Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Varian Pancake Khas Jerman yang Cocok untuk Menu Sarapan

List Artikel
1 Juli 2021 | 0 Komentar

Pancake adalah salah satu kuliner yang paling banyak digunakan sebagai menu sarapan di negara-negara Eropa seperti Jerman, Inggris, Belanda, Spanyol, hingga Jerman. Pancake disukai sebagai menu sarapan karena selain mengenyangkan juga memiliki banyak kandungan manfaat di dalamnya. Biasanya pancake tidak disajikan begitu saja, tapi juga ada tambahan madu, irisan buah-buahan, cokelat, dan lain sebagainya.


Dengan tambahan aneka topping di atasnya, maka sajian pancake akan menjadi lebih kaya rasanya. Salah satu negara Eropa yang punya aneka pancake lezat adalah Jerman. Kebanyakan pancake Jerman ini tergolong dalam kategori pancake klasik yang resepnya sudah ada sejak lama dan dilestarikan secara turun temurun. Yuk, cek dulu aneka varian pancake khas Jerman yang cocok sebagai menu sarapan!


1. Speckpfannkuchen



Sumber: Nichtnocheinfoodblog.de


Speckpfannkuchen adalah varian pancake khas Jerman pertama yang menjadi salah satu pancake gurih untuk menu sarapan. Speckpfannkuchen ini dibuat dari tiga bahan dasar pancake yakni tepung, telur, dan susu. Lalu dimasak di atas wajan hingga adonan matang. Saat masih setengah matang, speckpfannkuchen sering ditambahkan dengan irisan daging asap atau bacon sehingga ada tambahan protein hewani di dalamnya. Tapi sebelum dimasukkan dalam pancake, daging asap atau bacon ini harus ditumis terlebih dahulu agar aroma wanginya keluar. Tak hanya bacon, speckpfannkuchen juga seringkali diberi tambahan potongan keju sesaat sebelum matang sehingga rasanya jadi lebih gurih. Speckpfannkuchen ini biasanya disajikan bersama dengan acar mentimun dan mayonaise atau salad hijau.


2. Pickert



Sumber: Mattkocht.de 


Pickert adalah salah satu pancake khas Jerman yang punya perpaduan rasa manis dan gurih. Pickert ini dibuat dari bahan dasar kentang yang diparut, tepung, telur, susu, ragi, garam, gula, minyak, dan kismis. Jika semua bahan sudah dicampurkan hingga rata, adonan kemudian di masak di atas wajan hingga matang. Selain di masak dengan wajan, pickert juga bisa dimasak dengan cara dipanggang. Awalnya, pickert ini adalah makanan khas petani dari Westphalia karena bahan-bahannya mudah didapat dan murah, tapi memiliki nilai gizi tinggi. Tapi lambat laun, masyarakat Jerman menyukainya dan sering menyantapnya sebagai menu sarapan karena kaya akan gizi dan mengenyangkan pastinya.

 

3. Kartoffelpuffer



Sumber: Carolinescooking.com


Selanjutnya ada kartoffpuffer yang punya tekstur serta cita rasa unik karena dibuatnya dengan menggunakan bahan campuran utama kentang. Kartoffelpuffer adalah pancake khas Jerman yang dibuat dari bahan dasar kentang yang diparut kasar atau dipotong kecil-kecil lalu dicampur dengan tepung dan telur. Lalu dibumbui dengan garam. Setelah itu kartoffpuffer dimasak berbentuk bulat dadar di atas wajan yang sudah diberi sedikit minyak lalu dimasak hingga matang dan warnanya menjadi keemasan. Biasanya, kartoffpuffer ini disajikan dengan saus mayonaise, tapi Teman Kuliner juga bisa menyantapnya begitu saja. Selain karena rasanya yang enak, kartoffpuffer ini juga sangat mengenyangkan sehingga cocok disantap sebagai menu sarapan pagi.


4. Eierkuchen



Sumber: Kuechengoetter.de


Eirkuchen termasuk pancake khas Jerman yang sangat klasik karena bahan-bahan yang digunakan adalah bahan dasar untuk pembuatan pancake pada umumnya seperti telur, tepung, susu, mentega, baking powder, gula, dan garam. Adonan eirkuchen biasanya diberi tambahan kayu manis atau ekstrak vanilla sehingga aromanya menjadi lebih wangi. Eirkuchen ini sebenarnya mirip dengan cara membuat crepes. Hanya saja perbedaannya lapisannya jauh lebih tebal daripada crepes dan sebelum adonan dituang di ataa wajan, wajannya harus dioles dengan mentega terlebih dahulu supaya lebih wangi. Setelah matang, eirkuchen akan disajikan bersama dengan sirup mapel, manisan buah, selai, hingga cokelat hazelnut. Teman Kuliner bisa memilih mana yang paling disuka. Masyarakat Jerman sendiri lebih sering menyantap eirkuchen dengan siraman sirup mapel dan menyantapnya dengan manisan buah.


5. Fladle



Sumber: Tourism.de


Kalau varian pancake khas Jerman yang terakhir ini memang terlihat unik karena bentuknya yang lebih mirip dengan pasta fettucini ketimbang pancake. Fladle dibuat dari bahan dasar pancake dasar seperti tepung, telur, susu, gula, pala, lada, dan garam. Setelah semua adonan dicampur rata kemudian dibuat dadar tipis-tipis di atas wajan yang sudah diolesi minyak atau margarin. Nantinya setelah matang, fladle ini akan diiris panjang-panjang terlebih dahulu dan disajikan dengan kuah kaldu daging, daun bawang, daun peterseli, dan chervil.

 

Beberapa orang ada yang menambahkan irisan daging rebus saat menyajikannya. Pancake khas Jerman ini paling sering dikonsumsi sebagai menu sarapan saat musim dingin karena selain mudah membuatnya, kuliner ini juga mengenyangkan. Itulah varian pancake khas Jerman yang cocok banget buat menu sarapan. Dari kelima pancake khas Jerman ini, manakah yang paling cocok dengan seleramu?

The Pancake Co. by DORE

Foto The Pancake Co. by DORE
Foto The Pancake Co. by DORE
Foto The Pancake Co. by DORE

Pancious

Foto Pancious
Foto Pancious
Foto Pancious

Cork&Screw Country Club

Foto Cork&Screw Country Club
Foto Cork&Screw Country Club
Foto Cork&Screw Country Club

BEAU Bakery

Foto BEAU Bakery
Foto BEAU Bakery
Foto BEAU Bakery

Belle Epoque

Foto Belle Epoque
Foto Belle Epoque
Foto Belle Epoque

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?