Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

8 Manfaat Mangga Untuk Kesehatan yang Kaya Gizi

List Artikel
2 Juli 2021 | 0 Komentar

Mangga merupakan salah satu jenis buah-buahan yang populer di Indonesia. Banyak masyarakat yang mengonsumsi buah mangga, karena rasanya yang manis dan segar. Buah mangga bisa dikonsumsi dengan berbagai cara seperti dimakan secara langsung, diolah menjadi jus, dirujak, bahkan dessert yang lezat. Di negara kita sendiri terdapat beberapa jenis mangga yang populer, yaitu mangga manalagi, mangga Indramayu, mangga madu dan mangga arumanis. Beruntunglah Teman Kuliner jika sering mengonsumsi buah mangga, sebab buah manis nan segar ini memiliki sejumlah manfaat yang bagus untuk kesehatan.



Sumber: Cookerru.com


Selain lezat buahnya, mangga juga mudah didapatkan. Ketika musim mangga tiba, buah mangga biasanya akan banyak dijual di pinggir jalan maupun di pasar-pasar tradisional dan swalayan. Bahkan tak jarang juga ada yang menanam pohon mangga di halaman rumah sebagai pohon rindang yang bisa menyejukkan pekarangan rumah. Nah, kembali ke manfaat buah mangga, sudahkah Teman Kuliner tahu mengenai manfaat mangga untuk kesehatan?


1. Memelihara Kesehatan Mata dan Penglihatan

Manfaat mangga untuk kesehatan yang pertama adalah buah mangga dapat membantu memelihara kesehatan mata dan penglihatan. Buah mangga diketahui memiliki kandungan vitamin A dan beta karoten yang tinggi. Mengonsumsi vitamin A dalam kandungan mangga bisa membantu dalam mengurangi resiko penyakit mata yang bisa memengaruhi retina. Jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup, vitamin A juga bisa membantu mengobati mata kering, serta membantu penglihatan mata menjadi lebih tajam dan optimal. Sedangkan, manfaat beta karoten bagi kesehatan mata adalah untuk mencegah katarak dan degenerasi makula yang kian memburuk seiring usia.


2. Menjaga Kesehatan Rambut

Manfaat mangga untuk kesehatan selanjutnya adalah buah mangga dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut. Tak sedikit juga memanfaatkan buah mangga sebagai produk perawatan rambut alami. Buah mangga bisa digunakan sebagai masker setelah keramas yang berguna untuk melembutkan dan mengatasi rambut rontok. Kandungan vitamin A dan vitamin C dalam buah mangga juga dapat membantu menumbuhkan dan memperbaiki rambut rusak, melindungi kilau rambut dari paparan sinar matahari, mengatasi ketombe, serta mempercepat pertumbuhan rambut.


3. Merawat Kecantikan Kulit

Mangga merupakan buah yang kaya akan antioksidan. Kandungan antioksidan yang tinggi dapat membantu mencegah penuaan dini serta mengurangi tanda-tanda kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari berlebih. Selain itu, kandungan vitamin C dalam buah mangga bisa membantu tubuh untuk meningkatkan produksi kolagen. Kolagen termasuk sejenis protein yang berperan penting dalam membentuk sel kulit baru, menjaga elastisitas dan menghidrasi kulit. Manfaat mangga untuk kecantikan kulit lainnya adalah buah mangga dapat membantu mengatasi masalah jerawat di wajah yang kerap mengganggu kepercayaan diri seseorang. Tentu dengan dukungan vitamin A di dalam buahnya.


4. Menurunkan Tekanan Darah

Salah satu pantangan yang banyak dipercayai orang adalah penderita diabetas dilarang mengonsumsi buah mangga. Katanya, buah mangga yang identik dengan rasa manis dipercaya memiliki kadar glukosa yang tinggi sehingga berbahaya bagi penderita diabetes. Faktanya, tidak ada larangan medis yang menyebutkan jika penderita diabetes tidak boleh mengonsumsi buah mangga. Selama dikonsumsi dalam batas wajar, justru konsumsi buah mangga dapat membantu memperlambat penyerapan gula dalam tubuh karena kandungannya yang kaya serat. Disamping itu, kandungan mangga yang terdapat antioksidan juga dapat berguna untuk mengurangi efek tekanan yang timbul akibat kenaikan gula darah. Dengan kata lain, buah mangga justru dapat membantu menstabilkan gula darah dalam tubuh.


5. Mengatasi Sembelit Kronis

Manfaat mangga untuk kesehatan lainnya adalah mangga dapat mengatasi sembelit kronis. Sembelit atau sulit buang air besar adalah salah satu masalah pencernaan yang dialami banyak orang. Penyebabnya bisa karena berbagai alasan, seperti kurangnya konsumsi makanan berserat dan pola makan yang tidak sehat menjadi penyebab sembelit yang paling umum. Untuk mencegah dan mengatasi masalah sembelit kronis, bisa dimulai dengan memperbanyak konsumsi buah-buahan. Salah satunya adalah buah mangga. Buah ini diketahui tinggi akan serat, yang dapat membantu mempercepat pemecahan makanan dalam pencernaan. Sehingga masalah sembelit hingga konstipasi dapat diatasi dengan konsumsi buah mangga.


6. Melawan Penyakit Kanker

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh Comprehensive Review on Food Science and Food Safety, menyebutkan bahwa kandungan serat dalam mangga memiliki efek positif yakni melawan penyakit degeneratif termasuk kanker. Selain itu, kandungan mangga juga kaya akan zat antioksidan seperti asam galat, quercentin dan astragalin. Kandungan antioksidan ini dapat membantu melindungi tubuh dari serangan berbagai jenis kanker, termasuk kanker usus, kanker payudara hingga leukemia.


7. Meningkatkan Libido

Penurunan libido pada pria maupun wanita dapat menyebabkan menurunnya gairah dalam berhubungan intim. Penyebab turunnya libido bisa dipengaruhi berbagai faktor, diantaranya bisa karena stres, kelelahan, gangguan kesehatan sampai efek samping dari konsumsi obat tertentu. Seiring waktu sebenarnya hal ini wajar saja terjadi. Namun, jika Teman Kuliner merasa hal tersebut mulai mengganggu hubungan intim kamu dan pasangan. Teman Kuliner dapat menemukan solusinya dengan konsumsi buah mangga. Mangga termasuk buah-buahan yang mengandung vitamin E, dimana salah satu manfaat vitamin E adalah dapat meningkatkan libido atau gairah seks seseorang.


8. Menurunkan Berat Badan

Mangga merupakan salah satu buah yang dapat menurunkan berat badan secara alami. Serat makanan yang terkandung dalam buah mangga dapat membantu meningkatkan metabolisme dan membakar kalori dalam tubuh. Dengan kata lain, manfaat mangga untuk diet dapat menurunkan berat badan lebih cepat. Namun mengonsumsi mangga setiap hari juga bukanlah opsi terbaik. Untuk mendapat manfaatnya secara maksimal dalam menurunkan berat badan, tentu perlu diimbangi dengan konsumsi makanan lainnya yang kaya nutrisi dan vitamin. Serta, rutin berolahraga dan menjalani pola makan yang sehat selama diet.


Kandungan gizi mangga mengandung berbagai nutrisi, vitamin dan mineral. Diantaranya terdapat kandungan protein, lemak, karbohidrat, vitamin A, vitamin B6, vitamin B12,  vitamin C, vitamin E, vitamin D, vitamin K, natrium, kalsium, folat, kalium, zat besi, magnesium, serta antioksidan seperti beta karoten dan zeaxanthin yang bagus untuk kesehatan tubuh. Gimana, Teman Kuliner jadi tertarik buat mengonsumsi buah mangga secara rutin?. Mangga dapat diolah menjadi ragam kuliner yang enak seperti jus buah, smoothie, puding dan lain sebagainya. Tinggal pilih saja yang sesuai dengan selera Teman Kuliner di rumah.

King Mango Thai

Foto King Mango Thai
Foto King Mango Thai
Foto King Mango Thai

Santhai

Foto Santhai
Foto Santhai
Foto Santhai

Re.Juve

Foto Re.Juve
Foto Re.Juve
Foto Re.Juve

101+ Juice

Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice

Tropicale Juice Bar

Foto Tropicale Juice Bar
Foto Tropicale Juice Bar
Foto Tropicale Juice Bar

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?