7 Kuliner Seafood Terenak di Dunia, Pempek Masuk Daftar Juga Lho!

5 Mei 2023 | 0 Komentar
Olahan laut atau yang dikenal dengan sebutan seafood merupakan salah satu kuliner yang memiliki banyak penggemar di seluruh dunia. Olahan laut ini bisa berupa ikan laut, udang, kepiting, kerang, hingga cumi-cumi. Kuliner seafood tidak boleh dimasak lama-lama supaya teksturnya tetap kenyal dan lembut. Kuliner seafood bisa dimasak dengan metode apapun, mulai dari dibakar, direbus, dikukus, dipanggang, hingga ditumis dengan beragam saus dan bumbu rempah yang bisa membuat aroma dan rasanya menjadi lebih enak. Ada banyak sekali olahan seafood di dunia yang bisa kamu jumpai. Menurut situs TasteAtlas yang menjadi panduan online perjalanan untuk makanan tradisional di dunia, ada tujuh kuliner seafood terenak di dunia yang rasanya tidak terlupakan. Apa saja itu?

1. Ameijoas a Bulhao Pato


Sumber: teleculinaria.pt

Ameijoas a Bulhao Pato menjadi salah satu kuliner seafood terenak di dunia yang asalnya dari Portugal. Kuliner ini sangat mudah dibuat dan bahan-bahannya juga sangat simpel. Ameijoas a Bulhao Pato dibuat dari bahan dasar kerang yang ditumis bersama dengan minyak zaitun, irisan daun cilantro, bawang putih cincang, garam, dan lada. Meski dibuat dari bahan yang sederhana, rasa dari kuliner ini uniknya sangat enak karena dibuat dengan menggunakan teknik khusus seperti panas api yang rendah.

2. Gambas Al Ajillo


Sumber: foodandwine.com

Sebagian orang pastinya sudah familier dengan kuliner seafood asal Spanyol yang satu ini. Gambas Al Ajillo sangat populer dan menjadi kuliner yang paling banyak dipesan di restoran Spanyol. Gambas Al Ajillo dibuat dari bahan dasar udang yang dimasak dengan bawang putih iris dalam jumlah banyak, minyak zaitun, cabai kering yang sudah dipotong-potong, air lemon, dan sedikit garam. Tak butuh waktu lama untuk memasaknya karena udang adalah jenis seafood yang relatif cepat matang. Biasanya, Gambas Al Ajillo disajikan bersama dengan roti panggang untuk menyeimbangkan rasa dan tekstur agar lebih nikmat.

3. Ceviche Mixto


Sumber: tasteatlas.com

Selanjutnya kita beralih ke negara Peru yang memiliki kuliner seafood bernama Ceviche Mixto. Kuliner seafood terenak di dunia ini dibuat dari bahan dasar daging ikan dan udang yang dimarinasi dengan menggunakan perasan jeruk limau. Kemudian dicampurkan dengan irisan cabai rawit, bawang putih, dan bawang bombay. Proses marinasi ini dilakukan mulai dari 30 sampai 60 menit lamanya. Kuliner seafood terenak di dunia ini memiliki ciri khas rasa yang asam dan sedikit pedas sehingga menyegarkan.

4. Pempek


Sumber: pergikuliner.com

Pempek yang merupakan kuliner khas Indonesia ternyata masuk dalam jajaran kuliner seafood terenak di dunia versi TasteAtlas. Pempek berasal dari Palembang dan dibuat dari bahan dasar ikan tenggiri yang dihaluskan lalu dicampur dengan tepung tapioka dan direbus hingga matang. Untuk penyajiannya, pempek akan digoreng hingga garing terlebih dahulu baru dipotong-potong dan disajikan bersama dengan kuah cuko, irisan mentimun, dan mie kuning. 

5. Sushi Maguro Nigiri


Sumber: tasteatlas.com

Membicarakan kuliner seafood terenak di dunia tentu tak lepas dari kuliner Jepang yakni sushi.  Ada banyak jenis sushi, tapi yang masuk dalam jajaran kuliner seafood terenak di dunia adalah Sushi Maguro Nigiri. Sushi ini dibuat dari bahan dasar nasi yang di atasnya diberi irisan tuna segar. Untuk menyantapnya, kamu bisa menambahkan wasabi di atasnya sehingga ada sedikit rasa pedas.

6. Sushi Otoro Nigiri


Sumber: thejapanesebar.com

Selain Sushi Maguro Nigiri, ada varian sushi lainnya yakni Sushi Otoro Nigiri yang juga masuk dalam daftar kuliner seafood terenak di dunia yang juga wajib kamu coba. Sushi Otoro Nigiri dibuat dari bahan dasar yang sama dengan Sushi Maguro Nigiri, yakni nasi dan ikan. Hanya saja, jenis ikan yang digunakan adalah ikan otoro yang termasuk dalam jenis tuna berlemak. Rasa dari ikan otoro lebih lembut dan creamy dibandingkan dengan ikan tuna biasa. Dan tekstur dagingnya sangat empuk dan lembut di mulut.

7. Conchitas A La Parmesana


Sumber: perupacific.com

Kuliner seafood terenak di dunia yang terakhir adalah Conchitas a la Parmesana yang berasal dari Peru. Kuliner ini dibuat dari bahan dasar kerang segar yang dibelah dan bagian atasnya diberi perasan lemon, mentega, dan taburan keju parmesan. Kuliner seafood terenak di dunia ini termasuk dalam jenis hidangan pembuka yang disantap sebelum makan besar karena bisa disantap dalam sekali lahap.  

Itulah kuliner seafood terenak di dunia versi TasteAtlas. Kalau kamu sendiri, hidangan mana sajakah dari daftar olahan seafood terenak di dunia tersebut yang sudah pernah kamu coba? Buat kamu yang suka olahan seafood, di bawah ini ada rekomendasi tempat yang bisa kamu datangi!

Haiseafood

Cabe Ijo Live Seafood

Sentosa Seafood

Pesisir Seafood

Layar Seafood


Topik artikel ini: