Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Sambal Khas Jawa Barat yang Pedas Tapi Nagih

List Artikel
7 Desember 2016 | 0 Komentar

Masyarakat Indonesia dikenal  sangat suka makanan yang mempunyai rasa pedas. Oleh karena itu tak heran jika banyak sekali jenis sambal di Indonesia karena setiap daerah mempunyai jenis sambal yang berbeda-beda. Makanan Jawa Barat sangat identik dengan sambal dan lalapan yang disantap dengan aneka lauk menggunakan tangan. Meski bahan utamanya adalah cabai, tapi aneka sambal khas Jawa Barat ini memiliki rasa yang berbeda karena bahan-bahan tambahannya mampu mengubah rasa sambal tersebut. Ingin tahu apa saja sambal khas Jawa Barat yang bisa membuatmu ketagihan? Yuk, simak ulasannya berikut ini:



1. Sambal Oncom



Sumber: youtube.com


Oncom merupakan makanan khas Jawa Barat yang bisa diolah menjadi berbagai masakan. Selain dijadikan oncom bakar, oncom di Jawa Barat juga sering dijadikan sambal. Sambal oncom tentunya menggunakan oncom dan cabai rawit sebagai bahan utamanya. Selain itu ada bumbu tambahan lainnya seperti bawang merah, bawang putih, kencur, dan garam. Sambal oncom sangat cocok jika disantap dengan nasi putih hangat dan lalapan daun kemangi.



2. Sambal Cibiuk


Sumber: menuresepmasakan.com


Mendengar namanya saja sudah terasa khas Jawa Barat. Rasa sambal cibiuk ini memang berbeda dengan sambal kebanyakan karena perpaduan bahan-bahannya seperti cabai hijau, tomat hijau, terasi, bawang merah, kencur, dan daun kemanggi. Semua bahan yang digunakan adalah bahan mentah sehingga rasanya masih sangat segar dan paling pas disantap dengan lauk ikan atau ayam goreng.



3. Sambal Terasi


Sumber: tipscaraterbaik.com


Sambal terasi khas Jawa Barat ini terdiri dari dua jenis yakni mentah dan matang. Jika semua bahan sambal terasi mentah menggunakan bahan mentah, maka bahan sambal terasi matang harus digoreng terlebih dahulu hingga aromanya tercium wangi. Sambal terasi dibuat dengan bahan bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, cabai rawit merah, gula, terasi, dan garam. Sebelum disajikan, sambal terasi dikucuri air jeruk limau agar lebih segar.



4. Sambal Dadak

Sumber: jajalable.com


Nama dadak diambil karena di Jawa Barat, sambal ini selalu dibuat dadakan alias baru dibuat kalau ada yang memesan. Sambal dadak ini tidak menggunakan bawang sama sekali. Bahan utamanya adalah cabai merah keriting, cabai rawit, tomat, terasi, gula merah, dan garam. Sama seperti sambal terasi, sebelum disajikan sambal dadak dikucuri air jeruk limau terlebih dahulu.  



5. Sambal Tomat


Sumber: tips-cara.info


Sambal tomat tak hanya dimiliki oleh Jawa Tengah dan Jawa Timur, tapi juga Jawa Barat. Bedanya adalah, sambal tomat khas Jawa Barat ini menggoreng semua bahan utamanya seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, cabai rawit, dan tomat terlebih dahulu sampai benar-benar layu baru kemudian diulek hingga halus. Tekstur sambal tomat ini lebih cair dibanding sambal lainnya.


Waroeng SS

Foto Waroeng SS
Foto Waroeng SS
Foto Waroeng SS

Warung Bu Kris

Foto Warung Bu Kris
Foto Warung Bu Kris
Foto Warung Bu Kris

Restoran Beautika Manado

Foto Restoran Beautika Manado
Foto Restoran Beautika Manado
Foto Restoran Beautika Manado

Sambal Khas Karmila

Foto Sambal Khas Karmila
Foto Sambal Khas Karmila
Foto Sambal Khas Karmila

Bebek Tepi Sawah

Foto Bebek Tepi Sawah
Foto Bebek Tepi Sawah
Foto Bebek Tepi Sawah

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?