6 Masakan Bali Autentik yang Menggugah Selera

26 April 2017 | 0 Komentar

Kekayaan Pulau Dewata Bali tak hanya sampai pada panorama alamnya saja. Ternyata masakan Bali juga menyimpan sejuta kelezatan yang patut untuk kamu cicipi. Rahasia kelezatan kuliner khas Bali terletak pada bumbunya yang selalu diracik dengan rempah-rempah. Aromanya yang sangat kental dan pedas akan memberikan kenikmatan tersendiri saat kamu memakannya. Terutama bagi para pecinta kuliner yang memang menyukai masakan pedas, hal ini tentu akan menjadi surganya wisata kuliner. Biar kamu tidak semakin penasaran, berikut PergiKuliner akan menghadirkan 6 Masakan Bali dengan cita rasa autentik yang lezatnya bukan main!



1. Ayam Betutu



sumber : pergikuliner


Menu yang satu ini tak boleh dilewatkan sebab ayam betutu bisa dikatakan sudah menjadi ikonnya masakan khas Bali. Jika kamu gemar akan masakan pedas maka bersiaplah untuk ketagihan dengan ayam betutu ini yang konon memiliki cita rasa rempah-rempah yang kuat dengan tekstur yang pedas. Hal yang membuat masakan ini menjadi unik adalah bumbunya yang dimasukkan ke bagian dalam perut ayam kampung. Kemudian daging ayam tersebut dibungkus dengan rapi menggunakan daun pisang. Cara memasaknya ialah dengan cara dipanggang melalui bara api yang disekam selama 24 jam penuh agar dapat menghasilkan rasa rempah yang gurih dan pedas yang autentik. Perlu dicatat pula kalau menu betutu ini tak selalu identik dengan ayam kampung, ada pula yang namanya bebek betutu.

 

2. Sate Lilit



sumber : pergikuliner.com 


Sate ini sedikit berbeda dengan sate yang ada pada umumnya, dimana kalau kebanyakan sate lazimnya ditusuk. Sementara sate ini dari namanya saja sudah dapat ditebak kalau dagingnya dibuat dengan cara dililit. Sebelum dililitkan, daging akan dicincang halus dan dilumuri bumbu rempah khas Bali. Untuk kemudian daging tersebut akan dililitkan pada batang daun serai. Aroma dari serai inilah yang membuat sate lilit begitu harum dan sedap. Daging yang dijadikan sate lilit biasanya adalah daging ikan tenggiri, ayam, atau babi.


3. Lawar Kuwir



sumber : pergikuliner.com


Lawar Kuwir merupakan masakan perpaduan antara sayur-sayuran dan daging cincang yang dimasak dengan aneka bumbu rempah-rempah. Biasanya sayuran yang digunakan terdiri dari potongan kacang panjang, dan parutan kelapa. Sementara untuk dagingnya paling enak menggunakan daging babi atau daging bebek entok atau disebut juga kuwir. Sayur lawar kuwir merupakan sayuran yang paling favorit di Bali. Kamu bisa menikmatinya dengan sate lilit, ayam betutu, dan nasi putih hangat sebagai pelengkap.


4. Babi Guling



sumber : pergikuliner.com


Bagi makanan yang satu ini sayangnya tak semua orang dapat menikmati. Sebab babi guling sudah pasti seratus persen tidak halal. Namun karena mayoritas masyarakat di Bali adalah non muslim maka sangat wajar jika menemukan makanan ini dengan mudah dijual disana. Sebelum dimasak, daging babi akan dilumuri bumbu rempah. Tak ketinggalan, bumbu basa genep dan sayur daun ketela khas Bali juga dimasukkan ke dalam perut babinya. Barulah kemudian daging babi diguling hingga berwarna kecoklatan di atas bara api. Bumbunya yang begitu khas ditambah tekstur daging yang renyah dan empuk membuat menu babi guling begitu diidolakan bagi kalangan turis lokal maupun asing di Bali.


5. Nasi Campur Ayam Bali



sumber : pergikuliner.com


Salah satu nasi khas Bali yang wajib kamu coba adalah nasi campur ayam bali. Nasi campur ini umumnya terdiri dari isian ayam sisit bumbu basa genep, sate lilit, sayur urap, dan lawar kuwir yang siap disantap bersamaan dengan nasi putih hangat. Biasanya orang Bali menyantapnya dikala sore hari. Sebab menikmati seporsi nasi campur ditemani matahari terbenam dan angin sepoi-sepoi akan memberikan kenikmatan tersendiri saat kamu menyantapnya.


6. Nasi Jinggo



sumber: ibalitour.com


Jika warga jogja punya andalan nasi kucing maka warga bali pun punya nasi jinggo. Dinamakan nasi jinggo karena pada awalnya nasi ini hanya dijual seharga jenggo atau seribu lima ratus rupiah. Namun harga tersebut sudah tak berlaku, kini harga seporsi nasi jinggo bisa mencapai 3.000 hingga 5.000 rupiah. Nasi jinggo merupakan nasi yang dicampur dengan ayam suwir, mie goreng, tempe goreng, dan sambal super pedas yang dibungkus dengan daun pisang. Sayangnya, menikmati seporsi nasi jinggo ini jangan harap kamu akan kenyang. Sebab harganya saja sejinggo jadi wajar saja jika porsinya hanya sekepalan tangan orang dewasa. Pokoknya dari segi tampilan, harga, dan porsi bisa dibilang nasi jinggo ini sangat mirip dengan nasi kucing. Jadi kamu jangan sampai tertukar ya!


Itu dia aneka makanan khas Bali yang autentik dan banyak di gemari para pecinta kuliner. Kamu jadi tertarik untuk mecoba salah satunya? Datang aja ke tempat makan rekomendasi PergiKuliner di bawah ini!

Taliwang Bali

Rempah Bali

Nasi Pedas & Bebek Crispy Dewata

Bebek Tepi Sawah

Babi Guling O'an

Mau tau dimana saja tempat makan enak di wilayah JABODETABEK, Bandung dan Surabaya? Cek pergikuliner.com dulu ya sebelum pergi kulineran!


Topik artikel ini: