Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Nutrisi Baik yang Sangat Dibutuhkan Oleh Tubuh Manusia

List Artikel
8 Oktober 2018 | 0 Komentar
Pernahkah kamu berpikir apakah tubuh kamu sudah terlengkapi nutrisi-nutrisi baik yang diperlukan tubuh? Apa pentingnya sih nutrisi bagi tubuh? Eits, kamu nggak boleh meremehkan satupun nutrisi baik lho, karena setiap nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh tentunya punya peranan-peranan penting yang nggak akan kamu sangka-sangka. Setidaknya ada lima nutrisi baik yang sangat dibutuhkan tubuh untuk mencegah berbagai macam penyakit. Mau tau apa saja nutrisinya? Cek ulasannya di bawah ini ya!


Sumber : Pergikuliner.com


1. Asam Lemak Omega 3
Nutrisi ini sangat penting dan wajib kamu konsumsi kalau kamu ingin terlihat ceria dan hidup sehat dalam waktu yang lama. Sebuah penelitian menemukan bahwa kekurangan omega 3 pada seseorang dapat menyebabkan depresi, periliaku agresif, perubahan mood yang tiba-tiba atau mood-swing, dan sebagainya. Asam lemak omega 3 ini dikatakan dapat mencegah penyakit hati, membuat penghilatan mata tetap sehat dan menjaga agar kulit serta rambut kamu tetap terlihat sehat. Makanan yang harus kamu konsumsi untuk mendapatkan nutrisi baik omega 3 adalah minyak ikan dari ikan salmon, ikan kembung dan ikan sarden.

2. Vitamin D
Seperti yang kita tahu, Vitamin D sangat bagus untuk membantu tubuh kita menyerap kalsium sehingga dapat meningkatkan kesehatan tulang kita dengan baik. Kekurangan Vitamin D dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti kanker, penyakit hati, penyakit mental dan osteoporosis. Vitamin D sangat mudah untuk didapatkan, yaitu dengan berjemur dibawah sinar matahari pagi selama beberapa menit saja atau kamu  bisa mengkonsumsi berbagai makanan seperti kuning telur, salmon, minyak hati ikan kod, udang dan lain sebagainya.

3. Zat Besi
Sekitar empat sampai lima miliyar orang di dunia kekurangan nutrisi satu ini. Padahal zat besi termasuk ke dalam nutrisi yang sangat penting dan dibutuhkan oleh tubuh terutama bagi wanita yang premenopausal dan wanita yang sedang hamil. Kekurangan zat besi dapat mengakibatkan perasaan lemas dan lelah, tidak bersemangat, dan sakit kepala. Untuk mendapatkan nutrisi ini kamu perlu mengkonsumsi makanan-makanan seperti daging merah, jeroan, ayam dan juga telur.

4. Vitamin B12
Vitamin B12 sangat dibutuhkan tubuh karena fungsinya yang membantu pembentukan sel darah merah baru dan membantu menjaga sistem saraf tetap sehat. Kekurangan vitamin B12 dapan menyebabkan penyakit anemia termasuk mudah kelelahan, selalu tampak pucat dan sesak nafas. Selain itu kekurangan vitamin B12 juga dapat menyebabkan kamu menjadi pribadi yang pelupa, selalu merasa kebingungan, perubahan mood yang tiba-tiba dan depresi. Dan dalam sebuah penelitan terbukti bahwa vitamin B12 dapat membantu mengurangi resiko alzheimer. Untuk mendapatkan nutrisi ini kamu perlu mengkonsumsi makanan-makanan yang berasal dari hewan seperti daging, telur dan produk susu yang berasal dari hewan.

5. Yodium
Kekurangan yodium secara signifikan dapat berpengaruh kepada perkembangan otak bayi yang belum lahir dan anak-anak. Hal ini juga merupakan penyebab utama keterbelakangan mental. Selain itu kurangnya yodium juga disebut sebagai penyebab keguguran juga kelahiran mati. Kekurangan yodium tidak hanya umum di negara berkembang seperti Indonesia saja lho, bahkan sebuah penelitan menyebutkan bahwa dua pertiga remaja wanita di Inggris dan 15% wanita dewasa di Amerika kekurangan yodium. Nah, buat kamu khusunya wanita dan calon ibu, kamu wajib banget mengkonsumsi makanan-makanan yang kaya akan yodium seperti susu, telur, ikan, aneka seafood dan rumput laut seperti nori dan kelp.

Gimana nih teman PergiKuliner, apakah kamu merasa kalau kamu kekurangan nutrisi penting seperti di atas? Sebelum terlambat yuk mulai konsumsi makanan-makanan bergizi demi kesehatan kamu. Beberapa orang berpikiran kalau makanan yang kaya akan gizi dan nutrisi itu nggak enak kan? Jangan salah, restoran rekomendasi PergiKuliner di bawah ini selain punya makanan yang enak, nutrisi yang kamu butuhkan juga lengkap lho. Yuk, cek di bawah ini!

Sushi Hiro

Foto Sushi Hiro
Foto Sushi Hiro
Foto Sushi Hiro

Momo Paradise

Foto Momo Paradise
Foto Momo Paradise
Foto Momo Paradise

Birdman

Foto Birdman
Foto Birdman
Foto Birdman

Goobne Chicken

Foto Goobne Chicken
Foto Goobne Chicken
Foto Goobne Chicken

Top Seafood

Foto Top Seafood
Foto Top Seafood
Foto Top Seafood

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?