Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Topping Udon yang Paling Banyak Digemari, Rasanya Bikin Ketagihan!

List Artikel
20 Agustus 2023 | 0 Komentar

Udon merupakan kuliner khas Jepang yang namanya sudah mendunia. Tidak hanya di negara asalnya saja, udon juga bisa dengan mudah dijumpai di Indonesia. Kuliner ini memiliki ciri khas berbentuk mie yang berwarna putih tetapi lebih tebal dan lebar dari mie pada umumnya. Teksturnya cenderung lembut karena dibuat dari bahan dasar tepung terigu. Udon umumnya disajikan dengan kuah kaldu dan beragam topping. Penggunaan kaldu dan topping yang berbeda inilah yang bisa mengubah seluruh rasa dari udon dan pastinya varian dari udon tersebut. Ada beberapa jenis kaldu yang sangat populer untuk udon, yakni kuah dashi hingga kuah kari. Sedangkan untuk varian topping udon yang bisa kamu tambahkan, ada banyak varian yang bisa kamu pilih. Dari banyaknya varian, berikut ini tujuh varian topping udon yang paling digemari.

 

1. Beef Sukiyaki



Sumber: justonecookbook.com


Beef sukiyaki menjadi salah satu topping udon yang paling banyak digemari. Beef sukiyaki dibuat dari bahan dasar daging iris khusus yang nantinya ditumis dengan berbagai macam bumbu khas sukiyaki. Bumbu yang digunakan biasanya adalah kecap asin, arak Jepang, gula, dan lainnya. Rasa dari sukiyaki ini cenderung manis dan gurih. Tekstur dagingnya lebih juicy sehingga saat disantap dengan udon tidak akan terasa seret. Topping beef sukiyaki ini akan cocok jika diberi tambahan taburan irisan daun bawang.

 

2. Beef Teriyaki



Sumber: salu-salo.com


Topping udon kedua yang paling banyak digemari adalah beef teriyaki. Banyak orang yang keliru antara sukiyaki dan teriyaki. Beef teriyaki memiliki tampilan warna yang lebih gelap, sedangkan beef sukiyaki memiliki warna yang agak lebih terang. Selain itu, beef teriyaki juga menggunakan tambahan gula sehingga rasanya menjadi lebih manis. Berbeda dengan beef sukiyaki yang sering dijadikan topping udon berkuah, beef teriyaki justru lebih banyak dijumpai sebagai topping udon yang ditumis atau digoreng.

 

3. Chicken Katsu



Sumber: pergikuliner.com


Topping udon yang berikutnya adalah chicken katsu. Chicken katsu merupakan kuliner khas Jepang yang dibuat dari bahan dasar daging ayam filet, bisa berupa daging ayam bagian paha maupun dada. Chicken katsu dibuat dengan cara membalur daging ayam yang telah dibumbui dengan adonan tepung lalu digoreng hingga matang. Tekstur chicken katsu ini renyah di luar, tapi lembut di bagian dalamnya sehingga menjadi favorit banyak orang. Chicken katsu bisa disajikan begitu saja secara utuh ataupun dipotong-potong terlebih dahulu.

 

4. Onsen Tamago



Sumber: pergikuliner.com


Penggemar telur, khususnya telur setengah matang, pastinya selalu memesan onsen tamago sebagai topping udon. Onsen tamago merupakan sebutan untuk telur setengah matang yang dimasak dengan teknik khusus sehingga membuat teksturnya sangat lembut saat disantap. Beberapa orang ada yang suka mencampurkan onsen tamago ke dalam udon mereka dengan cara diaduk hingga menyatu dengan kuah udon. Namun, ada juga yang tidak mengaduknya sehingga hanya disantap dengan menggunakan mie udon saja.

 

5. Ajitama



Sumber: marugameudon.co.id


Masih dengan telur khas Jepang, ada ajitama yang merupakan sebutan untuk telur rebus setengah matang. Berbeda dengan onsen tamago yang bentuknya terlihat lembut, ajitama ini memiliki tampilan luar yang cenderung kokoh karena bagian yang setengah matang hanya kuning telurnya saja. Sementara bagian putihnya sudah agak matang. Selain itu, saat merebus telur untuk ajitama, cangkang tetap digunakan dan air rebusannya dibumbui dengan kecap asin, gula pasir, dashi, dan sebagainya. Dengan begitu, rasa dari ajitama ini menjadi lebih berbumbu.

 

6. Tempura



Sumber: instagram.com/donburi_ichiya


Tempura juga banyak digemari sebagai topping udon. Tidak hanya di Jepang saja, tapi di Indonesia juga banyak yang menyukai tempura sebagai topping udon ini. Tempura adalah salah satu jenis gorengan khas Jepang yang dibuat dari bahan dasar udang yang telah dikupas kulitnya lalu dibumbui dengan aneka bumbu dan dibalur adonan tepung lalu digoreng hingga matang dan renyah. Terkadang sisa remahan gorengan tepung ini juga digunakan sebagai topping udon untuk memperkuat tekstur sehingga ada campuran sensasi crunchy saat menyantap udon.

 

7. Nori



Sumber: myojosa.com


Berbicara tentang udon, rasanya tak akan lengkap tanpa adanya nori atau rumput laut. Dengan menambahkan nori sebagai topping udon, maka santapan udon milikmu akan memiliki rasa yang lebih gurih umami. Hal ini dikarenakan nori memiliki komponen glutamat alami yang memang bisa membuat masakan menjadi lebih lezat. Nori yang biasanya digunakan sebagai topping bisa berupa nori biasa atau nori yang sudah digoreng dengan adonan tepung.

 

Demikianlah 7 topping udon yang paling banyak digemari. Bagaimana menurutmu mengenai aneka topping udon yang ada di atas? Kamu lebih suka menambahkan topping yang mana saat menyantap udon? Buat kamu yang ingin mencicip udon dan kuliner khas Jepang lainnya, cek langsung saja rekomendasi tempatnya di bawah ini!

Marugame Udon

Foto Marugame Udon
Foto Marugame Udon
Foto Marugame Udon

Futago Ya

Foto Futago Ya
Foto Futago Ya
Foto Futago Ya

Kuma Ramen

Foto Kuma Ramen
Foto Kuma Ramen
Foto Kuma Ramen

Yoridori

Foto Yoridori
Foto Yoridori
Foto Yoridori

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?