Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Jenis Garam yang Digunakan dalam Dunia Kuliner

List Artikel
5 Oktober 2020 | 0 Komentar

Garam menjadi salah satu bumbu masakan yang bisa menjadi cita rasa sebuah makanan lebih asin dan gurih. Garam digunakan pada beragam jenis masakan apapun. Tanpa garam, maka cita rasa makanan akan jadi hambar. Menjadi bumbu dasar pada makanan, garam ini juga bisa digunakan untuk mengawetkan makanan. Penggunaan garam untuk pengawetan makanan bisa kita jumpai pada ikan asin yang memang diawetkan dengan menggunakan garam, lalu ada asinan sayur yang juga menggunakan garam untuk mengawetkan sayuran. Tapi tahukah kamu kalau ternyata garam punya banyak sekali jenisnya. Ada sekitar lima jenis garam yang banyak digunakan dalam dunia kuliner, yaitu:


1. Garam Meja



Sumber: Detik.net.id


Jenis garam yang pertama adalah garam meja. Sesuai dengan namanya, garam meja ini selalu kamu jumpai di meja makan karena fungsinya untuk menambahkan rasa asin pada makanan jika makanannya masih terasa hambar. Tapi garam meja juga sering digunakan sebagai bumbu masakan karena teksturnya halus dan mudah larut. Garam meja dibuat dari tambah bawah tanah. Nantinya hasil garam akan ditambahkan yodium.


2. Garam Laut



Sumber: Pemburuombak.com


Berbeda dengan garam meja, garam laut ini dihasilkan dari penguapan air laut sehingga cita rasanya lebih asin. Tesktur garam laut ini jauh lebih kasar dibandingkan garam laut sehingga cocok digunakan dalam masakan yang dimasak dengan api. Garam laut juga dinilai punya kandungan gizi yang lebih tinggi dan lebih sehat jika dibandingkan dengan garam meja.


3. Garam Himalaya



Sumber: Detik.net.id


Selanjutnya ada garam himalaya. Garam himalaya ini sedang populer di kalangan pecinta makanan sehat karena garam himalaya dinilai lebih sehat jika dibandingkan dengan jenis garam-garam lainnya. Garam himalaya memiliki warna merah muda yang cantik sehingga tampilannya terlihat berbeda. Garam himalaya bisa digunakan untuk segala macam jenis masakan, baik itu makanan yang dipanggang, ditumis, hingga direbus.


4. Garam Kosher



Sumber: Primarasa.co.id


Garam kosher adalah jenis garam yang mirip dengan garam meja, hanya saja garam kosher ini punya ukuran yang lebih besar. Garam kosher sangat populer di Amerika dan banyak digunakan untuk beragam jenis olahan daging. Hal ini dikarenakan garam kosher bisa menyerap darah yang ada pada daging sehingga memudahkan kita pada saat memasak olahan daging.


5. Garam Diet



Sumber: Kidnet.org


Jenis garam yang terakhir adalah garam diet. Sesuai dengan namanya, garam diet adalah garam yang banyak digunakan untuk orang berdiet. Pasalnya garam ini memiliki kandungan yang sudah disesuaikan dengan pola diet. Kandungan yodiumnya juga tidak terlalu tinggi dan citarasanya juga tak seasin jenis-jenis garam lainnya. Tapi meskipun bukan orang yang tidak sedang berdiet, kamu juga bisa tetap menggunakan jenis garam ini untuk sehari-hari karena lebih sehat.


Itulah 5 jenis garam yang digunakan dalam dunia kuliner. Penggunaan garam dalam makanan itu merupakan hal yang biasa terjadi, seperti makanan-makanan di bawah ini pastinya menggunakan garam untuk menambah rasa asin dan gurih sehingga kamu jadi semakin lahap menyantapnya.

Nasi Uduk Aquarius 94

Foto Nasi Uduk Aquarius 94
Foto Nasi Uduk Aquarius 94
Foto Nasi Uduk Aquarius 94

Ayam Bebek Mafia

Foto Ayam Bebek Mafia
Foto Ayam Bebek Mafia
Foto Ayam Bebek Mafia

Soto Betawi H. Mamat

Foto Soto Betawi H. Mamat
Foto Soto Betawi H. Mamat
Foto Soto Betawi H. Mamat

Taliwang Bali

Foto Taliwang Bali
Foto Taliwang Bali
Foto Taliwang Bali

Sate Palmerah / Kim Tek

Foto Sate Palmerah / Kim Tek
Foto Sate Palmerah / Kim Tek
Foto Sate Palmerah / Kim Tek

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?