Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

8 Makanan Khas Batak yang Populer

List Artikel
19 Mei 2022 | 0 Komentar

Batak merupakan suku asli Indonesia yang berasal dari Sumatera Utara. Suku batak sendiri terbagi menjadi beberapa kelompok yaitu Batak Karo, Batak Toba, Batak Simalungun, Batak Mandailing, dan sebagainya. Suku ini tersebar hampir di seluruh wilayah provinsi Sumatera Utara. Tak hanya pandai bernyanyi yang menjadi ciri khas suku batak, tetapi juga kekayaan budaya dan tradisi termasuk makanan khas batak dengan citarasa yang unik. Walaupun beberapa makanan khas batak ini ada yang ekstrem juga, namun tak ada salahnya untuk mencoba. Terutama saat kamu mengunjungi kota Medan, Sumatera Utara. Penasaran seperti apa keunikan makanan khas batak? Berikut adalah daftar lengkapnya!


1. Naniura



Sumber: Indozone.id


Naniura adalah salah satu kuliner khas batak. Makanan ini seperti sashimi yaitu ikan mentah dari Jepang. Naniura biasanya terbuat dari ikan mas segar yang dilumuri unte jungga atau asam khas batak dan bumbu masakan lainnya seperti cabai merah, bawang merah, bawang putih, bunga rias, dan andaliman. Beragam bumbu yang dilumuri pada naniura membuat makanan ini memiliki cita rasa yang asam, gurih, dan pedas. Bagi orang-orang yang sudah mencicipi naniura pasti tahu betapa lezatnya kuliner ini. Naniura biasanya disajikan pada khusus keluarga maupun acara para marga-marga batak.


2. Saksang



Sumber: Masakandapurku.com


Saksang atau sangsang merupakan masakan khas batak yang cukup ekstrem karena daging dan bumbu yang digunakan. Saksang sendiri terbuat dari daging babi, daging anjing, atau daging kerbau yang dipotong kecil, kemudian dibumbui dengan santan dan rempah-rempah. Setelah itu, saksang akan dimasak menggunakan darah hasil sembelihan hewan tersebut. Namun, masakan ini bisa juga diolah tanpa penggunaan darah segar. Saksang dalam tradisi masyarakat batak merupakan sajian yang istimewa. Menu ini wajib dalam acara-acara adat atau prosesi pernikahan adat batak. Saksang bisa juga ditemukan di berbagai warung makan tradisional batak yang disebut juga dengan lapo.


3. Arsik Ikan



Sumber: Minapoli.com


Arsik ikan adalah makanan khas Batak Toba Samosir, Tapanuli Utara, Sumatera Utara. Makanan ini berbahan dasar ikan mas yang dibumbui kuning dan rempah-rempah khas batak seperti andaliman, kincung, bawang batak, dan sebagainya. Bagi masyarakat batak, arsik ikan bukanlah sekedar makanan biasa, namun juga memiliki filosofi dan nilai-nilai tersendiri. Arsik ikan biasanya disajikan untuk upacara adat tertentu seperti pernikahan dan acara kelahiran anak. Namun, makanan ini bisa juga dikonsumsi sebagai makanan sehari-hari yang bisa dinikmati kapan saja, tidak harus menunggu ada acara-acara besar.


4. Manuk Napinadar



Sumber: Tribunnews.com


Manuk napinadar atau ayam napinadar adalah salah satu masakan khas batak yang terbilang cukup ekstrem. Sebab makanan ini diolah menggunakan darah ayam itu sendiri. Untuk mengolah napinadar, ayam dimasak dengan cara dibakar. Setelah matang, ayam akan dilumuri dengan saus khusus yang terbuat dari darah ayam dan dicampur dengan rempah khas batak seperti andalimak, bawang putih bubuk, dan cabai. Makanan ini memiliki cita rasa pedas yang khas karena penggunaan andaliman. Namun, napinadar yang kini banyak dijumpai dapat juga diolah tanpa darah, sehingga semua kalangan bisa menikmatinya.


5. Mie Gomak



Sumber: Merdeka.com


Mie gomak adalah sajian mie khas batak yang banyak dijumpai di daerah Toba Samosir dan Tapanuli. Keistimewaan dari mie gomak adalah rasa pedasnya yang unik dan nyelekit di lidah. Rasa pedasnya sendiri berasal dari campuran andaliman, cabai merah, dan bawang putih. Terdapat dua cara untuk memasak mie gomak yakni mie dapat dimasak dengan cara direbus atau digoreng. Karena mie yang digunakan untuk membuat mie gomak itu mirip dengan spaghetti, maka mie gomak sering disebut juga sebagai spaghetti versi batak. Mie gomak kerap dijadikan menu sarapan pagi di daerah-daerah tepian Danau Toba. Makanan ini biasanya paling disantap bersama gorengan seperti ubi goreng, pisang goreng, dan godok-godok.


6. Babi Panggang Karo



Sumber: Pinterest.com


Babi panggang karo atau yang lebih dikenal dengan BPK adalah salah satu makanan khas batak yang cukup populer. Makanan ini berbahan dasar daging babi yang dipanggang atau dibakar. Perbedaan babi panggang karo dengan babi panggang lainnya adalah cara pengolahannya yang unik, di mana daging akan dipotong kecil kemudian dipadukan dengan bumbu yang terbuat dari darah babi. Setelah itu, babi panggang karo akan dihidangkan dengan daun singkong dan kincong sebagai pelengkapnya. Selain itu, disajikan juga saus dari darah babi yang sudah dimasak dengan campuran asam khas batak. Rasa dagingnya begitu gurih dan nikmat walaupun tidak menggunakan msg sama sekali.


7. Hare



Sumber: Batakpedia.org


Hare merupakan jajanan khas batak yang tidak hanya lezat dimakan, namun juga menyehatkan tubuh. Jajanan ini terbuat dari campuran tepung ketan, kunyit, dan kencur. Bahan-bahan tersebut kemudian dimasak dengan santan dan diaduk hingga teksturnya menyerupai bubur. Biasanya hare bisa juga ditambahkan potongan nangka untuk menambah cita rasa dan aroma. Setelah matang, hare akan disajikan dengan alas dari daun pisang atau kertas pembungkus nasi. Makanan tradisional khas Batak Toba ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi bagi ibu hamil karena dipercaya dapat berkhasiat untuk menyehatkan calon bayi sekaligus meningkatkan kesuburan.


8. Dali Ni Horbo



Sumber: Genpi.co


Dali ni horbo merupakan makanan yang terbuat dari susu kerbau. Untuk membuat dali ni horbo, biasanya susu akan diolah dengan rempah-rempah khas batak seperti andaliman, kunyit, jahe, cabai, bawang merah, dan sebagainya. Bisa juga dicampur dengan air perasan papaya untuk menghilangkan bau amisnya. Makanan khas Tapanuli ini biasanya dihidangkan sebagai menu utama yang wajib ada saat acara makan keluarga. Dali ni horbo bisa dimakan tanpa nasi maupun disantap dengan makanan khas batak lainnya. Karena kandungan gizinya tidak jauh berbeda dengan susu dan tampilannya mirip seperti keju, maka makanan ini sering disebut juga sebagai keju khas batak. 


Itu dia beberapa makanan khas Batak yang populer dan bisa kamu coba. Kalau kamu tertarik untuk coba yang mana nih?

Kwetiau Medan Yongky

Foto Kwetiau Medan Yongky
Foto Kwetiau Medan Yongky
Foto Kwetiau Medan Yongky

Mie Tarik Medan 69

Foto Mie Tarik Medan 69
Foto Mie Tarik Medan 69
Foto Mie Tarik Medan 69

Babi Panggang Lapo Dainang br. Sirait

Foto Babi Panggang Lapo Dainang br. Sirait
Foto Babi Panggang Lapo Dainang br. Sirait
Foto Babi Panggang Lapo Dainang br. Sirait

Lapo Ni Tondongta

Foto Lapo Ni Tondongta
Foto Lapo Ni Tondongta
Foto Lapo Ni Tondongta

Lapo Kim Long

Foto Lapo Kim Long
Foto Lapo Kim Long
Foto Lapo Kim Long

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?