Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Kenalan Dengan Sandwich, Si Roti Isi Favorit Orang Di Dunia

List Artikel
2 Mei 2021 | 0 Komentar

Sandwich menjadi salah satu kuliner barat yang keberadaannya di Indonesia sangat populer. Apalagi belakangan ini kita bisa menjumpai aneka sandwich kekinian yang viral di berbagai media sosial. Sandwich adalah kuliner yang terbuat dari bahan dasar roti, bisa berupa roti gandum, roti tawar, maupun jenis roti lainnya. Untuk membuatnya kamu membuatnya, kamu membutuhkan dua lembar roti yang nantinya akan diberi beragam isian pada bagian tengahnya. Isiannya juga bisa beragam, mulai dari smoked beef, bacon, dada ayam panggang, telur, daun selada, keju, tomat, dan lain sebagainya. Berhubung dalam sandwich terdapat kandungan nutrisi yang lengkap seperti ada karbohidrat, protein, dan seratnya, maka sajian ini masuk dalam jajaran kuliner yang menyehatkan. Sandwich seringkali disantap sebagai menu sarapan atau bekal makan siang karena dinilai praktis sehingga mudah disantap. Terlepas dari kepraktisannya, kamu tahu tidak bagaimana asal usul sandwich? Jika kita melirik asal usul sandwich, kuliner ini ternyata punya sejarah yang unik loh. Coba kita lihat perjalanan dari asal usul sandwich di bawah ini!

 


Sumber: pergikuliner.com


Sudah Ada Sejak Abad ke-17

Asal usul sandwich ini menurut pendapat banyak orang sebenarnya terbagi menjadi dua karena ada yang mengira asalnya dari Amerika dan ada yang mengira asalnya dari Inggris. Tapi sebenarnya sandwich ini asalnya dari Inggris. Hal ini tercatat dalam sejarah kalau ternyata sandwich muncul pertama kali atau dibuat pertama kali pada abad ke-17, tepatnya tahun 1762. Penemu pertamanya bukanlah koki atau juru masak, melainkan seorang kepala angkatan laut Inggris yang bernama John Montague yang bergelar Earl of Sandwich IV.


Diciptakan Secara Tak Sengaja

Tahukah kamu kalau ternyata penemuan sandwich ini tanpa disengaja. Jadi, John Montague pada masa itu sering sekali berjudi sehingga ia jarang sekali pulang ke rumah untuk makan. Hobi berjudinya ini juga membuatnya enggan bergerak dari tempat duduknya dan menghentikan perjudian untuk menyantap makanannya menggunakan peralatan makan. Akibatnya, ia pun meminta pelayan pribadinya untuk membawakan irisan daging yang dilapisi dengan dua buah roti atau dua lembar roti. Dengan begitu, John bisa menyantapnya dengan mudah dan bisa mendapatkan nutrisi yang tepat untuk tubuh karena ada kandungan karbohidrat dan protein lengkap di dalamnya. Dari sinilah sandwich mulai dikenal oleh orang-orang sebagai bekal yang sangat praktis.



Sumber: Pergikuliner.com


Pemilihan Nama Sandwich

Asal usul sandwich di atas juga mempengaruhi pemilihan nama sandwich. Berhubung yang menemukan kuliner sandwich pertama kali adalah John Montagu, maka untuk menghormatinya, diambillah nama gelar John yakni sandwich dari kata 4th Earl of Sandwich. Meski asalnya bernama sandwich, tapi uniknya kuliner ini juga punya nama-nama yang berbeda di beberapa negara. Hal ini dikarenakan jenis roti yang digunakan berbeda. Misalkan saja di Vietnam, sandwich dijuluki dengan nama banh mi dan dibuat dari jenis roti baguette. Di Indonesia sendiri, nama sandwich tetap dipertahankan dan belakangan ini ada banyak inovasi sandwich yang kita kenal dengan nama sandwich toast atau dipanggang sehingga aromanya lebih wangi dan rasanya jadi lebih enak.

 

Konsumsi Sandwich Terbesar Ada di Dua Negara Ini

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, sandwich ini sering diperdebatkan berasal dari dua negara yakni Amerika dan Inggris. Hal ini dikarenakan Amerika dan Inggris merupakan dua negara yang mengonsumsi sandwich terbanyak di dunia. Di posisi pertama ada Amerika lalu disusul oleh Inggris. Masyarakat Amerika mengonsumsi sekitar 300 juta sandwich per harinya. Sementara masyarakat Inggris sekitar 31 juta sandwich per harinya. Jadi tak heran kalau Amerika seringkali dikenal sebagai negara asal sandwich.

 

Sekarang kamu sudah tahu bukan, bagaimana asal usul sandwich yang ternyata tercipta karena ketidaksengajaan. Buat kamu yang ingin menyantap sandwich sebagai menu sarapan atau bekal makan siang, mampir saja ke salah satu gerai sandwich kekinian yang ada di bawah ini!

Cash Cash Sandwich

Foto Cash Cash Sandwich
Foto Cash Cash Sandwich
Foto Cash Cash Sandwich

Jiwa Toast

Foto Jiwa Toast
Foto Jiwa Toast
Foto Jiwa Toast

SandShack

Foto SandShack
Foto SandShack
Foto SandShack

Denny's

Foto Denny's
Foto Denny's
Foto Denny's

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?