Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

8 Makanan khas Banjarmasin yang Menggoda Selera

List Artikel
25 Oktober 2021 | 0 Komentar

Teman Kuliner, apakah pernah mencoba makanan khas Banjarmasin? Jika kamu hendak berkunjung ke Banjarmasin untuk urusan pekerjaan atau liburan, maka berburu kuliner khas Banjarmasin adalah salah satu kegiatan yang tidak boleh dilewatkan. Kota ini memiliki topografi yang bersungai-sungai, sehingga membuatnya unik dan dijuluki Kota Seribu Sungai. Namun, keunikan kota Banjarmasin tak berhenti sampai disitu saja. Kota Banjarmasin juga dikenal akan keunikan dan kelezatan kulinernya yang beragam. Jadi, jika kamu penasaran dengan rasa makanan khas Banjarmasin, kamu bisa lihat beberapa menu pilihannya berikut ini yang bisa jadi referensi menu saat kamu berkunjung ke Banjarmasin!


1. Soto Banjar



Sumber: Primarasa.co.id


Soto banjar adalah salah satu sajian soto kebanggaan masyarakat suku Banjar, Kalimantan Selatan. Soto ini dikenal punya aroma dan rasa yang kuat, berkat penggunaan rempah-rempah khas. Kuah soto banjar juga punya ciri khas berwarna keruh, karena dicampur dengan susu kental manis dan telur. Selain itu, soto banjar juga diberi tambahan wortel, yang membuatnya berbeda dari soto daerah lain. Untuk isian lainnya dalam soto banjar yaitu daging ayam kampung, perkedel, soun, telur rebus dan ketupat. Supaya makin nikmat biasanya diberi potongan jeruk nipis dan sambal yang bisa kita racik sendiri sesuai selera.


2. Ikan Patin Baubar



Sumber: Fakta.co.id


Ikan patin baubar adalah salah satu makanan hasil laut khas Banjarmasin. Ciri khas makanan adalah cara pengolahan ikannya yang dimasak menggunakan tungku yang dibakar dengan tempurung kelapa. Hal ini membuat cita rasa ikan patin baubar begitu khas dengan aroma bakaran yang menggoda. Sebelum dibakar, ikan patin biasanya dibumbui dahulu dengan bumbu rempah-rempah. Tak heran jika aroma dan cita rasa ikan ini begitu kuat akan rempah-rempahnya. Ikan patin baubar cocok dimakan dengan nasi hangat dan sambal terasi yang kenikmatannya tiada tara. Bisa juga disantap dengan terong baparung terong yang dibakar dan diberi santan khasnya Banjarmasin.


3. Nasi Itik Gambut



Sumber: Kayuagung.com


Nasi itik gambut adalah salah satu kuliner khas Banjarmasin yang tampilannya sederhana namun punya rasa yang begitu nikmat. Dinamakan nasi itik gambut, karena lauk utamanya adalah daging itik atau bebek yang dipelihara dari tanah gambut. Sehingga tekstur dagingnya begitu lembut dan tidak alot. Rasanya pun lebih gurih dari daging itik biasa. Sedangkan untuk bumbunya terdapat beberapa pilihan, seperti bumbu hadang dan bumbu kari khas Banjarmasin. Meski lauk utamanya adalah itik gambut, namun beberapa warung makan ada yang menyediakan lauk lain juga, seperti ikan haruan, telur itik dan ampela ati.


4. Iwak Karing Sapat



Sumber: Pesonanusantara.co.id


Iwak sapat atau ikan sapat adalah salah satu jenis ikan yang banyak hidup di sungai-sungai Kalimantan. Masyarakat Banjar memanfaatkan ikan ini untuk dimasak menjadi berbagai menu hidangan yang lezat, salah satunya adalah iwak karing sapat. Dagingnya yang tipis dan tidak berlemak ini, membuat ikan ini rasanya nikmat dan gurih ketika disantap. Ikan ini biasanya digoreng kering tanpa bumbu apapun. Maka dari itu, makanan ini disebut ikan karing sapat. Di Banjarmasin, ikan ini banyak dijual di pasar-pasar tradisional atau toko oleh-oleh.


5. Sayur Kambang Tigarun



Sumber: Cookpad.com


Kambang tigarun adalah salah satu jenis olahan sayur sekaligus lalapan khas Banjarmasin. Sayur ini berbahan utama dari tigarun, dimana daun, batang dan bunganya bisa dimakan semua. Penyuka sayuran ini biasanya hanya orang-orang tertentu yang memang menyukai sayuran pahit. Tigarun cocok diolah menjadi sayuran berkuah maupun dimakan langsung sebagai lalapan. Tumbuhan tigarun banyak tumbuh di daerah perkampungan di Kalimantan Selatan. Sayangnya, tigarun hanya tumbuh musiman, sehingga akan sulit mendapatkannya jika bukan sedang musimnya.


6. Lontong Orari



Sumber: Genpi.id


Kota Banjarmasin juga terkenal dengan kuliner khasnya yaitu lontong orari. Usut punya usut, bisa dinamakan lontong orari, karena setiap malam tempat makan lontong ini sering dijadikan tempat berkumpul para pemuda Organisasi Radio Amatir Republik Indonesia (ORARI). Sejak itulah masyarakat Banjarmasin menyebutkannya dengan lontong orari. Berbeda dengan lontong dari daerah lain, lontong orari memiliki bentuk segitiga. Teksurnya pun lembut dan kenyal. Biasanya lontong orari paling cocok dengan sayuran berkuah santan serta lauk seperti ayam goreng, telur rebus, atau ikan haruan.


7. Nasi Kuning Banjar



Sumber: Primarasa.co.id


Selain di Jawa, rupanya nasi kuning juga dapat ditemui di kawasan Kalimantan Selatan yaitu namanya nasi kuning banjar. Sekilas memang tak ada perbedaan antara nasi kuning banjar dengan nasi kuning dari daerah lain. Hanya saja, cara pengolahannya berbeda. Nasi kuning khas Banjar tidak menggunakan jeruk purut dalam pengolahannya. Selain itu, beras yang digunakan pun adalah beras asli Banjarmasin yang bernama beras siam. Sehingga ketika sudah matang, nasi kuning banjar punya tekstur yang lebih pulen dibanding nasi kuning biasa. Untuk menikmatinya, paling enak disantap dengan ayam habang khas Banjar.


8. Cacapan Asam



Sumber: Marikitamasak.com


Cacapan asam adalah sejenis acar khas Banjarmasin yang rasanya asam, asin, pedas dan segar. Untuk membuat cacapan asam butuh bahan-bahan seperti bawang merah, cabai rawit, garam, jeruk nipis asam jawa dan terasi. Tak ketinggalan cacapan asam biasanya diberi tambahan irisan buah-buahan yang rasanya juga asam dan segar. Cacapan asam ini sebenarnya hadir dari kebiasaan masyarakat Banjarmasin sendiri yang terbiasa makan dengan cacapan atau cocolan sebagai pendamping untuk menyantap ikan asin, pepes bersama nasi hangat.


Itulah dia delapan makanan khas Banjarmasin yang menggoda selera dan wajib buat Teman Kuliner coba kalau berkunjung ke kota Banjarmasin. Tapi, buat Teman Kuliner yang lagi tidak bisa kemana-mana, jangan khawatir. Kamu tetap bisa menikmati aneka masakan Indonesia lezat di restoran-restoran rekomenasi PergiKuliner di bawah ini!

Garage Cafe

Foto Garage Cafe
Foto Garage Cafe
Foto Garage Cafe

Seribu Rasa

Foto Seribu Rasa
Foto Seribu Rasa
Foto Seribu Rasa

Sate Khas Senayan

Foto Sate Khas Senayan
Foto Sate Khas Senayan
Foto Sate Khas Senayan

Bebek Kaleyo

Foto Bebek Kaleyo
Foto Bebek Kaleyo
Foto Bebek Kaleyo

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?