Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Rahasia Manfaat Kopi Untuk Program Diet

List Artikel
8 Desember 2020 | 0 Komentar

Indonesia merupakan salah satu negara dengan komoditas penghasil biji kopi terbesar di dunia. Kita sebagai warga Negara Indonesia patutlah berbangga hati akan hal tersebut. Ada begitu banyak jenis kopi Indonesia yang amat dikenal hingga ke mancanegara. Sebut saja ada kopi luwak, kopi robusta, kopi toraja, kopi medan, atau kopi lampung yang merupakan kopi legendaris asli Indonesia. Penikmat kopi sejati mungkin sudah lebih mahir soal ini. Tetapi kalau soal manfaat kopi yang bisa digunakan untuk diet, kamu sudah pada tahu belum? Banyak sekali orang Indonesia yang mengaku penikmat kopi tetapi tidak menyukai kopi hitam. Alasannya karena rasanya yang lebih pahit. Padahal dari rasa pahit itulah kopi bisa dimanfaatkan untuk diet. Ingin tahu apa saja manfaatnya? Berikut ini adalah manfaat diet dengan kopi:



Sumber : Pergikuliner.com


1. Menurunkan Berat Badan

Kopi memiliki kandungan kafein yang tinggi. Kafein ini sering dituduh sebagai penyebab timbulnya beberapa penyakit. Padahal hal itu tidaklah benar. Kafein memang dapat membuat kita terjaga dari rasa kantuk. Namun kafein pada kopi juga berfungsi sebagai peningkat metabolisme dalam tubuh. Hal itu tentu sangat membantu dalam program diet kamu karena dengan meningkatnya metabolisme maka tubuh akan lebih cepat merangsang pembakaran lemak dan kalori yang ada untuk diubah menjadi sumber energi.


2. Pengganjal Rasa Lapar

Salah satu kelebihan dari kopi lainnya adalah kopi sangat rendah kalori. Ketika kita meminum secangkir kopi hitam yang tidak diberi gula maka rasa pahit yang dihasilkan dari kopi tersebut mampu memberikan efek pada nafsu makan. Itulah sebabnya para orang dewasa yang harus bekerja dan sering melewatkan sarapan paginya tidak akan merasa lapar meski hanya menenggak secangkir kopi di pagi hari.


3. Menjaga Stamina Tubuh

Seringkali kita merasa lemas atau pusing saat sedang menjalani program diet. Hal itu disebabkan dari kurangnya asupan karbohidrat dan kalori yang masuk ke dalam tubuh. Akibatnya stamina tubuh menjadi menurun dan kalau sudah begini biasanya tubuh akan mudah sekali terserang penyakit. Rahasianya agar tubuhmu terhindar dari kondisi seperti ini adalah dengan memperbanyak konsumsi kopi saat diet. Kopi mengandung antioksidan yang terdapat dalam asam klorogenik dan flavonoid. Kandungan itu dapat dimaanfaatkan sebagai penangkal radikal bebas dan membantu menjaga stamina tubuhmu.


4. Menu Sementara Pengganti Nasi

Seperti yang telah dikatakan di atas, bahwa kopi bisa bermanfaat sebagai pengganjal rasa lapar. Jika kamu sedang menjalani program diet maka menjadikan kopi hitam sebagai menu untuk diet adalah ide yang sangat bagus. Karena kandungan kopi yang rendah kalori memang mampu menurunkan berat badan dan juga rasa pahit dari kopi berkhasiat untuk mencegah nafsu makan. Namun lain halnya dengan pemilihan konsumsi kopi dengan gula saat diet. Penambahan gula justru dapat meningkatkan kadar kalori dalam tubuh yang mana akan berdampak pada gagalnya program diet kamu.

Cara yang tepat adalah konsumsilah kopi tanpa gula saat diet. Kopi tersebut bisa dimanfaatkan sebagai menu sementara pengganti nasi. Tetapi hal itu harus diibambangi pula dengan memperbanyak minum air putih dan konsumsi sayuran. Karena terlalu banyak minum kopi tanpa asupan yang bergizi juga bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan.


5. Melangsingkan Perut

Kopi bermanfaat juga untuk melangsingkan perut, namun tentunya bukan dengan cara diminum. Tipsnya adalah dengan menggunakan bubuk kopi hitam sebagai masker perut. Seduhlah bubuk kopi dengan air hingga mendidih. Lalu biarkan sejenak hingga agak hangat dan oleskan masker kopi pada bagian perut. Tunggu sampai 30 menit lalu bilas dengan air bersih. Meski hal ini belum teruji secara klinis, namun beberapa orang yang telah melakukannya mengatakan bahwa hal ini berhasil dan cukup ampuh untuk mengecilkan bentuk perut mereka.


Itu dia rahasia manfaat kopi untuk program diet. Teman kuliner jadi tertarik untuk mencoba minum kopi sebagai tambahan menu yang harus dikonsumsi saat diet? Kalau teman kuliner jadi tertarik untuk berburu kopi, PergiKuliner punya nih rekomendasi tempat ngopi paling favorit. Simak di bawah ini ya!

Sudut Sedjenak

Foto Sudut Sedjenak
Foto Sudut Sedjenak
Foto Sudut Sedjenak

Lemari Kopi

Foto Lemari Kopi
Foto Lemari Kopi
Foto Lemari Kopi

FC Coffee

Foto FC Coffee
Foto FC Coffee
Foto FC Coffee

Giyanti Coffee Roastery

Foto Giyanti Coffee Roastery
Foto Giyanti Coffee Roastery
Foto Giyanti Coffee Roastery

Crematology Coffee Roasters

Foto Crematology Coffee Roasters
Foto Crematology Coffee Roasters
Foto Crematology Coffee Roasters

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?