Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Sup Untuk Kesehatan Dari Berbagai Negara yang Lezat

List Artikel
18 Agustus 2021 | 2 Komentar

Indonesia memiliki beragam jenis sup yang biasanya dijadikan sebagai menu hidangan sehari-hari. Sup rumahan yang biasa dibuat antara lain sayur sop, sup daging, dan beberapa jenis sup bening lainnya. Selain menghangatkan perut, menyantap sup ternyata juga membawa dampak positif karena bahan sayuran dan daging di dalamnya sangat baik untuk kesehatan. Manfaatnya inilah yang membuat masakan sup tak hanya populer di Indonesia, melainkan juga di negara lain. Setiap negara umumnya punya resep olahan sup khasnya masing-masing. Jika kamu mulai bosan dengan menu sup rumah, tak ada salahnya nih untuk mencoba varian sup sehat dari berbagai negara lainnya. Tertarik mencoba? Berikut ini adalah 7 sup sehat dari berbagai negara yang bisa kamu coba di rumah!


1. Sup Kaki Kambing -  Indonesia



Sumber: Yoexplore.co.id


Sup kaki kambing punya rasa kuah yang gurih dan nikmat dengan tekstur kikil dari kaki kambing yang begitu kenyal. Terdapat dua jenis sup kaki kambing yakni sup kaki kambing berkuah santan dan sup kaki kambing berkuah bening. Sebaiknya pilih sup kaki kambing yang berkuah bening karena jumlah kalorinya lebih sedikit dibanding yang bersantan. Manfaat kikil kambing dalam sup ini diantaranya adalah mengandung kolagen untuk kesehatan kulit dan meningkatkan vitalitas pria. Selain itu, kandungan proteinnya juga tinggi yang berguna dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Namun, menyantap sup kaki kambing ini tetap harus berhati-hati. Jangan berlebihan karena makanan ini mengandung banyak lemak dan kolesterol tinggi.


2. Sup Kimlo - China



Sumber: Resep.titikdua.net


Bosan dengan sup ayam biasa? Cobalah sup kimlo yang lezat dari China ini. Sup kimlo memiliki kuah bening dengan isian yang terdiri dari ayam, bakso ikan, udang, sayuran, serta bunga sedap malam kering yang membuat sup ini cukup unik. Sup kimlo biasanya disertai juga dengan soun dan jamur. Sup kimlo tergolong sup sehat karena terdapat aneka sayuran bergizi dan asupan protein di dalamnya. Sup kimlo juga mengandung lemak lebih sedikit dibanding jenis sup lainnya. Khasiat sup kimlo untuk kesehatan diantaranya adalah sebagai sumber omega 3 yang baik untuk perkembangan otak, menjaga kesehatan mata karena terdapat kandungan vitamin A dari wortel, mencegah penyakit kanker dan anemia, serta berguna untuk meredakan pusing dan sakit kepala.


3. Sup Miso - Jepang



Sumber: Delish.com


Sup miso merupakan salah satu masakan sup kebanggaan Jepang yang berupa sup fermentasi kacang kedelai. Di jepang, masakan sup rumahan ini sangat populer dan disantap ketika musim dingin. Supaya semakin nikmat, sup miso biasanya dilengkapi juga dengan isian rumput laut hitam, tofu dan potongan daun bawang. Meski isian sup ini sederhana, namun sup miso tergolong sup sehat yang bermanfaat bagus untuk tubuh. Seporsi sup miso bisa menjauhkan tubuh dari berbagai macam penyakit. Beberapa manfaat sup miso antara lain berguna untuk menjaga kesehatan pencernaan, meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi resiko penyakit kanker, membantu meningkatkan memori dan menjaga kesehatan otak.


4. Tomyam Seafood - Thailand



Sumber: Pergikuliner.com


Tak jauh dari Indonesia, ternyata negara tetangga kita juga memiliki sup sehat andalan yang sudah mendunia. Tomyam adalah sup dari Thailand yang terbuat dari kaldu udang dengan isian seperti tahu putih, udang, ikan dan aneka bakso seafood yang lezat. Tak ketinggalan terdapat aneka sayuran juga di dalamnya seperti pokcoi, sawi, dan daun bawang. Untuk bumbunya, sup tomyam menggunakan berbagai bumbu dan rempah Asia sehingga menghasilkan kuah dengan rasa asam pedas yang nikmat. Manfaat konsumsi sup tomyam diantaranya berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh, memiliki efek anti inflamasi untuk meredakan peradangan, memelihara kesehatan usus besar dan sumber antioksidan bagi tubuh. Namun konsumsi tomyam seafood ini tetap harus dibatasi, terutama bagi pemilik kolesterol tinggi, karena makanan ini berisi banyak seafood yang tinggi kolesterol.


5. Sundubu Jjigae - Korea Selatan



Sumber: Pinterest.com


Penggemar K-Pop pasti sudah sering melihat sup yang satu ini di berbagai serial drama. Sundubu jjigae adalah sup khas Korea yang berbahan dasar tahu sutera. Maka dari itu, diberi nama sundubu jjigae yang artinya sup tahu halus. Selain tahu sutera, sundubu jjigae juga dilengkapi beragam bahan tambahan seperti telur, daging sapi, dan aneka seafood. Untuk kuahnya, sup ini menggunakan kaldu sapi yang dibumbui dengan kecap asin dan bumbu khas Korea. Cita rasa dari sup ini cenderung pedas, namun juga gurih dengan tekstur kuah yang sedikit pekat. Selain bermanfaat untuk penghangat perut, sup ini juga bagus untuk menu diet karena memiliki jumlah kalori yang rendah. Sup ini biasanya dinikmati dengan nasi dan kimchi juga. Benar-benar sumber vitamin dan bernutrisi lengkap!


6. Solyanka - Rusia



Sumber: Thepruceeats.com


Solyanka adalah sup kental khas Rusia yang dibuat dari kubis, acar timun, tomat, acar jamur, minyak zaitun dan perasan jeruk lemon. terdapat tiga jenis jenis solyanka yang populer yaitu meat solyanka dengan campuran daging ayam atau sapi, fish solyanka yang menggunakan campuran ikan salmon atau ikan sturgeon, dan mushroom solyanka bagi vegetarian. Meski ketiga sup ini memiliki bahan utama berbeda, namun bumbu dan resep kuah sup ini tetaplah sama yakni menggunakan kubis, acar timun, tomat, acar jamur, minyak zaitun dan perasan jeruk lemon dan sebagainya. Sup solyanka termasuk sup sehat yang mengandung kalori cukup rendah. Selain itu, bahan nabati dan hewani dalam sup ini juga bermanfaat untuk menjaga saluran pencernaan dan merupakan sumber vitamin yang baik untuk tubuh.


7. Creamy Carrot Soup - Inggris



Sumber: Foodandwine.com


Bagi vegetarian atau ingin memulai hidup sehat sangat pas jika mencoba creamy carrot soup khas Inggris ini. Pasalnya, sup berkuah kental ini memang sangat membantu dalam masalah kesehatan terutama untuk kesehatan mata karena berbahan utama wortel. Tak hanya itu, sup ini juga dilengkapi dengan campuran kentang, kerang biru, bawang putih dan kayu manis yang membuat kandungan nutrisinya semakin kompleks. Selain bagus untuk kesehatan mata, creamy carrot soup khas Inggris bisa juga dijadikan menu diet sehat. Kandungan wortel dalam sup ini juga bermanfaat dalam mencegah penyakit jantung, menjaga kesehatan dan kecantikan kulit, serta mengatasi masalah sembelit.


Itulah dia 7 sup untuk kesehatan dari berbagai negara yang pastinya lezat. Kalau Teman Kuliner, ingin coba sup daru negara mana nih?

Sop Sapi Gosyen

Foto Sop Sapi Gosyen
Foto Sop Sapi Gosyen
Foto Sop Sapi Gosyen

Tako Suki

Foto Tako Suki
Foto Tako Suki
Foto Tako Suki

SGD The Old Tofu House

Foto SGD The Old Tofu House
Foto SGD The Old Tofu House
Foto SGD The Old Tofu House

Topik artikel ini:
2 Komentar
[ ... ]
Foto user umum
bhmAPcgzfBi
lanemervyn63@gmail.com | 18 Aug 2021 pk. 10:37 AM
Foto user umum
lCtiQxLhzc
lanemervyn63@gmail.com | 18 Aug 2021 pk. 10:37 AM

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?