Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Jenis Gorengan yang Sering Hadir dalam Snack Platter

List Artikel
17 Februari 2024 | 0 Komentar

Gorengan bagi masyarakat Indonesia sudah bukan merupakan hal yang asing lagi. Gorengan adalah sebutan untuk kuliner camilan yang dimasak dengan cara digoreng. Masyarakat Indonesia sangat menyukai gorengan karena teksturnya yang sangat garing dan renyah. Tekstur inilah yang terkadang bisa meningkatkan nafsu makan seseorang. Tidak hanya disantap sebagai camilan, gorengan juga kerap kali disantap sebagai lauk-pauk pendamping nasi. Tak jauh berbeda dengan Indonesia, di negara-negara Barat, gorengan juga sering dijadikan camilan saat sedang bersantai dan berkumpul bersama teman. Kuliner gorengan dalam praktik negara-negara Barat ini kerap kali disajikan sebagai snack platter.



Sumber: 312food.com


Snack platter adalah sebuah hidangan yang terdiri dari berbagai macam gorengan atau camilan yang disusun secara estetis atau menarik di atas satu piring atau loyang besar. Biasanya, snack platter disajikan untuk dinikmati bersama-sama saat acara-acara perkumpulan, pertemuan, atau pesta. Tujuan dari snack platter adalah untuk menyajikan variasi camilan yang memenuhi berbagai selera dan memberikan pengalaman makan yang menyenangkan bagi para penikmatnya. Nah, apa saja sih jenis gorengan yang sering hadir dalam snack platter? Yuk, simak pembahasannya di bawah ini!

 

1. Kentang Goreng



Sumber: pergikuliner.com


Jenis gorengan pertama yang sering hadir dalam snack platter adalah kentang goreng. Gorengan ini merupakan salah satu jenis gorengan kesukaan sejuta umat karena memang hampir setiap orang menyukainya, baik itu anak-anak hingga orang dewasa. Kentang goreng dibuat dari bahan dasar kentang yang sudah dikupas lalu dipotong kotak memanjang, kemudian direndam dalam air garam sebelum akhirnya digoreng di dalam minyak panas. Selain berbentuk potongan lurus, aja juga jenis kentang goreng yang berbentuk potongan panjang keriting.

 

2. Onion Ring



Sumber: pergikuliner.com


Onion ring atau bawang bombay goreng juga merupakan jenis gorengan yang sering hadir dalam snack platter. Disebut onion ring karena bawang bombay diiris menyerupai cincin sehingga lebih mudah untuk diolah. Setelah diiris-iris, bawang bombay dibalur dengan adonan tepung lalu digoreng hingga renyah. Aroma dari onion ring sangat wangi dengan tekstur yang garing di luar tapi lembut di dalam.

 

3. Calamari Ring



Sumber: detik.net.id


Selanjutnya, ada calamari ring yang menjadi gorengan bergizi kesukaan banyak orang. Calamari ring adalah cumi goreng tepung yang identik dengan tekstur garing di bagian luar dan kenyal di bagian dalamnya. Jenis cumi yang digunakan adalah cumi basah yang dipotong bulat-bulat lalu dibalur dengan adonan tepung terigu, kemudian digoreng hingga matang dan bagian luarnya keemasan. Calamari ring sering kali salah dikenali sebagai onion ring karena sama-sama berbentuk cincin. Untuk mengetahui perbedaannya, calamari ring memiliki bentuk yang agak tebal dan tekstur kenyal di dalamnya, berbeda dengan onion ring yang bentuknya lebih tipis dengan tekstur empuk di dalamnya.

 

4. Jamur Goreng



Sumber: pergikuliner.com


Jamur goreng sering disajikan sebagai camilan yang bisa disantap saat sedang berkumpul dan mengobrol santai bersama teman-teman. Jamur goreng biasanya dibuat dari jenis jamur tiram, jamur merang, hingga jamur enoki. Untuk membuatnya, jamur yang sudah dibalur dengan adonan tepung terigu akan digoreng dalam minyak panas hingga garing. Tekstur jamur goreng ini agak mirip dengan cumi goreng karena bagian luarnya garing sementara bagian dalamnya cenderung agak kenyal tapi tetap lembut. Jamur goreng akan lebih nikmat jika disantap dengan saus sambal atau saus tomat. Tidak hanya cocok sebagai sajian snack platter, jamur goreng juga enak dijadikan sebagai lauk-pauk yang disantap dengan nasi putih hangat.

 

5. Sosis Goreng



Sumber: spicetheplate.com


Jenis gorengan terakhir yang sering hadir dalam snack platter adalah sosis goreng. Dibanding keempat gorengan di atas, sosis goreng memang yang paling jarang muncul. Sosis goreng dibuat dari bahan dasar daging giling, bisa berupa daging ayam, sapi, hingga babi. Tekstur dari sosis goreng cenderung kenyal dan lembut dengan rasa yang gurih. Biasanya untuk disajikan dalam snack platter, sosis goreng dipotong-potong terlebih dulu dengan ukuran panjang sekitar 4-5 cm lalu digoreng hingga matang. Sosis goreng juga sangat cocok dicocol saus sambal atau mayones agar lebih nikmat saat disantap.

 

Itulah beberapa jenis gorengan yang sering hadir dalam snack platter. Selain kelima kuliner tersebut, kira-kira masih ada lagikah jenis gorengan yang sering hadir dalam snack platter? Buat yang suka menyantap gorengan, di bawah ini ada beberapa rekomendasi tempat dengan aneka kuliner gorengan yang menggiurkan. Yuk, mampir!

Third Wave Coffee Co

Foto Third Wave Coffee Co
Foto Third Wave Coffee Co
Foto Third Wave Coffee Co

Mei Pastel

Foto Mei Pastel
Foto Mei Pastel
Foto Mei Pastel

Pisang Goreng Madu Bu Nanik

Foto Pisang Goreng Madu Bu Nanik
Foto Pisang Goreng Madu Bu Nanik
Foto Pisang Goreng Madu Bu Nanik

Montato

Foto Montato
Foto Montato
Foto Montato

Niu Bao

Foto Niu Bao
Foto Niu Bao
Foto Niu Bao

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?