Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

8 Ciri Khas Makanan Perancis yang Kelezatannya Mendunia

List Artikel
22 September 2021 | 0 Komentar

Ketika memikirkan negara Perancis, pasti hal pertama yang terlintas di benak kita adalah bangunan Menara Eiffel yang indah mempesona. Ada begitu banyak cerita romantis yang tersimpan dibalik keindahan bangunan tersebut. Selain itu, Perancis juga dijuluki sebagai pusat mode dunia, dimana banyak industri fashion ternama lahir disana. Namun, bukan sekedar tempat wisata romantis dan fashion saja yang dimiliki negara ini. Perancis juga menyimpan beragam kulinernya yang lezat, elegan dan menarik. Berkat rahasia bumbu masakan yang dimiliki, makanan khas Perancis berhasil mencuri hati para penikmat kuliner di seluruh dunia. Apa saja sih ciri khas makanan Perancis, sehingga kulinernya bisa mendunia? Inilah karakteristik dan ciri khas makanan Perancis!



Sumber: Adotrip.com


1. Cita Rasa yang Berat

Bicara soal makanan Perancis, negara yang terletak di Benua Eropa ini memiliki ciri khas makanan tersendiri yang membuatnya berbeda dari negara lain. Ciri khas makanan Perancis memiliki cita rasa yang lebih berat dibandingkan makanan dari negara Eropa lainnya. Selain itu, makanan khas Perancis juga cenderung creamy, karena adanya penggunaan keju, butter atau krim di dalamnya. Makanan khas Perancis juga dihidangkan dengan berbagai jenis saus olahan yang membuatnya menjadi begitu creamy, seperti saus bechamel, saus hollandaise dan saus velouté.


2. Minim Penggunaan Rempah

Makanan Perancis sama seperti makanan Eropa lainnya yang tidak terlalu mengutamakan banyak bumbu dan rempah. Justru makanan Perancis lebih mengedepankan bahan-bahan yang segar. Selain itu, makanan Perancis lebih berfokus pada penggunaan daun herba dan minyak memasak untuk mempertajam aroma, serta penggunaan keju untuk memperkaya cita rasa masakan. Tak heran jika makanan Perancis cenderung lebih creamy dan heavy, karena penggunaan bahan-bahan tersebut.


3. Teknik Memasak yang Beragam

Bukan rahasia lagi, kalau teknik memasak khas Perancis sudah menjadi teknik dasar yang diikuti oleh banyak restoran di dunia. Tak heran, jika sedang menonton acara memasak atau belajar masakan Barat banyak ditemukan teknik memasak yang menggunakan istilah-istilah berbahasa Perancis. Teknik memasak ini diikuti oleh banyak restoran karena mampu membuat rasa masakan menjadi lebih lezat dan istimewa. Semua teknik memasak itu pun dibagi sesuai dengan porsinya masing-masing, supaya hidangan lebih cepat matang sempurna. Beberapa teknik memasak khas Perancis yang paling sering digunakan adalah flembeing, sautéing, braising dan poaching.


4. Wine Sebagai Bumbu Masakan

Perancis memang memiliki cara pengolahan yang unik dalam memasak makanan. Hal ini terbukti dari adanya penggunakan wine sebagai bahan masakan. Sebagian besar makanan khas Perancis pasti melibatkan wine atau anggur, saus, daging ayam dan butter. Wine dipilih sebagai penambah kenikmatan rasa dalam masakan. Selain itu, penggunaan wine kerap ditemukan juga dalam teknik memasak flambeing. Flambe merupakan teknik memasak dengan memasukkan api ke wajan atau teflon. Teknik memasak ini biasanya akan terjadi jika sang juru masak menuangkan alkohol seperti wine ke dalam wajan atau teflon panas. Sehingga mengeluarkan aroma dan rasa yang khas dari proses karamelisasi tersebut.


5. Tak Dapat Dipisahkan Dengan Keju

Masyarakat Perancis mengonsumsi keju lebih banyak dibandingkan negara-negara lainnya. Bahkan masyarakat Perancis bisa mengonsumsi hingga 20 kilogram per tahunnya. Perancis juga dikenal memproduksi berbagai jenis keju lokal sendiri. Terdapat lebih dari 400 jenis keju diproduksi di Perancis. Maka dari itu, masyarakat Perancis dapat dengan bangga mengatakan bahwa mereka bisa menyuguhkan keju yang berbeda setiap harinya. Produksi keju di Perancis dipengaruhi juga oleh kondisi geografis, iklim, tradisi dan hewan ternak. Maka dari itu, setiap kawasan biasanya memiliki keju olahannya masing-masing. Beberapa jenis keju yang paling populer diantaranya adalah keju camembert, brie dan roquefort.


6. Makanan Perancis Sangat Beragam

Makanan Perancis sangat beragam dan bervariasi, bahkan nyaris menyamai variasi makanan Cina. Hal ini disebabkan kebiasaan masyarakat Perancis yang gemar menyantap makanan lezat dengan cara penyajian yang menarik. Selain itu, keberagaman makanan Perancis juga disebabkan oleh kondisi iklim dan geografis yang memengaruhi produksi beberapa jenis makanan, serta sejarah Perancis yang panjang. Bahkan keberagaman makanan Perancis yang sudah menyatu dengan budayanya ini telah masuk dalam daftar warisan budaya non benda oleh UNESCO pada tahun 2010.


7. Penggunaan Herba yang Khas

Meskipun makanan Perancis itu minim akan penggunaan rempah-rempah, namun lain halnya dengan herba. Herba sendiri merupakan jenis tanaman berbatang lunak yang mengandung banyak air, namun tidak memiliki kayu. Supaya makanan Perancis bercita rasa kuat dan sedap, biasanya masyarakat Perancis membumbui lebih banyak daun herba ke dalam masakannya. Beberapa jenis herba yang paling sering digunakan dalam makanan Perancis adalah daun basil, bay, peterseli, thyme dan taragon.


8. Tak Lengkap Tanpa Alkohol

Orang-orang Perancis terbiasa menikmati hidangan dengan segelas minuman beralkohol. Apapun jenis makanannya tak lengkap rasanya jika tidak ditutup dengan alkohol. Namun alkohol yang biasa dikonsumsi masyarakat Perancis merupakan hasil produksi mereka sendiri. Minuman alkohol tersebut dibuat langsung di Perancis dan bahkan mereka juga mengekspornya ke luar negeri. Tak heran jika Perancis hingga dijuluki sebagai surganya bagi pecinta minuman beralkohol. Alkohol sendiri tak hanya menjadi minuman pendamping makanan, tetapi juga dimanfaatkan sebagai bumbu masakan. Beberapa merek yang terkenal yaitu Pinot Noir, Absinthe, Benedictine, Sauvignon Blanc, Pastis, dan masih banyak lagi.


Itulah dia beberapa ciri khas dari makanan Perancis yang autentik dan kelezatannya sudah diakui di dunia. Selain itu, makanan khas Perancis atau restoran khas Perancis juga identik dengan tempat makan romantis. Jadi, buat Teman Kuliner yang punya pasangan, bisa banget nih makan di restoran Perancis untuk merayakan hari spesial. Cek rekomendasi restoran Perancis enak di Jakarta di PergiKuliner ya!

Basic Instinct Culinary

Foto Basic Instinct Culinary
Foto Basic Instinct Culinary
Foto Basic Instinct Culinary

Bistro Baron

Foto Bistro Baron
Foto Bistro Baron
Foto Bistro Baron

B'Steak Grill & Pancake

Foto B'Steak Grill & Pancake
Foto B'Steak Grill & Pancake
Foto B'Steak Grill & Pancake

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?