Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Minuman Tradisional Indonesia yang Bisa Menghangatkan Tubuh

List Artikel
21 April 2016 | 0 Komentar

Saat musim peralihan seperti saat ini, musim tidak bisa diprediksi. Sehingga terkadang hujan turun terus-menerus hingga menjadikan suhu udara lebih dingin dari biasanya. Selain dengan memakai pakaian yang lebih tebal, tentunya kamu juga bisa mengonsumsi minuman yang bisa menghangatkan tubuh. Jika biasanya menghangatkan tubuh dengan mengonsumsi teh atau kopi panas, kali ini coba deh minuman tradisional Indonesia yang punya khasiat menghangatkan tubuh saat musim yang tak menentu ini.Berikut ulasannya:



1. Bajigur



Sumber: www.masukdapur.com


Bajigur merupakan minuman tradisional yang berasal dari Jawa Barat. Minuman yang dibuat dari campuran santan, kopi, gula aren, vanili, garam, gula pasir, dan serutan kelapa muda ini ternyata ampuh untuk menghangatkan tubuh kamu. Biasanya bajigur dijual keliling oleh pedagang dengan menggunakan gerobak dorong. Kamu bisa menyeruput bajigur ditemani dengan pisang atau ubi rebus sebagai camilan.



2. Bir Pletok



Sumber: www.bacaresepdulu.com


Bir pletok, bukan berarti minuman ini beralkohol ya. Bir pletok terbuat dari jahe, daun pandan wangi, serai, serta kayu secang yang membuat warnanya menjadi merah. Selain untuk menghangatkan tubuh, minuman asli Betawi ini dipercaya bisa menyembuhkan masuk angin.



3. Saraba



Sumber: dapuranda.net


Saraba merupakan minuman khas dari Makassar. Minuman ini terbuat dari jahe, gula aren, santan, kuning telur, dan merica bubuk. Selain berguna untuk menghangatkan badan, saraba juga bisa meningkatkan stamina tubuh kamu. Orang Makassar biasanya menikmati saraba ini bersama kue apem.



4. Wedang Ronde



Sumber: pergikuliner.com


Minuman dari Jawa Tengah ini memang bisa kamu jumpai di Jakarta karena sudah banyak pedagang ronde yang berjualan di pinggir jalan ibu kota. Wedang ronde terbuat dari air rebusan jahe, serai, pandan, dan gula. Minuman ini disajikan dengan bola ronde yang terbuat dari ubi atau tepung ketan, kacang sangrai, dan serutan daging kelapa muda.



5. Teh Talua



Sumber: www.kidnesia.com


Teh talua adalah salah satu minuman tradisional dari Sumatera Barat. Minuman ini dulunya sering disajikan untuk para bangsawan di sana. Teh talua terbuat dari teh yang diseduh dengan gula dan kuning telur. Gula dengan kuning telur dikocok dahulu sebelum dituangkan teh panas dalam gelas, lalu tambahkan susu kental manis dan bubuk vanili untuk menghilangkan rasa amis. Orang Minangkabau mempercayai bahwa teh talua berkhasiat menambah stamina dan menghilangkan masuk angin.

Fantasi Ronde

Foto Fantasi Ronde

Wedang Ronde

Foto Wedang Ronde

Ronde Jahe Alkateri

Foto Ronde Jahe Alkateri
Foto Ronde Jahe Alkateri
Foto Ronde Jahe Alkateri

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?