Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Ikan Laut yang Paling Sering Disantap Masyarakat Indonesia

List Artikel
17 Agustus 2017 | 0 Komentar

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki hasil laut melimpah, terutama ikan-ikan laut. Dalan satu tahunnya, Indonesia bisa menghasilkan produksi perikanan tangkap hingga mencapai 6 juta ton. Ikan laut dipercaya kaya akan kandungan protein serta nutrisi yang sangat tinggi seperti omega3. Ikan laut yang ada di perairan Indonesia tergolong banyak variasinya, tapi tak semuanya disukai masyarakat Indonesia. PergiKuliner sudah merangkum tujuh ikan laut yang paling sering disantap atau dijadikan kuliner tradisional oleh masyarakat Indonesia, yaitu:

 

1. Ikan Tenggiri


Sumber: pergikuliner.com


Ikan tenggiri menjadi jenis ikan laut yang paling banyak diolah menjadi masakan oleh masyarakat Indonesia. Ikan ini memiliki ukuran yang cukup besar dengan panjang sekitar satu meter. Ikan tenggiri lebih banyak diolah menjadi campuran bahan makanan setelah digiling halus terlebih dahulu. Jenis makanan yang dicampur dengan ikan tenggiri seperti pempek, tekwan, siomay, otak-otak, hingga aneka kerupuk.

 

2. Ikan Tongkol


Sumber: justtryandtaste.com


Ikan tongkol memiliki tampilan yang mirip dengan ikan tenggiri, namun ukuran ikan tongkol lebih kecil. Ukurannya kira-kira sekitar 60-70 cm dengan bagian punggung berwarna biru gelap metalik. Ikan tongkol lebih sering dikonsumsi oleh masyarakat Sumatera dan Jawa untuk dijadikan olahan masakan seperti gulai, rica-rica, cabe hijau, garang asem, dan lain sebagainya.

 

3. Ikan Cakalang


Sumber: kuliner123.com


Ikan cakalang memiliki warna yang lebih terang dari ikan tongkol serta ukurannya lebih gemuk. Ikan ini banyak dikonsumsi oleh masyakat Maluku dan Sulawesi untuk dijadikan olahan makanan bercita rasa gurih. Kamu bisa menemukan ikan ini dalam masakan rica-rica khas Manado, abon yang ditabur dalam nasi kuning Ambon, dan masih banyak lagi. Ikan cakalang mengandung omega3 yang sangat tinggi sehingga bagus untuk meningkatkan daya ingat.

 

4. Ikan Kakap


Sumber: resepcaramasak.com


Ikan kakap di Indonesia memiliki dua jenis, yakni kakap merah atau red snapper dan kakap putih atau white seabass. Ikan kakap merah memiliki daging yang lebih tebal dengan duri yang mengumpu di tengah sehingga tidak susah mengolahnya. Tapi dari segi cita rasanya, ikan kakap merah dan putih sama enaknya kok. Ikan kakap sering sekali diolah menjadi masakan gulai, sup, serta kuliner berkuah lainnya yang cocok untuk disantap bersama dengan nasi putih hangat.

 

5. Ikan Makarel


Sumber: dentistvchef.files.wordpress.com


Di luar negeri, ikan jenis ini lebih banyak ditemukan dalam bentuk kalengan. Tapi di Indonesia, kamu bisa dengan mudah menemukannya di pasar tradisional dalam bentuk segar. Ikan makarel memiliki bentuk tubuh yang langsing menyerupai silinder. Ikan ini memiliki kandungan asam lemak omega 3 dan 6 yang tinggi. Di Indonesia, ikan makarel lebih banyak diolah dengan bumbu balado, dibakar, atau dijadikan pepes.

 

6. Ikan Teri


Sumber: dapurrisma.blogspot.co.id


Ikan bertubuh mungil ini paling sering dikonsumsi dalam olahan pepes, sambal goreng, botok, hingga campuran pada sayuran berkuah santan. Ikan teri memiliki ukuran yang lebih kecil dibanding ikan-ikan laut lainnya. Di Indonesia, ikan teri bisa ditemukan dalam bentuk kering, basah, serta diasinkan alias difermentasikan dengan garam. Ikan teri sangat bagus untuk kesehatan jantung, tulang, dan mengatur gula darah karena ikan ini rendah kandungan lemak dan karbohidratnya, namun tinggi protein.

 

7. Ikan Tuna


Sumber: resepcaramasak.com


Meski ikan jenis ini lebih terkenal di Jepang untuk dijadikan makanan sashimi atau sushi, tapi ikan tuna juga banyak disantap masyarakat Indonesia pada olahan makanan trasidisional seperti balado, kuah kuning, tongseng, dan lain sebagainya. Indonesia termasuk dalam salah satu penghasil tuna terbesar di dunia. Ikan tuna yang ada di Indonesia bisa ditemukan dalam ukuran berat mulai dari 35 hingga 100 kg.


Itu dia tujuh jenis ikan laut yang paling sering disantap masyarakat Indonesia. Sebenarnya masih banyak jenis ikan laut lainnya yang gemar disantap masyarakat Indonesia, mengingat negara Indonesia memiliki beribu-ribu pulau dan dikenal dengan sebutan Negara Maritim tentunya tidak heran kalau Indonesia memiliki hasil laut yang melimpah dan kita harus bangga dengan itu. Nah, sebagai salah satu apresiasi terhadap hasil laut di Indonesia khususnya ketujuh jenis ikan laut di atas, bagaimana kalau kamu sambangi kelima tempat makan yang telah PergiKuliner siapkan di bawah ini. Beragam jenis olahan ikan laut bisa kamu dapatkan dengan rasa yang luar biasa enaknya di sini!

Restaurant Sarang Oci

Foto Restaurant Sarang Oci
Foto Restaurant Sarang Oci

Roa Manadonese Food

Foto Roa Manadonese Food
Foto Roa Manadonese Food
Foto Roa Manadonese Food

Ikan Bakar Cianjur

Foto Ikan Bakar Cianjur
Foto Ikan Bakar Cianjur
Foto Ikan Bakar Cianjur

Pempek Palembang Asli Chandra

Foto Pempek Palembang Asli Chandra
Foto Pempek Palembang Asli Chandra
Foto Pempek Palembang Asli Chandra

Jamuan Samudra

Foto Jamuan Samudra
Foto Jamuan Samudra

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?