Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Pastry Klasik Asal Spanyol yang Bikin Ketagihan

List Artikel
26 Januari 2021 | 0 Komentar

Pastry merupakan salah satu kuliner yang ternyata tak hanya menjadi kebanggaan Perancis, tapi juga negara Spanyol. Selama ini kita selalu mengira kalau negara Perancis lah menjadi surganya pastry karena mereka memiliki banyak olahan pastry kenamaan yang memiliki rasa yang enak. Tapi sebenarnya selain Perancis, negara-negara di Eropa juga punya pastry klasiknya masing-masing yang tak kalah enaknya. Salah satu negara Eropa tersebut adalah Spanyol. Pastry klasik asal Spanyol ini sudah ada sejak lama dan keberadaannya terus dilestarikan hingga saat ini. Kebanyakan pastry klasik asal Spanyol disajikan sebagai teman minum teh atau kopi, selain itu juga cocok dijadikan sebagai camilan saja. Buat kamu yang ingin tahu ada pastry klasik asal Spanyol apa saja yang enak buat disantap, di bawah ini ada rekomendasinya untukmu, yaitu:


1. Napolitana de Chocolate



Sumber: Tmecosys.com


Pastry klasik asal Spanyol yang pertama adalah napolitana de chocolate. Pastry ini terbuat dari adonan puff pastry yang di dalamnya diberi isian cokelat batangan atau selai cokelat dan bagian atasnya diberi irisan kacang almond sehingga aromanya menjadi sangat wangi. Sebenarnya napolitana de chocolate ini adalah pastry adaptasi dari Perancis karena sama-sama menggunakan adonan puff pastry sebagai kulit dasarnya.


2. Empanadas



Sumber: Thespureeats.com


Mendengar namanya pasti kamu menduga-duga seperti apa pastry klasik asal spanyol yang satu ini karena sekilas tampilannya mirip dengan pastel atau panada. Empanadas memang mirip sekali dengan kedua jenis cemilan asal Indonesia tersebut. Hanya saja, kulit empanadas teksturnya lebih garing karena menggunakam banyak mentega. Selain itu bagian dalamnya juga hanya diisi dengan daging cincang yang sudah ditumis dan dibumbui dengan aneka rempah terlebih dahulu.


3. Pestinos



Sumber: Lecturas.com


Selanjutnya ada pestinos yang merupakan pastryklqsik asal Spanyol yang menjadi kegemaran banyak orang di negara asalnya. Bentuk dari pestinos ini mirip seperti amplop atau simpul. Pestinos terbuat dari bahan dasar tepung, ragi, air, dan wijen. Untuk cara pembuatannya tak seperti pastry kebanyakan yang dipanggang, pestinos ini dibuat dengan cara digoreng. Nantinya setelah digoreng, pestinos yang sudah matang harus digulingkan atau dibalur dengan madu atau adonan gula cair sehingha nanti saat disantap cita rasanya akan menjadi manis.

 

4. Casadielles



Sumber: Lecturas.com


Selanjutnya ada casadielles yang bentuknya seperti familiar karena mirip dengan bentuk apple pie yang dijual di gerai-gerai cepat saji ternama. Casadielles adalah pastry klasik asal Spanyol yang terbuat tepung, gula, minyak zaitun, dan air hangat untuk adonan kulitnya. Sedangkan untuk isiannya menggunakan bahan utama kacang kenari yang dipanggang atau disangrai lalu dihaluskan. Nantinya kacang kenari tersebut akan dicampur dengan gula, mentega, dan sedikit arak. 

 

5. Ensaimada de Mallorca



Sumber: Directoalpaladar.com


Pastry klasik asal Spanyol yang terakhir adalah ensaimada de mallorca. Namanya memang agak sulit diucapkan, tapi untuk cita rasanya jangan diragukan ya! Nama ensaimada de mallorcaini diambil dari nama daerah di Kepulauan Balearic yang ada di Spanyol yakni Mallorca. Ensaimada de mallorca terbuat dari bahan yang simpel yakni tepung, gula, air, telur, dan ragi. Bentuknya juga simpel karena hanya berbentuk spiral. Pada bagian atasnya akan ditaburi gula halus sebelum disajikan. Meski simpel, tapi cita rasanya bikin nagih karena cocok disantap dengan kopi.


Bagaimana teman kuliner? Pastry khas Spanyol ini tidak kalah kan dengan pastry asal Perancis? Sampai sekarang memang sedikit sulit ya mencari pastry khas Spanyol di Indonesia, tapi jangan sedih dulu karena kamu bisa menggantinya dengan beberapa pastry enak di bawah ini!

Francis Artisan Bakery

Foto Francis Artisan Bakery
Foto Francis Artisan Bakery
Foto Francis Artisan Bakery

Baked Magic

Foto Baked Magic
Foto Baked Magic
Foto Baked Magic

Eric Kayser Artisan Boulanger

Foto Eric Kayser Artisan Boulanger
Foto Eric Kayser Artisan Boulanger
Foto Eric Kayser Artisan Boulanger

Chicory European Patisserie

Foto Chicory European Patisserie
Foto Chicory European Patisserie
Foto Chicory European Patisserie

Bakerzin

Foto Bakerzin
Foto Bakerzin
Foto Bakerzin

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?