Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Olahan Roti Kadaluarsa yang Bisa Diterapkan di Rumah

List Artikel
12 Oktober 2016 | 0 Komentar
Roti biasanya digunakan sebagai pengganjal perut paling praktis di pagi hari. Selain itu, olahan roti seringkali dipakai sebagai hidangan pencuci mulut setelah makan berat. Karbohidrat pengganti nasi ini memang makanan paling praktis untuk kamu yang memiliki mobilitas tinggi. Tapi bagaimana kalau roti yang kamu beli ternyata sudah basi atau akan mendekati tanggal kadaluarsa? PIkiran pertama yang terlintas pastilah langsung membuang rotinya, padahal roti ini masih bisa kamu olah tanpa kamu buang lho. Berikut olahan roti kadaluarsa yang bisa diterapkan di rumh:


1. Remah Roti

Sumber: moroccanfood.about.com

Roti yang sudah kadaluarsa bisa kamu buat jadi remah roti atau biasa disebut tepung panir. Caranya adalah dengan mengiris roti menjadi beberapa bagian lalu panggang dalam oven dengan suhu 150 derajat celcius selama 10-15 menit. Keluarkan dari oven dan biarkan dingin. Setelah itu masukan roti tersebut ke dalam food processor. Hancurkan sesuai selera apakah ingin remah-remah yang halus atau kasar. Jangan takut jika tak punya food processor, kamu bisa pakai gilingan kue atau gelas minum besar untuk menghancurkan roti yang sudah dimasukan ke dalam plastik.


2. Crouton

Sumber: gimmesomeoven.com

Apa itu crouton? Bentuknya hampir mirip garlic bread yang kita kenal di restoran Italia. Biasanya crouton dicocol ke sup atau pendamping salad. Cara bikinnya sangat mudah. Pertama, potong roti sesuai selera lalu panggang di oven atau goreng roti hingga warna kecokelatan. Tiriskan hingga kering.


3. Panzanella Salad (Salad Roti Italia)

Sumber: taste.com.au

Salad roti asal Italia ini sebenarnya sangat sederhana. Hanya memerlukan crouton dan tomat mentah. Roti yang dibutuhkan disini adalah roti yang renyah dan kering. Jika basah, maka rasanya akan mengecewakan. Aduk crouton dan tomat mentah hingga rata lalu tambahkan sedikit cuka. Selain tomat, kamu juga bisa menambahkan sayuran yang lain seperti bawang merah, jagung, timun dan paprika.


4. Puding Roti

Sumber: infokuliner.com

Puding sudah tak asing lagi jadi makanan penutup. Cara membuatnya pun mudah. Kalau kamu tidak punya banyak waktu, resep puding roti ini bisa jadi pilihan. Pakai saja bubuk puding instan, masukan ke dalam air mendidih dan masak dengan api sedang. Aduk terus. Jika rasanya sudah pas, masukan adonan ke dalam cetakan puding. Kamu bisa berkreasi dengan menambahkan roti yang sudah kadaluarsa ke tengah adonan puding. Lalu tuangkan lagi adonan puding hingga menutupi roti. Masukan ke dalam kulkas dan tunggu selama beberapa jam. 


5. Roti Panggang

Sumber: pergikuliner.com

Memanggang adalah salah satu cara pamungkas mengolah roti kadaluarsa. Cukup oleskan mentega dan panggang. Tapi kalau kamu punya waktu lebih, kamu bisa menambahkan kocokan telur yang sudah diberi garam dan lada hitam kemudian tata roti dalam loyang lalu rendam bersama kocokan telur tersebut. Panaskan panci dengan api sedang, masukan mentega lalu goreng rendaman roti tersebut di atasnya. Goreng hingga kecoklatan lalu tiriskan. Kamu bisa menambahkan es krim atau selai di atasnya.

Dapoer Roti Bakar

Foto Dapoer Roti Bakar
Foto Dapoer Roti Bakar

Bangi Kopi

Foto Bangi Kopi
Foto Bangi Kopi
Foto Bangi Kopi

Francis Artisan Bakery

Foto Francis Artisan Bakery
Foto Francis Artisan Bakery
Foto Francis Artisan Bakery

Roti Bakar Ibu Iis

Foto Roti Bakar Ibu Iis
Foto Roti Bakar Ibu Iis
Foto Roti Bakar Ibu Iis

Keibar - Kedai Roti Bakar

Foto Keibar - Kedai Roti Bakar
Foto Keibar - Kedai Roti Bakar

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?