Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Fakta Manfaat Makan Ikan yang Harus Diketahui

List Artikel
20 September 2021 | 0 Komentar

Siapa di sini yang jarang makan ikan? Nampaknya kamu harus meninggalkan kebiasaan buruk tersebut. Pasalnya ikan merupakan salah satu sumber protein terbaik yang memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Selain itu, ikan juga termasuk salah satu bahan makanan yang mudah ditemukan di Indonesia. Ada beragam jenis ikan laut di Indonesia yang sering dikonsumsi yaitu ikan tongkol, ikan cakalang, ikan kakap, ikan kembung dan masih banyak lagi. Ada juga jenis ikan air tawar yang paling banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia, seperti ikan mas, ikan gurame, ikan lele, ikan mujair dan sebagainya. Begitu banyak jenis ikan dari perairan Indonesia, sehingga tak ada alasan lagi untuk jarang mengonsumsi ikan.



Sumber: Pinterest.com


Nah, buat Teman PergiKuliner yang jarang mengonsumsi ikan, sepertinya harus tahu dulu nih fakta manfaat makan ikan supaya bisa lebih rajin mengonsumsi ikan setiap hari. Berikut adalah sejumlah fakta manfaat makan ikan yang harus Teman Kuliner ketahui!


1. Sumber Nutrisi Terbaik

Manfaat makan ikan yang pertama adalah ikan merupakan sumber nutrisi terbaik untuk tubuh. Salah satu masalah kesehatan anak yang kerap terjadi di Indonesia adalah stunting. Yakni kondisi dimana tinggi badan anak lebih pendek dibanding tinggi badan anak seusianya. Hal ini disebabkan kurangnya gizi kronis yang berlangsung dalam waktu lama. Ikan merupakan pilihan sumber nutrisi yang baik untuk membantu mengatasi masalah tersebut. Kandungan nutrisi dalam ikan mungkin berbeda-beda. Namun secara umum, pada 100 gram ikan dapat mengandung hingga 22 protein. Selain itu, ikan mengandung kalium, natrium, kalsium, zat besi, vitamin B6, vitamin B12 dan vitamin D. Kandungan omega 3 pada ikan juga jauh lebih tinggi dibanding sumber protein hewan lainnya. Baik itu, ikan dengan harga murah ataupun ikan dengan harga mahal nilai gizinya tetap tinggi.


2. Membantu Perkembangan Otak

Fakta manfaat makan ikan lainnya adalah ikan dapat membantu perkembangan otak. Salah satu kandungan pada ikan yang sangat memberi manfaat adalah asam lemak omega 3. Kandungan tersebut terbilang penting karena dapat membantu perkembangan otak anak. Jenis kandungan asam lemak omega 3 yang terdapat pada ikan adalah EPA dan DHA. Kandungan lemak omega 3 ini diketahui bahkan lebih tinggi dibandingkan daging sapi dan ayam. Mengingat tubuh tak mampu menghasilkan asam lemak omega 3 sendiri, sehingga nutrisi tersebut hanya mampu diperoleh dari makanan. Ikan laut seperti sarden, salmon, tuna, makarel dan ikan teri memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang tinggi yang dibutuhkan anak-anak selama masa pertumbuhan untuk perkembangan otaknya.


3. Makanan Diet Sehat

Tak hanya anak-anak yang membutuhkan asupan nutrisi dari ikan, sebab ikan adalah makanan sehat yang baik untuk dikonsumsi semua umur. Ikan juga mengandung protein yang tinggi. Hal ini tentu sangat mendukung bagi yang sedang menjalankan program diet. Diet yang sukses adalah menurunkan berat badan tanpa mengurangi asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Beberapa jenis ikan yang tergolong rendah kalori dan aman dikonsumsi saat diet adalah salmon, tuna, sarden, lele, kakap dan ikan kod. Namun pastikan ikan diolah dengan cara yang sehat sebelum mengonsumsinya selama diet. Misalnya dengan cara dikukus atau ditumis dengan sedikit minyak.


4. Mencegah Penyakit Alzheimer

Alzheimer merupakan penyakit yang biasanya terjadi pada orang lanjut usia. Pada usia 60-an, ada potensi terjadinya penyakit otak degeneratif yang menyebabkan seseorang kehilangan ingatan, kemampuan berpikir dan berbicara, bahkan keseimbangan tubuh. Mengonsumsi ikan sejak dini secara rutin dapat bermanfaat mencegah penyakit degeratif ini. Mengonsumsi ikan setiap hari berefek pada peningkatan substansi abu-abu di pusat otak atau bagian otak yang berfungsi memproses informasi dan menyimpan ingatan. Dengan begitu, resiko penurunan fungsi otak dan penyakit Alzheimer akan lebih rendah jika seseorang mengonsumsi ikan secara teratur.


5. Menurunkan Resiko Depresi

Mungkin banyak diantara kita yang belum familiar dengan fakta manfaat makan ikan dapat menurunkan resiko seseorang mengidap despresi. Bahkan mengonsumsi ikan juga disarankan untuk orang yang mengalami depresi atau gangguan mental. Hal ini dikarenakan kandungan omeda 3 dalam ikan yang dapat membantu mengatasi depresi. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa konsumsi ikan dapat membuat obat antidepresan bekerja lebih efektif dibanding jika hanya mengonsumsi obat antidepresan. Dengan mengonsumsi keduanya secara rutin sesuai anjuran dokter, maka dapat memberikan nutrisi yang lebih optimal dan mengembalikan fungsi otak yang sehat.


6. Sumber Vitamin D

Vitamin D bisa diproduksi secara alami oleh tubuh dengan memperoleh sinar matahari langsung. Namun, vitamin D bisa juga didapatkan dari makanan. Salah satunya dari ikan maupun minyak ikan. Jika kamu merasa tidak mendapatkan vitamin D yang cukup dari sinar matahari langsung, maka konsumsilah beberapa jenis ikan dan minyak ikan yang mengandung vitamin D cukup tinggi.  Misalnya ikan todak, salmon, sarden, tuna, dan minyak hati ikan kod. Mengonsumsi ikan dan minyak ikan secara teratur dapat memenuhi lebih dari 50 persen kebutuhan harian vitamin D seseorang.


7. Meningkatkan Kualitas Tidur

Sering mengalami insomnia atau gangguan kesulitan tidur? Jangan abaikan hal tersebut. Jika kamu memiliki kekhawatiran akan kualitas tidur yang buruk, mulai rutinlah mengonsumsi ikan. Ikan tidak hanya bergizi tinggi, tetapi juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur yang baik. Beberapa jenis ikan tergolong sebagai makanan yang dapat membantu tidur lebih nyenyak. Sepeti jenis ikan tuna, salmon, tenggiri dan tongkol. Jenis ikan tersebut diketahui dapat meningkatkan produksi senyawa serotonin dan melatonin dalam tubuh, sehingga dapat membantu untuk tidur lebih cepat dan nyenyak.


Setelah mengetahui fakta manfaat makan ikan, Teman Kuliner tentu jadi ingin dong mendapatkan manfaat kesehatan yang diperoleh dengan mengonsumsi ikan? Selain bermanfaat untuk kesehatan, ikan juga merupakan bahan makanan yang mudah untuk diolah. Ikan banyak digunakan diberbagai hidangan di seluruh mancanegara seperti ikan bakar khas Indonesia, sashimi khas Jepang, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jika Teman Kuliner sedang mencari tempat makan dengan olahan ikan terbaik, PergiKuliner sudah merangkum rekomendasi tempatnya di bawah ini!

Sushi Sei

Foto Sushi Sei
Foto Sushi Sei
Foto Sushi Sei

Nama Sushi by Sushi Masa

Foto Nama Sushi by Sushi Masa
Foto Nama Sushi by Sushi Masa
Foto Nama Sushi by Sushi Masa

Istana Nelayan

Foto Istana Nelayan
Foto Istana Nelayan
Foto Istana Nelayan

Bumbu Karaeng

Foto Bumbu Karaeng
Foto Bumbu Karaeng
Foto Bumbu Karaeng

Oku Japanese Restaurant - Hotel Indonesia Kempinski

Foto Oku Japanese Restaurant - Hotel Indonesia Kempinski
Foto Oku Japanese Restaurant - Hotel Indonesia Kempinski
Foto Oku Japanese Restaurant - Hotel Indonesia Kempinski

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?