brauhaus

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?