Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Olahan Sosis yang Paling Digemari di Indonesia, Mana Favoritmu?

List Artikel
12 Mei 2023 | 0 Komentar

Sosis menjadi kuliner yang sangat disukai oleh masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan teksturnya yang kenyal tetapi tetap empuk saat dikunyah. Sosis memiliki tampilan yang unik karena berbentuk seperti silinder atau pipa panjang dengan ukuran diameter sekitar 3-5 cm dan panjang sekitar 10-15 cm. Bahan dasarnya adalah daging giling yang bisa berupa daging sapi, ayam, hingga babi. Beda bahan yang digunakan, maka berbeda pula rasa dan tesktur yang dihasilkan. Sosis sebenarnya bisa dimasak dengan cara digoreng atau dibakar begitu saja, tapi jika dijadikan aneka olahan lainnya, maka rasanya juga akan berbeda. Dari sekian banyak olahan sosis, ada tujuh yang paling digemari di Indonesia. Apa saja itu?


1. Roti Sosis



Sumber: atelierlalune.com


Olahan sosis yang paling digemari oleh masyarakat Indonesia adalah roti sosis. Kuliner ini bisa dengan mudah dijumpai di toko roti karena selalu menjadi menu favorit. Ada dua jenis roti sosis yang biasanya dijual di toko roti, yang pertama adalah yang berada di dalam roti, dan yang satu lagi dijadikan sebagai topping sehingga tampilan sosisnya terlihat dari luar. Roti sosis memiliki aroma yang wangi karena biasanya diberi taburan parsley.

 

2. Pizza Sosis



Sumber: salvaggiosdeli.us


Selain roti sosis, ada pizza sosis yang juga sangat digemari di Indonesia. Pizza sosis merupakan salah satu varian pizza yang menyajikan irisan sosis sebagai topping di bagian atas pizza. Perpaduan antara sosis dengan keju mozarella akan terasa sangat nikmat untuk disantap. Selain dijadikan sebagai topping, ada juga varian pizza yang menaruh sosis di bagian pinggiran sehingga memiliki tekstur yang lebih crunchy dibandingkan dengan tekstur sosis yang dijadikan topping.

 

3. Corndog



Sumber: pergikuliner.com


Olahan sosis yang selanjutnya adalah corn dog. Corn dog merupakan kuliner asal Korea yang sangat populer di Indonesia. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya gerai corn dog yang bisa dijumpai di beberapa pusat perbelanjaan di kota-kota besar di Indonesia. Corn dog merupakan kuliner yang dibuat dari bahan dasar sosis dan roti. Cara membuatnya ialah sosis akan ditusuk dengan tusukan sate, lalu dibalur adonan roti dan tepung roti, kemudian digoreng hingga matang keemasan.  

 

4. Sosis Gulung Mie



Sumber: masakapahariini.com


Sosis gulung mie sangat disukai anak-anak sehingga sering dijadikan sebagai camilan. Bentuknya sangat unik dengan tekstur garing pada bagian luar dan kenyal pada bagian dalamnya. Untuk membuatnya, sosis digulung dengan menggunakan mie kuning yang sudah direbus. Setelah digulung rapi, maka adonan akan digoreng hingga warnanya keemasan.

 

5. Telur Gulung Sosis



Sumber: rasabunda.com


Selanjutnya, ada telur gulung sosis yang sangat cocok untuk dijadikan sebagai camilan. Kuliner ini banyak dijumpai di sebelah gerbang sekolah karena termasuk dalam jajanan kaki lima atau jajanan gerobak. Telur gulung sosis dibuat dari bahan dasar sosis yang ditusuk dengan tusukan sate lalu dibalur dengan telur yang sedang digoreng. Setelah matang, telur gulung sosis akan disajikan dengan siraman saus sambal dan mayones.

 

6. Tahu Fantasi



Sumber: resepmamiku.com


Buat yang sering menyantap snack box pastinya pernah mencicip camilan yang juga bisa menjadi lauk pauk untuk disantap bersama nasi. Jika dijadikan camilan, biasanya akan ada tambahan cabai rawit hijau yang menjadi pendampingnya. Tahu fantasi dibuat dari bahan dasar tahu putih yang dihaluskan lalu dibumbui dan diberi bahan tambahan lainnya seperti soun, parutan wortel, dan irisan daun bawang. Setelah adonan dibentuk dengan cetakan, masukkan sosis sebagai topping lalu dikukus sebelum akhirnya digoreng hingga kecokelatan.

 

7. Sosis Tumis Asam Manis



Sumber: resepkoki.id


Olahan sosis yang paling digemari di Indonesia yang terakhir adalah sosis tumis asam manis. Kuliner ini sangat sering dijadikan sebagai lauk pauk untuk disantap bersama dengan nasi putih hangat. Sosis tumis asam manis dibuat dengan cara membelah sosis menjadi bentuk bunga lalu ditumis bersama dengan bawang bombay, bawang putih, saus tomat, garam, dan gula. Tampilan dari sosis tumis asam manis sangat lucu karena bentuknya yang merekah seperti bunga.

 

Wah, ternyata ada banyak olahan sosis yang digemari masyarakat Indonesia. Dari ketujuhnya, manakah yang paling kamu suka? Buat kamu yang suka menyantap berbagai olahan sosis, di bawah ini ada tempat makan yang menjual sosis enak, yuk mampir dan cobain!

Cimory Riverside

Foto Cimory Riverside
Foto Cimory Riverside
Foto Cimory Riverside

Frankfurter Hotdog and Steak

Foto Frankfurter Hotdog and Steak
Foto Frankfurter Hotdog and Steak
Foto Frankfurter Hotdog and Steak

Paulaner Brauhaus

Foto Paulaner Brauhaus
Foto Paulaner Brauhaus
Foto Paulaner Brauhaus

Hotdog Boy

Foto Hotdog Boy
Foto Hotdog Boy
Foto Hotdog Boy

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?