Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Perbedaan Daging Kambing dan Domba yang Wajib Diketahui

List Artikel
25 Maret 2022 | 0 Komentar

Kambing dan domba adalah dua hewan yang memiliki karakter daging berbeda. Sayangnya masih banyak orang sering keliru dan mengganggap daging kedua hewan ini sama. Di Indonesia, daging kambing dan domba kerap diolah menjadi berbagai masakan yang lezat nan menggiurkan lidah. Secara umum, daging domba memiliki karakter daging yang lebih empuk dibandingkan daging kambing. Namun, perbedaan daging kambing dan daging domba tak berhenti sampai disitu saja. Ada karakteristik lainnya yang membedakan kedua daging ini. Untuk info lebih lengkapnya, mari baca penjelasannya berikut ini yang akan bahas tentang perbedaan daging kambing dan daging domba secara detail!



1. Karakter Daging Kambing



sumber: freeimage.com


Pastinya kamu sudah sangat familiar dengan berbagai olahan daging kambing, seperti sate kambing dan sop kambing. Olahan daging kambing juga sudah menjadi santapan sehari-hari yang bisa ditemukan pada warung makan maupun restoran di sekitar rumah. Secara umum, tekstur daging kambing memiliki karakter daging yang lebih keras dibandingkan dengan daging domba. Begitu juga dengan aroma dan rasa daging kambing yang khas dan cukup strong sehingga membuatnya mudah dikenali.


2. Karakter Daging Domba



sumber: freeimage.com


Lain halnya dengan daging domba yang justru memiliki tekstur yang lebih empuk dan lembut. Hal ini dikarenakan cara peternakannya yang diternak secara bebas di padang rumput membuat domba bisa leluasa memakan rumput alami yang segar. Itulah salah satu alasan mengapa daging domba bisa lebih empuk daripada daging kambing. Aroma dan rasanya pun lebih ringan sehingga tidak berbau prengus ketika dipanggang. Sayangnya daging domba ini kurang begitu populer dan masih sedikit peminatnya di Indonesia. Karena masyarakat kita lebih lebih familiar dengan rasa daging kambing.


3. Cara Pengolahan


Daging kambing dan domba memiliki tekstur daging yang berbeda, sehingga cara mengolahnya pun tidak sama. Diperlukan teknik khusus untuk mengolah kedua daging ini. Daging kambing memiliki karakter yang lebih keras dari segi tekstur. Maka dari itu, proses memasaknya diperlukan waktu yang lebih lama atau slow cooking untuk mendapatkan tekstur terbaik dari daging kambing. Sementara daging domba dengan teksturnya yang lebih empuk tentu saja hanya membutuhkan waktu yang sebentar untuk memasaknya.


Untuk mengurangi aroma khas yang kuat, baik daging kambing maupun daging domba harus dimasak dengan banyak rempah. Umumnya rempah yang digunakan adalah jahe, sereh, cengkeh dan kayu manis. Jika ingin merebusnya maka harus menggunakan rempah, untuk kemudian diolah kembali dengan rempah-rempah. Lama prosesnya tergantung pada usia daging. Untuk daging kambing sendiri membutuhkan waktu lebih lama sekitar 30-60 menit.


4. Daging Domba Cocok Dipanggang


Daging domba sangat cocok diolah dengan cara dipanggang, karena dagingnya memiliki teksturnya yang lebih empuk. Memanggang daging domba juga tidak diperlukan waktu lama, prosesnya sama seperti memasak daging sapi premium. Bahkan khusus daging domba Australia hanya perlu sedikit bumbu untuk mengolahnya sudah bisa menghasilkan rasa yang lezat. Berbanding terbalik dengan daging kambing yang sangat jarang dimasak dengan cara dipanggang. Hal ini dikarenakan daging kambing membutuhkan waktu yang lama untuk membuat dagingnya matang, empuk dan bumbunya menyerap secara menyeluruh.


5. Tips Memilih Daging Domba


Saat ini tidak sulit untuk menemukan daging domba yang dijual di pasaran. Hanya saja masih banyak orang yang bingung memilihnya. Karena diperlukan tips khusus untuk bisa mendapatkan daging domba dengan kualitas terbaik. Daging domba segar memiliki warna yang merah muda. Hindari daging domba yang berwarna merah gelap karena itu menandakan daging domba tersebut sudah tidak segar. Perhatikan juga bagian lemak domba. Daging domba yang bagus memiliki daging dengan lemak putih yang padat dan keras, serta menyebar di permukaan daging. Alangkah baiknya jika kamu menekan tekstur daging sebelum membelinya. Pilihlah tekstur daging domba yang berisi dan kenyal. Begitu juga dengan aromanya, cium aroma daging tersebut apakah masih segar atau tidak. Itulah sedikit tips sederhana saat membeli daging domba di pasaran. Jika tak ingin repot, pilih saja daging domba Australia yang sudah terjamin kualitasnya. Karena daging domba Australia biasanya sudah ditangani dengan baik, mulai dari peternakan sampai proses pemotongannya.

Warung Turki

Foto Warung Turki
Foto Warung Turki
Foto Warung Turki

Sate Kambing & Tengkleng Rica Rica Pak Manto

Foto Sate Kambing & Tengkleng Rica Rica Pak Manto
Foto Sate Kambing & Tengkleng Rica Rica Pak Manto
Foto Sate Kambing & Tengkleng Rica Rica Pak Manto

Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih Sejak 1958

Foto Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih Sejak 1958
Foto Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih Sejak 1958
Foto Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih Sejak 1958

Roemah Rempah

Foto Roemah Rempah
Foto Roemah Rempah
Foto Roemah Rempah

Al-Jazeerah Lounge

Foto Al-Jazeerah Lounge
Foto Al-Jazeerah Lounge
Foto Al-Jazeerah Lounge

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?