5 Sayur yang Cocok Jadi Pendamping Ayam Bumbu Rujak

6 Oktober 2023 | 0 Komentar

Bagi penyuka kuliner pedas pastinya sudah sangat familiar dengan ayam bumbu rujak. Ayam bubu rujak adalah sebutan untuk kuliner yang dibuat dari bahan dasar ayam yang dibumbui dengan bumbu rujak. Kuliner khas Pulau Jawa ini hanya menggunakan ayam muda sehingga tekstur dagingnya masih sangat lembut dan ukurannya tidak terlalu besar. Ciri khas dari ayam bumbu rujak adalah rasanya yang cenderung pedas tapi ada sedikit rasa manis sehingga membuatnya terasa enak saat dikonsumsi. Ayam bumbu rujak biasanya disantap bersama dengan nasi putih hangat dan lauk pauk sayuran sehingga santapan kamu bisa menjadi lebih lengkap. Berikut ini, PergiKuliner telah merangkum lima sayur yang cocok dijadikan pendamping ayam bumbu rujak. Apa saja? Yuk, kita bahas sama-sama di bawah ini!

 

1. Plecing Kangkung



Sumber: Pergikuliner.com


Lauk sayur pertama yang cocok untuk dijadikan sebagai pendamping ayam bumbu rujak adalah plecing kangkung. Plecing kangkung adalah kuliner khas Lombok yang dibuat dari bahan dasar kangkung yang dikukus atau direbus lalu diberi sambal di atasnya dan taburan kacang tanah sangrai. Selain plecing kangkung, olahan kangkung lainnya seperti tumis kangkung juga cocok untuk dijadikan sebagai pendamping ayam bumbu rujak.


2. Urap



Sumber: Rasabunda.com


Urap juga cocok untuk dijadikan sebagai pendamping ayam bumbu rujak. Urap adalah kuliner khas Jawa Timur dan Jawa Tengah. Kuliner ini dibuat dengan mencampurkan beragam sayuran yang dikukus lalu diberi kelapa parut yang sudah dibumbui. Untuk jenis sayurannya, ada kacang panjang, kangkung, bayam, wortel, kubis, daun kemangi, dan tauge. Sementara untuk kelapa parutnya menggunakan kelapa yang setengah tua lalu dibumbui dengan bumbu cabai merah, bawang putih, kencur, dan irisan daun jeruk sehingga aromanya menjadi sangat wangi.


3. Oseng Buncis



Sumber: Unileversolutions.com


Selanjutnya ada oseng buncis yang kerap kali muncul dalam menu favorit di warteg. Oseng buncis ini terbilang lauk sayur yang lebih simpel jika dibandingkan dengan kedua lauk sayur sebelumnya. Oseng buncis dibuat dari bahan dasar buncis yang diiris serong lalu ditumis bersama dengan bumbu bawang merah, bawang putih, cabai merah, dan tomat. Oseng buncis ada yang diberi tambahan irisan wortel hingga daging cincang untuk menambah rasa di dalamnya.  

 

4. Oseng Daun Pepaya



Sumber: Kurioapps.com


Oseng daun pepaya bisa menjadi lauk sayur yang cocok untuk pendamping ayam bumbu rujak karena bisa meredakan rasa pedas. Oseng daun pepaya dibuat dari bahan dasar daun pepaya yang sudah direbus terlebih dahulu baru diperas airnya dan diiris tipis-tipis lalu ditumis bersama dengan bumbu rempah lainnya. Bumbu yang digunakan seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah, daun salam, kecap manis, garam, dan sedikit gula.

 

5. Tumis Pare



Sumber: Resepmamiku.com


Lauk sayur terakhir yang cocok jadi pendamping ayam bumbu rujak adalah tumis pare. Kuliner ini memiliki rasa yang tak jauh berbeda dengan oseng daun pepaya karena ada campuran rasa pahit di dalamnya. Selain rasa pahit, tentu saja ada rasa gurih dan asin yang bisa Teman Kuliner rasakan. Tumis pare dibuat dari bahan dasar pare yang dibuang bijinya lalu diiris tebal-tebal lalu ditumis bersama dengan bawang putih, bawang merah, cabai merah, udang rebon, saus tiram, daun salam, dan lengkuas.

 

Itulah beberapa lauk sayur yang cocok untuk dijadikan sebagai pendamping ayam bumbu rujak. Dari kelimanya, Teman Kuliner lebih suka lauk sayur yang mana untuk disantap bersama dengan ayam bumbu rujak? Kalau kamu kepingin cari aneka masakan khas Indonesia lainnya, bisa cek rekomendasinya di bawah ini!

Warung Bu Kris

Ayam Kwali DS88

Ayam Goreng Kalasan Borobudur

Ayam Goreng Berkah

Ayam Goreng Sekandang


Topik artikel ini: