Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

6 Manfaat Tomat Untuk Kesehatan yang Perlu Kamu Tahu

List Artikel
19 Oktober 2016 | 0 Komentar

Tomat menjadi salah satu bahan makanan yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Penggunaan tomat paling banyak di dunia kuliner adalah untuk saus atau tomato paste yang biasa digunakan untuk campuran aneka hidangan Italia seperti pizza dan spaghetti bolognaise. Di Indonesia, tomat paling sering dipadukan dengan cabai seperti untuk membuat sambal serta balado. Tomat mengandung banyak vitamin A, C,K serta zat folat dan mineral sehingga bagus untuk kesehatan tubuh. Ingin tahu lebih lanjut manfaat apa yang bisa kamu dapatkan dari mengkonsumsi tomat? Yuk lihat!



Sumber: ruangtani.com

 

1. Mencegah Penyakit Mata

Vitamin A, flavonoid, vitamin B kompleks, tiamin, folat, dan niacin yang terkandung dalam tomat bisa membantumu menjaga kesehatan mata sekaligus membantu meningkatkan kemampuan penglihatan sehingga kamu bisa terhindar dari penyakit mata.

 

2. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Tomat yang kaya akan kalsium dan vitamin K bisa menjaga tulang dan gigi kamu agar lebih kuat. Tomat menghindari kamu dari resiko kerapuhan tulang yang biasa dialami seiring pertambahan usia.

 

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin A dalam tomat mampu meningkatkan kekebalan tubuh secara alami. Manfaat ini dapat menghindari kamu dari resiko terkena flu akibat penurunan sistem kekebalan tubuh.

 

4. Membantu Melawan Kanker

Tomat merupakan pelawan kanker alami. Kandungan likopen, vitamin A dan C serta antioksidan mampu melawan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel. Kanker serviks, prostat, lambung, usus besar, hingga tenggorokan menjadi kanker yang bisa dicegah dengan mengkonsumsi tomat.

 

5. Meredakan Peradangan

Buat kamu yang berurusan dengan penyakit peradangan seperto artritis atau nyeri punggung, banyak-banyaklah mengkonsumsi tomat untuk meredakan peradangan kamu. Tomat yang kaya akan bioflavonoid dan karptenoid ini dikenal sebagai anti inflamasi.

 

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Tomat bisa membuat kulit kamu tetap sehat, kenyal, dan awet muda loh. Kandungan beta-karoten yang terkandung dalam tomat mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat terpapar sinar matahari yang menjadi penyebab utama garis-garis halus dan kerutan pada kulit. 

Warung Pasta

Foto Warung Pasta
Foto Warung Pasta

Pizza E Birra

Foto Pizza E Birra
Foto Pizza E Birra
Foto Pizza E Birra

Warung Bu Kris

Foto Warung Bu Kris
Foto Warung Bu Kris
Foto Warung Bu Kris

Omah Sendok

Foto Omah Sendok
Foto Omah Sendok
Foto Omah Sendok

Kwetiau Akang

Foto Kwetiau Akang
Foto Kwetiau Akang
Foto Kwetiau Akang

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?