Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Ragam Makanan Khas Lebaran di Jambi yang Menggugah Selera

List Artikel
14 April 2023 | 0 Komentar

Lebaran adalah waktu yang paling dinantikan oleh seluruh umat muslim di Indonesia. Selain sebagai momen kemenangan setelah berpuasa selama sebulan penuh, lebaran juga menjadi momen yang penuh dengan berbagai macam tradisi dan kebiasaan yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Salah satu kebiasaan yang sudah menjadi tradisi di Indonesia adalah menyantap makanan khas Lebaran. Di kota Jambi, ada beberapa makanan khas yang biasa disajikan saat Lebaran tiba. Berikut adalah beberapa diantaranya:


1. Sate Padang



Sumber: Pergikuliner.com


Sate Padang adalah makanan khas dari Padang yang terkenal akan kelezatannya. Namun, makanan ini juga bisa ditemukan di kota Jambi saat Lebaran tiba. Sate Padang terbuat dari daging sapi yang dicampur dengan bumbu kacang yang pedas dan disajikan dengan ketupat dan irisan lontong. Sate Padang biasanya dijual oleh para pedagang kaki lima atau bisa juga disajikan di rumah-rumah warga saat Lebaran tiba.


2. Rendang Jambi



Sumber: Cookpad.com (Dapur Sakdiah)


Rendang adalah makanan khas Indonesia yang terkenal di seluruh dunia. Rendang Jambi memiliki cita rasa yang khas dan berbeda dari rendang yang berasal dari daerah lainnya. Rendang Jambi terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan santan, bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, cabai merah, dan berbagai bumbu lainnya. Rendang Jambi biasanya disajikan sebagai hidangan utama saat Lebaran tiba.


3. Lempok Durian



Sumber: eatbook.sg


Lempok Durian adalah makanan khas Jambi yang terbuat dari campuran tepung ketan dan durian yang diaduk dan dikukus. Makanan ini memiliki tekstur yang kenyal dan aromanya sangat khas. Lempok Durian biasanya dijual oleh para pedagang kaki lima atau bisa juga disajikan di rumah-rumah warga saat Lebaran tiba.


4. Ketupat Kandangan



Sumber: pegipegi.com


Ketupat Kandangan adalah makanan khas Jambi yang terbuat dari ketupat yang diisi dengan daging ayam atau sapi yang dimasak dengan bumbu-bumbu khas Jambi. Ketupat Kandangan biasanya disajikan sebagai hidangan utama saat Lebaran tiba dan bisa ditemukan di rumah-rumah warga di kota Jambi.


5. Tempoyak



Sumber: Kompas.com


Tempoyak adalah makanan khas Jambi yang terbuat dari durian yang difermentasi selama beberapa hari. Tempoyak memiliki rasa yang asam dan aromanya sangat kuat. Makanan ini biasanya disajikan sebagai lauk saat Lebaran tiba dan bisa ditemukan di rumah-rumah warga di kota Jambi.


Itulah beberapa makanan khas Lebaran dari kota Jambi yang bisa kamu coba saat berkunjung ke sana. Buat kamu yang ingin menikmati aneka masakan khas Indonesia enak, bisa mengunjungi restoran rekomendasi PergiKuliner di bawah ini!

Sate Padang Ajo Ramon

Foto Sate Padang Ajo Ramon
Foto Sate Padang Ajo Ramon
Foto Sate Padang Ajo Ramon

Padang Merdeka

Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka

Haiseafood

Foto Haiseafood
Foto Haiseafood
Foto Haiseafood

Sepiring Padang

Foto Sepiring Padang
Foto Sepiring Padang
Foto Sepiring Padang

Ikan Bakar Cianjur

Foto Ikan Bakar Cianjur
Foto Ikan Bakar Cianjur
Foto Ikan Bakar Cianjur

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?