Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Sup Sehat Khas Korea yang Bisa Meningkatkan Imunitasmu

List Artikel
22 Juni 2022 | 2 Komentar

Salah satu cara meningkatkan imunitas adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi. Dengan mengonsumsi makanan yang bergizi maka tubuh akan mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan sehingga sel-sel dalam tubuh bisa terjaga dengan baik dan pastinya imunitas tubuh akan semakin meningkat. Beberapa makanan yang bagus untuk meningkatkan imunitas tubuh adalah sayur-sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, telur, serta daging seperti daging ayam hingga daging sapi. 


Di Korea ada beberapa kuliner yang ternyata bisa meningkatkan imunitas. Kuliner tersebut adalah sup yang sangat cocok disantap bersama dengan nasi. Berikut sup sehat khas Korea yang bisa meningkatkan imunitas. Apa saja ya? Kita bahas sama-sama yuk, Teman Kuliner!


1. Galbitang



Sumber: Koreanbapsang.com


Sup sehat khas Korea yang pertama adalah galbitang. Galbitang sangat populer di Korea sebagai makanan yang sehat karena terbuat dari bahan dasar iga sapi dan irisan lobak yang dimasak dalam waktu berjam-jam lamanya sehingga memiliki tekstur air kaldu yang sangat gurih. Iga memiliki kandungan protein sedangkan lobak sangat bagus untuk sistem pencernaan. Untuk bumbunya ada bawang bombay, bawang putih, garam, kecap asin, dan lain sebagainya. Berhubung dibuat dari iga sapi, maka harga dari sup sehat khas Korea ini terbilang cukup mahal.


2. Samgyetang



Sumber: Cloudtmoody.com


Selain galbitang, ada samgyetang yang juga menjadi sup sehat khas Korea. Samgyetang ini sangat populer karena sering muncul di drama-drama Korea sebagai sup yang disajikan untuk orang yang sedang sakit karena kuliner ini bisa meningkatkan imunitas tubuh. Samgyetang dibuat dari bahan dasar ayam utuh yang dimasak dengan menggunakan ginseng, bawang bombay, bawang putih, serta aneka tambahan bumbu rempah lainnya. Samgyetang biasanya ada yang diberi isian beras, tapi ada juga yang tidak. Hidangan ini bisa meningkatkan imunitas tubuh karena ayam mengandung protein sedangkan ginseng punya banyak nutrisi yang banyak khasiat untuk kesehatan.


3. Gamjatang



Sumber: Pressurecookrecipes.com


Gamjatang menjadi sup sehat khas Korea berikutnya yang dibuat dari bahan dasar tulang babi dan kentang yang dimasak dalam jangka waktu yang lama. Kaldu tulang yang dimasak lama ini membuat rasanya akan semakin gurih asin. Kuliner ini banyak dikonsumsi untuk pelepas pengar setelah minum minuman beralkohol karena punya rasa yang agak pedas. Rasa pedas ini dikarenakan campuran bubuk cabai di dalamnya. Selain itu ada bawang putih dan pasta kacang kedelai fermentasi yang sangat bagus dikonsumsi untuk pencernaan.


4. Seolleongtang



Sumber: Koreanbapsang.com


Seolleongtang adalah sup sehat khas Korea yang juga bisa dikonsumsi untuk meningkatkan imunitas tubuh. Hal ini dikarenakan seolleongtang terbuat dari bahan dasar tulang sapi yang dimasak dalam waktu cukup lama. Rata-rata masyarakat Korea memasak seolleongtang hingga seharian penuh hingga kuah kaldunya berwarna putih. Meski dibuat dari bahan dasar tulang sapi, tapi juga ada irisan daging di dalamnya. Seolleongtang dimasak dengan aneka rempah yang banyak sehingga bisa menambah khasiat dan nutrisi dari sup ini.


5. Kimchi Jjigae



Sumber: Pergikuliner.com


Sup sehat khas Korea yang terakhir adalah kimchi jjigae. Kuliner ini dibuat dari bahan dasar kimchi yang ditumis terlebih dahulu hingga aromanya keluar lalu diberi air dan beragam bumbu lainnya. Kimchi adalah makanan yang difermentasikan dalam waktu lama sehingga mengandung bakteri baik di dalamnya serta antioksidan yang bisa membantu untuk meningkatkan imunitas tubuh. Untuk memperkaya nutrisinya, biasanya kimchi jjigae akan ditambahkan sedikit daging cincang atau irisan daging.

 

Itulah beberapa sup sehat khas Korea yang bisa meningkatkan imunitas tubuh. Apakah mulai sekarang Teman Kuliner ingin rutin mengonsumsinya? Buat Teman Kuliner yang mau mencicipi aneka sup ala Korea, bisa mampir ke restoran Korea enak rekomendasi PergiKuliner di bawah ini ya!

Jjang Korean Noodle & Grill

Foto Jjang Korean Noodle & Grill
Foto Jjang Korean Noodle & Grill
Foto Jjang Korean Noodle & Grill

SGD The Old Tofu House

Foto SGD The Old Tofu House
Foto SGD The Old Tofu House
Foto SGD The Old Tofu House

Mu Gung Hwa Snack Culture

Foto Mu Gung Hwa Snack Culture
Foto Mu Gung Hwa Snack Culture
Foto Mu Gung Hwa Snack Culture

Samwon House

Foto Samwon House
Foto Samwon House
Foto Samwon House

Topik artikel ini:
2 Komentar
[ ... ]
Foto user umum
QGXhJrNvqVPpRU
ryanncarletonley3kutrs@gmail.com | 05 Sep 2021 pk. 12:50 AM
Foto user umum
uCJjLdNvOnEsDzmr
ryanncarletonley3kutrs@gmail.com | 05 Sep 2021 pk. 12:50 AM

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?