Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Jenis Keju Khas Spanyol yang Populer

List Artikel
3 Juni 2021 | 0 Komentar

Teman Kuliner pasti sudah familiar dengan keju. Tapi, belum banyak yang tahu kalau negara Spanyol memiliki banyak jenis keju dan masing-masing memiliki ciri khas tersendiri. Padahal negara Spanyol termasuk ke dalam negara yang menjadi penghasil keju terbesar di dunia. Keju Spanyol termasuk kedalam jajaran keju klasik karena sudah dibuat sejak puluhan tahun yang lalu. 


Beberapa pembuat keju khas Spanyol bahkan ada yang masih menggunakan cara lama alias cara tradisional sehingga cita rasanya masih tetap bisa dipertahankan. Berhubung keju khas Spanyol terbilang dalam kategori keju klasik, maka tak heran kalau tampilannya juga klasik dan berbeda jika dibandingkan dengan keju masa kini. Uniknya lagi, meski ada banyak keju khas Spanyol, tapi masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda, mulai dari tekstur dan rasanya. 


Ada lima jenis keju khas Spanyol yang populer karena memiliki rasa dan tekstur yang bervariasi. Apa saja?. Kita sama-sama bahas yuk, Teman Kuliner!


1. Gamoneu



Sumber: Productosdeasrurias.com


Keju khas Spanyol yang pertama adalah gamoneu. Gamoneu ini banyak diproduksi di daerah Cangas de Onís dan Onís. Tampilan dari keju gamoneu sangat unik karena memiliki warna kuning keputihan dengan bagian pinggir dalam yang agak hijau kebiruan akibat warna jamur. Lantas keju berjamur ini apakah aman dikonsumsi? Tentu saja aman. Jamur pada keju gamoneu justru menambah kelezatannya. Untuk membuat keju gamoneu dibutuhkan susu sapi, domba, atau kambing yang kemudian diproses dengan cara diasapi ringan sehingga hasilnya agak berjamur. Keju gamoneu memiliki aroma mentega dan kacang-kacangan yang sangat khas sehingga seringkali dipadukan dengan roti.


2. Queso Casin



Sumber: Productosdeasturias.com


Keju khas Spanyol selanjutnya adalah queso casin yang dibuat khusus dengan menggunakan susu mentah murni dari sapi yang ada di Cantabrian. Nantinya keju queso casin akan diproduksi dengan cara tradisional di Taman Alam Redes di Provinsi Asturias. Aroma dari keju khas Spanyol ini sangat unik karena ada perpaduan dari aroma mentega. Sedangkan untuk rasanya ada pencampuran antara rasa gurih asin, pahit, dan ada sedikit rasa pedasnya. Rata-rata masyarakat Spanyol menggunakan keju queso casin dalam campuran gorengan atau kuliner yang dipanggang. Hal ini dikarenakan rasanya yang cukup kuat.


3. Quesucos de Liebana



Sumber: Quiarepsol.com


Quesucos de liebana adalah jenis keju khas Spanyol yang diproduksi khusus di daerah Liebana yang ada di Cantabria. Selain tampat produksinya yang khusus, keju quesucos de liebana juga dibuat dari susu khusus yakni menggunakan susu sapi penuh lemak dari sapi Tudanca. Tekstur dari keju khas Spanyol ini terbilang padat dan agak keras dengan ada sedikit aroma asap karena ada proses pengasapan dalam pembuatannya. Keju quesucos de liebana cocok untuk dicampur dengan salad maupun campuran kue.


4. Queso de Murcia



Sumber: Staticos.qdq.com


Selanjutnya ada queso de murcia yang diproduksi khusus di daerah Murcia. Keju khas Spanyol ini terbagi menjadi dua jenis yakni yang segar dan matang. Untuk keju queso de murcia yang segar hanya membutuhkan waktu sekitar 30-45 hari saja. Sedangkan untuk jenis yang matang membutuhkan waktu lebih lama yakni lebih dari 60 hari. Bahan dasar pembuatan keju queso de murcia adalah susu kambing, tapi juga ada yang menggunakan susu sapi atau domba. Warna dari keju ini putih kekuningan dengan aroma jerami dan kacang-kacangan yang sangat khas.


5. Manchego Viejo



Sumber: Gastronomicspain.com


Keju khas Spanyol yang terakhir adalah manchego viejo yang lapisan luarnya terlihat bergelombang dan agak keras dengan warna agak keabuan. Sementara pada bagian dalamnya berwarna kekuningan. Meski terlihat padat dan agak keras, tapi sebenarnya keju manchego viejo ini teksturnya cukup rapuh. Untuk membuat keju manchego viejo dibutuhkan susu domba. Domba yang digunakan tak boleh sembarangan karena harus domba yang berusia 1-2 tahun. Domba tersebut juga harus tinggal di alam, terutama di goa-goa. Keju manchego viejo mengalami proses pembuatan selama bertahun-tahun sehingga termasuk dalam kategori keju tua. Keju ini banyak digunakan sebagai campuran salad.


Itu dia lima jenis keju khas Spanyol yang populer karena rasa dan teksturnya yang beragam. Selain enak, keju memiliki manfaat yang baik untuk tubuh kamu loh, Teman Kuliner. Keju merupakan sumber kalsium, lemak dan protein yang baik. Selain itu keju juga kaya akan vitamin A dan B-12. Kandungan lainnya yang ditemukan dalam keju dan bermanfaat untuk tubuh antara lain zinc, fosfor, dan riboflavin.


Masih ragu buat makan keju?. Rekomendasi restoran di bawah ini dijamin bisa bikin Teman Kuliner jadi rajin makan keju. Walaupun keju yang digunakan bukan keju khas Spanyol, tapi rasanya juga tidak kalah mantap kok!

Master Cheese Pizza

Foto Master Cheese Pizza
Foto Master Cheese Pizza
Foto Master Cheese Pizza

Richeese Factory

Foto Richeese Factory
Foto Richeese Factory
Foto Richeese Factory

Cheese Wheel

Foto Cheese Wheel
Foto Cheese Wheel
Foto Cheese Wheel

Pizza Maru

Foto Pizza Maru
Foto Pizza Maru
Foto Pizza Maru

Pizza Place

Foto Pizza Place
Foto Pizza Place
Foto Pizza Place

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?