Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Menguak Mitos-mitos Tentang Kuliner untuk Ibu Hamil

List Artikel
3 April 2018 | 0 Komentar

Ketika hamil, tidak semua makanan dan minuman bisa kamu santap sesuka hatimu. Ada banyak pantangan-pantangan yang dilarang oleh dokter karena jika salah makan akan berakibat buruk pada ibu hamil dan juga janin dalam kandungan. Hal inilah yang memicu banyaknya mitos-mitos beredar di masyarakat tentang makanan dan minuman bagi ibu hamil. Sebagai seorang pecinta kuliner, jika kamu tidak menyaring informasi ini dengan benar, maka bisa-bisa kamu akan merasa tersiksa karena tidak bisa menyantap apa yang kamu inginkan. Oleh karena itu, Pergi Kuliner akan mengungkap fakta di balik mitos-mitos kuliner untuk ibu hamil yang selama ini beredar, yaitu:

 

1. Buah Nanas dan Durian Bisa Menyebabkan Keguguran


Sumber: pergikuliner.com


Kamu pastinya sudah sering mendengar tentang mitos yang mengatakan kalau buah nanas dan durian tidak boleh dimakan oleh ibu hamil karena bisa menyebabkan keguguran. Nanas dan durian merupakan buah yang bisa membantu proses persalinan agar lancar karena bisa melunakkan leher rahim dan memicu kontraksi sehingga tidak disarankan untuk dikonsumsi ketika sedang hamil muda alias usia kandungan masih dini. Tapi ketika usia kandungan sudah memasuki trimester kedua atau di atas 5 bulan, kamu bisa menyantapnya tapi dengan porsi yang terbatas.

 

2. Daging Merah  Setengah Matang Bisa Mempengaruhi Kesehatan


Sumber: pergikuliner.com


Mitos kedua adalah daging merah yang dimasak setengah matang alias medium rare bisa mempengaruhi kesehatan ibu dan juga janin di dalam kandungan. Daging merah yang tidak dimasak dengan matang memang ternyata bisa menyebabkan toksoplasmosis. Toksoplasmosis ini adalah parasit yang bisa menyebabkan keguguran hingga komplikasi kehamilan lainnya. Jadi untuk menghindari hal tersebut, alangkah baiknya jika kamu hanya menyantap daging merah yang sudah matang agar bakteri dan parasit di dalamnya sudah mati.

 

3. Menyantap Sushi dan Sashimi Bisa Berbahaya Bagi Ibu Hamil dan Janin



Sumber : pergikuliner.com


Tak hanya daging merah saja yang bisa mempengaruhi kesehatan ibu hamil, tapi juga ikan mentah yang sering terdapat dalam sajian sushi dan sashimi. Bagi orang yang sedang hamil, mengkonsumsi makanan yang tidak steril bisa berbahaya karena kita tidak akan tahu kalau ternyata masih ada bakteri atau mikroba di dalamnya. Sushi dan sashimi yang terbuat dari ikan mentah ini bisa mengandung merkuri di dalamnya jika tidak diolah dengan benar. Jadi selama hamil, kamu harus ekstra hati-hati menyantapnya. Lihat terlebih dahulu tingkat kebersihan dapur tempat makan tersebut dan cara mengolahnya.  

 

4. Kopi Bisa Berdampak Buruk Bagi Janin


Sumber: pergikuliner.com


Ada banyak orang yang mengatakan kalau saat hamil tidak boleh minum kopi. Sebenarnya minum kopi boleh-boleh saja asalkan tidak boleh terlalu banyak. Kamu disarankan untuk tidak mengonsumsi kopi melebihi 200 mg per harinya karena jika berlebihan maka kandungan kafein dalam kopi bisa menyebabkan pertumbuhan janin dalam kandungan menjadi terganggu. Tak hanya kopi saja, kandungan kafein pada teh herbal juga harus diwaspadai. Jadi jangan meminumnya secara berlebihan.

 

5. Cokelat Bisa Memicu Rasa Senang Pada Janin dalam Kandungan



Sumber : pergikuliner.com


Memang ada-ada saja mitos ibu hamil. Kali ini ada mitos tentang cokelat yang katanya bisa memicu rasa senang pada bayi dalam kandungan. Memang terdengar agak aneh, tapi nyatanya mitos ini ada benarnya juga. Seperti yang kamu ketahui kalau cokelat bisa menimbulkan perasaan bahagia karena adanya kandungan serotonin yang bisa memicu rasa bahagia. Jika ibu hamil bahagia, maka otomatis janin dalam kandungan juga bisa merasakan perasaan bahagia tersebut.


Nah! Itu dia beberapa mitos tentang kuliner untuk ibu hamil konsumsi. Sekarang, waktunya kamu cobain aneka kuliner di atas di tempat-tempat ini yuk!

Pipiltin Cocoa

Foto Pipiltin Cocoa
Foto Pipiltin Cocoa

Cyclo Coffee & Apparel

Foto Cyclo Coffee & Apparel
Foto Cyclo Coffee & Apparel
Foto Cyclo Coffee & Apparel

Sushi Hiro

Foto Sushi Hiro
Foto Sushi Hiro
Foto Sushi Hiro

Akasaka Japanese Steak & Ice Cream

Foto Akasaka Japanese Steak & Ice Cream
Foto Akasaka Japanese Steak & Ice Cream
Foto Akasaka Japanese Steak & Ice Cream

Suan Thai

Foto Suan Thai

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?