7 Makanan Kaya Kalsium Jika Kamu Tidak Suka Susu

16 November 2015 | 0 Komentar

Empat sehat lima sempurna. Slogan kesehatan itu selalu ada saat kita membicarakan mengenai kesehatan dan makanan. Susu hadir sebagai pelengkap empat sehat lima sempurna. Susu memiliki banyak kandungan gizi yang dibutuhkan bagi tubuh, mulai dari anak-anak hingga manula. Dalam segelas susu, kamu bisa menemukan kandungan vitamin D, protein, dan lemak. Segelas susu juga mengandung 30% kebutuhan kalsium harian kamu. Jadi, wajar saja kalau susu disebut sebagai salah satu sumber nutrisi paling penting bagi tubuh kita.

 

Tapi tidak semua orang suka minum susu. Bahkan ada juga orang yang alergi susu atau lactose intolerant. Padahal, kebutuhan kalsium harian orang dewasa rata-rata adalah 1000 mg per hari. Tanpa adanya kalsium yang mencukupi, kamu akan kehilangan zat pembentuk tulang, pelancar peredaran darah, dan pelentur otot.

 

Bagi kamu yang tidak suka susu, ada banyak makanan yang bisa menggantikan kandungan kalsium dan vitamin D dari susu. Intinya, jangan sampai kamu defisiensi kalsium gara-gara tidak mengkonsumsi susu. Pergi Kuliner punya enam makanan bernutrisi yang mampu menggantikan konsumsi susu harian kamu, yaitu:



1. Almond



Sumber: pergikuliner.com


Jenis kacang-kacangan ini selain kaya akan vitamin E, juga mengandung protein dan kalsium yang bisa menyamai susu. Dalam 30 gram kacang almond, terdapat 80 mg kalsium. Kacang almond yang baik adalah almond yang dipanggang tanpa menggunakan minyak. Sajian dengan kacang almond ini bisa kamu nikmati dalam bentuk es serut di Aree, Alam Sutera.


 

2. Brokoli



Sumber: pergikuliner.com


Tahukah kamu kalau dalam satu mangkuk kecil brokoli terdapat kandungan 62 mg kalsium. Perpaduan brokoli dan bawang putih bisa menambah khasiat kesehatan bagi tubuh kamu. Brokoli bisa dijadikan sup, tumisan, atau dijadikan paduan dalam pasta seperti yang ada di Toodz House, Fatmawati.



3. Ikan



Sumber: pergikuliner.com


Jenis makanan yang satu ini jangan ditanya lagi kadar gizinya. Ikan merupakan sumber kalsium, vitamin D, dan juga protein yang baik untuk tubuh. Ikan laut memiliki kandungan gizi lebih tinggi dibanding ikan air tawar. Dalam 50 gram ikan sarden, mengandung sekitar 150 mg kalsium. Mengolah ikan dengan cara dikukus atau ditim lebih sehat dibanding menggorengnya. Kamu bisa menikmati sajian Ikan Tim di Ikan Bakar Cianjur, Pecenongan.



4. Tahu



Sumber: pergikuliner.com


Meski harganya murah, tahu mengandung berbagai macam zat gizi yang beragam. Dalam 1 ons tahu susu atau tahu putih, terdapat sekitar 120 sampai 390 mg kalsium. Di Indonesia sendiri tahu bisa diolah menjadi beragam menu makanan yang lezat seperti Kupat Tahu yang ada di Kupat Tahu Magelang AA di Bintaro.



5. Sawi



Sumber: pergikuliner.com


Sawi, khususnya jenis pok choy merupakan sumber kalsium alternatif yang bisa kamu konsumsi. Dalam semangkuk kecil pok choy, kamu bisa mendapatkan sekitar 74 mg kalsium. Sawi mengandung serat yang tinggi serta rendah kalori sehingga membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Sawi banyak digunakan dalam masakan Tionghoa sebagai menu pilihan sayuran seperti dalam menu Kuetiaw Siram Seafood di  Eaton, Muara Karang.


 

6. Oatmeal



Sumber: pergikuliner.com


Oatmeal menjadi menu sarapan primadona yang kaya manfaat. Tak heran jika banyak ahli gizi yang menyarankan konsumsi oatmeal sebagai pengganti nasi maupun roti. Karbohidrat kompleks dan serat dalam oatmeal bisa membuat perutmu kenyang lebih lama. Selain itu, dalam semangkuk oatmeal, terdapat kurang lebih 100 mg kalsium. Jika kamu tidak suka memakan oatmeal begitu saja, kamu bisa mencoba olahan oatmeal dengan kepiting di Seroeni, Senayan.


 

7. Jeruk



Sumber: pergikuliner.com


Jeruk tidak hanya bisa menyegarkan dahaga kamu saat terik siang melanda. Mengkonsumsi jus jeruk ternyata dapat menguatkan tulangmu. Dalam segelas jus jeruk, terdapat 20 mg kalsium. Jika kamu mengkonsumsi jeruk setiap hari, kamu bisa terbebas dari penyakit ringan seperti flu karena jeruk banyak mengandung vitamin C. Jika tak mau repot mengkonsumsi jeruk, kamu bisa meminum jus jeruk seperti yang ada di Judas, Senopati. Kandungan kalsium dalam tiga gelas jus jeruk setara dengan satu butir jeruk besar.


 

Eaton Bakery

Kupat Tahu Magelang AA

Ikan Bakar Cianjur

Toodz House


Topik artikel ini: