Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Kuliner Khas Korea dan Mitos Saat Menyantapnya

List Artikel
15 Juni 2023 | 0 Komentar

Kuliner Korea menjadi salah satu kuliner yang sangat populer di Indonesia. Salah satu faktornya ialah karena banyaknya penggemar K-Drama dan K-Pop di Indonesia. Hal ini membuat kuliner Korea banyak dicari untuk dicoba dan dicicip langsung. Tak berbeda jauh dengan kuliner Indonesia, kuliner khas Korea ternyata juga memiliki mitos-mitos yang berlaku di dalamnya. Misalkan saja jika kamu memakan kuliner A maka akan mendapatkan keberuntungan atau akan panjang umur. Mitos-mitos tersebut sebenarnya sudah lama ada dan diturunkan secara turun-temurun dari nenek moyang hingga sekarang. Dari banyaknya kuliner khas Korea, ada beberapa yang memiliki mitos-mitos yang menarik untuk dibahas. Apa saja itu?

 

1. Janchi Guksu



Sumber: koreanbapsang.com


Kuliner khas Korea yang pertama adalah janchi guksu. Jika menyantap kuliner ini pada saat hari pernikahan, konon katanya pernikahannya akan diliputi dengan keberuntungan. Hal ini dikarenakan janchi guksu dipercaya bisa membawa keberuntungan bagi pasangan suami istri yang menikah. Janchi guksu adalah mie khas Korea yang dibuat dari bahan dasar bihun yang diberi siraman kaldu dan diberi topping kimchi, irisan mentimun, irisan telur dadar, dan rumput laut.

 

2. Miyeok Guk



Sumber: seriouseats.com


Kuliner khas Korea yang satu ini pasti sudah banyak dikenal oleh pecinta makanan Korea. Miyeok guk adalah sup rumput laut. Sup rumput laut sendiri selalu disajikan pada saat hari ulang tahun untuk memperingati hari kelahiran. Dengan menyantap rumput laut, tandanya kita telah menghormati ibu yang telah melahirkan. Santapan rumput laut juga dipercaya bisa membawa keselamatan selama satu tahun ke depan.


3. Japchae



Sumber: pergikuliner.com


Tidak hanya miyeok guk, pada saat hari kelahiran juga ada menu japchae yang disajikan. Menyajikan japchae pada saat ulang tahun bertujuan agar kita panjang umur. Japchae merupakan bihun yang ditumis bersama dengan kecap asin dan aneka bumbu rempah lainnya. Selain bihun, ada juga campuran sayuran seperti wortel, jamur, daun bawang, hingga irisan daging yang sudah dibumbui.  

 

4. Yeot



Sumber: wikimedia.org


Selanjutnya, ada yeot yang sangat dikenal sebagai kuliner yang wajib disantap saat akan ujian sekolah. Yeot merupakan camilan yang terbuat dari bahan dasar beras, jagung, dan kentang lalu dimasak dengan campuran gula sehingga dicetak dan dibentuk persegi. Masyakarat Korea lebih mengenal camilan ini sebagai permen pembawa keberuntungan. Ini dikarenakan yeot dipercaya bisa membawa keberuntungan bagi orang yang menyantapnya sebelum menjalani ujian.

 

5. Tahu Putih



Sumber: tallypress.com


Selanjutnya, ada tahu putih yang selalu diberikan kepada orang yang baru dibebaskan dari tahanan atau penjara. Tradisi ini pastinya sudah banyak ditunjukkan di drama-drama Korea. Tahu putih dipercaya sebagai penanda awal yang baru sehingga menjadi makanan yang wajib disantap pada saat keluar dari tahanan. Uniknya, tahu putih yang dikonsumsi adalah tahu putih utuh alias belum diolah menjadi kuliner apapun.

 

6. Tteok guk



Sumber: sidechef.com


Tteok guk juga kerap kali dijumpai pada drama Korea sebagai makanan yang disantap saat pergantian tahun. Tteok guk adalah sup yang terbuat dari kue beras atau tteok yang nantinya dimasak dengan kuah kaldu dan irisan daging. Nantinya, ttekok guk akan disajikan bersama dengan irisan telur dadar dan irisan daun bawang. Menyantap tteok guk pada saat tahun baru dipercaya bisa membawa keberuntungan bagi siapa saja yang menyantapnya.

 

7. Yukgaejang



Sumber: hips.heatsapps.com


Kuliner khas Korea yang terakhir adalah yukgaejang. Kuliner ini memiliki tampilan yang merah agak kecoklatan. Yukgaejang menjadi kuliner yang wajib disajikan pada saat upacara kematian atau pada saat ada orang yang meninggal. Yukgaejang akan disajikan kepada para tamu atau orang yang melayat. Kuliner ini memiliki mitos kalau menyantapnya pada saat upacara kematian, maka orang yang meninggal akan merasa dihormati.

 

Itulah beberapa kuliner khas Korea dan mitos saat menyantapnya. Apakah kamu pernah mencicip salah satu kuliner tersebut? Nah, buat para penggemar kuliner Korea, di bawah ini ada beberapa rekomendasi restoran Korea dengan pilihan menu makanan yang enak.

88 Korean Kitchen

Foto 88 Korean Kitchen
Foto 88 Korean Kitchen
Foto 88 Korean Kitchen

Gamagol Korean BBQ & Grill

Foto Gamagol Korean BBQ & Grill
Foto Gamagol Korean BBQ & Grill
Foto Gamagol Korean BBQ & Grill

Noodle King

Foto Noodle King
Foto Noodle King
Foto Noodle King

Samwon House

Foto Samwon House
Foto Samwon House
Foto Samwon House

Magal Korean BBQ

Foto Magal Korean BBQ
Foto Magal Korean BBQ
Foto Magal Korean BBQ

Penulis: Merna Arini
Editor: Deva Norita


Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?