Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Mengenal Bowl Food, Tren Kuliner Terkini yang Digemari Foodies

List Artikel
8 Desember 2016 | 0 Komentar

Bowl food alias makanan yang disajikan dalam mangkok akhir-akhir ini sedang menjadi sorotan para foodies. Hal ini dikarenakan semakin menjamurnya penggunaan mangkuk dibandingkan piring dalam penyajian di restoran maupun cafe. Menurut Baum Whiteman, seorang konsultan makanan di New York, ia mengatakan kalau tren bowl food pada akhir tahun 2016 ini barulah awal. Pada tahun 2017 bowl food akan semakin booming dan marak dijumpai.



Sumber: pergikuliner.com


Penggunaan mangkuk sebagai wadah makan sebenarnya berawal dari kebudayaan Jepang yang memilih menggunakan wadah mangkuk untuk makan nasi dibanding piring seperti masyarakat dunia kebanyakan. Hal ini dikarenakan pengaruh dari agama Budha yang ada di sana. Penganut agama Budha percaya kalau ada faktor psikologis yang berpengaruh saat kamu menggunakan mangkuk sebagai wadah makan dibandingkan dengan piring. Dengan menggunakan mangkuk, kamu bisa menangkap semua rasa dan tekstur yang ada. Kamu juga lebih mudah merasa kenyang sehingga rasa lapar kamu jadi lebih terkontrol.



Sumber: pergikuliner.com


Meski bowl food sudah menjadi gaya hidup di Jepang, tapi hal tersebut tidak berdampak banyak pada ketenarannya di dunia kuliner. Bowl food justru mulai terkenal sejak kuliner Korea naik daun seiring terkenalnya drama dan K-pop sejak dua hingga tiga tahun belakangan ini. Ada banyak sekali kuliner Korea seperti bibimbap dan patbingsu yang menggunakan wadah mangkuk dalam penyajiannya.


Sumber: pergikuliner.com


Pada tahun 2016, bowl food mulai diadaptasi dalam pola makan sehat seperti smoothie bowl, acai bowl, serta poke bowl yang belakangan mulai menjamur di beberapa restoran dan cafe di Jakarta. Seperti yang kamu tahu, pola makan sehat belakangan menjadi tren di kalangan foodies sehingga bowl food yang dipadukan dengan pola makan sehat ini sangat mudah diterima. Faktor lain yang menjadikan bowl food ini jadi tren adalah banyaknya foto-foto bowl food yang tersebar di berbagai media sosial, terutama Instagram dan Pinterest. Bowl food yang disajikan dengan tampilan cantik ini semakin memancing ketertarikan dan membuat orang ingin mencobanya. 


Berrywell

Foto Berrywell
Foto Berrywell
Foto Berrywell

Nalu Bowls

Foto Nalu Bowls
Foto Nalu Bowls
Foto Nalu Bowls

The Cup (Rice and Noodle)

Foto The Cup (Rice and Noodle)
Foto The Cup (Rice and Noodle)
Foto The Cup (Rice and Noodle)

Akasya Express

Foto Akasya Express
Foto Akasya Express
Foto Akasya Express

Daitokyo Sakaba

Foto Daitokyo Sakaba
Foto Daitokyo Sakaba
Foto Daitokyo Sakaba

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?