Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Alasan Logis Kenapa Kita Bisa Makan Berlebihan

List Artikel
21 Februari 2019 | 0 Komentar
Bagi manusia, makan menjadi sebuah kebutuhan pokok alias kebutuhan utama yang wajib dipenuhi setiap harinya. Tapi bagi para pecinta kuliner, makan tidak lagi sebatas untuk memenuhi kebutuhan utama, melainkan juga sebagai ajang perburuan mencari makanan enak, berinteraksi dengan para pecinta kuliner lainnya, hingga sebagai hobi yang bisa dilakukan kapan saja. Ketika mendapat label sebagai pecinta makanan, kita seringkali kebablasan makan alias makan yang berlebihan. Inilah yang menjadi alasan kenapa para pecinta kuliner memiliki moto hidup untuk makan, bukan makan untuk hidup. Tapi tahukah kamu kalau ternyata ada alasan logis kenapa kita bisa makan berlebih sehingga kebablasan. Coba kita lihat alasannya yuk!


Sumber : Pergikuliner.com


1. Rasa Makanan yang Lezat

Alasan pertama adalah karena rasa makanan yang disajikan terlalu lezat sehingga bisa merangsang nafsu makan seseorang dan juga rasa bahagia seseorang ketika menyantapnya. Rasa makanan yang sangat lezat memang bisa membangkitkan rasa bahagia seseorang sehingga tanpa kita sadari makanan yang ada di depan kita tahu-tahu sudah habis dan berpindah ke dalam perut. Jika rasa makanan tidak enak, kita pasti akan enggan menghabiskannya.


2. Wadah yang Besar, Porsinya Juga Lebih Besar

Ada banyak pendapat yang mengatakan kalau wadah makanan yang besar bisa memicu nafsu makan orang bertambah sehingga kita bisa makan berlebih. Semakin besar wadah yang digunakan, maka sudah pasti semakin banyak porsi makanan yang disajikan. Ini akan membuat kita susah untuk mengontrol berapa banyak makanan yang sudah kamu santap. Untuk mengurangi nafsu makan yang berlebih, coba saja untuk makan dengan menggunakan piring yang kecil.


3. Variasi Makanan yang Disajikan Sangat Banyak

Ketika kita makan di restoran all you can eat atau restoran buffet, biasanya kita tidak akan bisa menahan diri untuk makan terus dan terus. Hal ini diakibatkan karena variasi makanan yang disajikan sangat banyak sekali sehingga menggodamu untuk mencoba semuanya sekaligus. Variasi makanan bisa dikatakan layaknya stimulasi dan rangkaian kebiasaan yang akan terus menerus dilakukan. Jadi kalau belum melakukannya alias belum mencoba menu makanan tersebut, pasti kita akan merasa penasaran.


4. Mengalami Distraksi Saat Makan

Pernah tidak ketika kamu sedang makan bersama dengan teman-teman, tanpa disadari makanan yang tersaji di atas meja tahu-tahu sudah habis. Hal ini bisa saja terjadi karena kamu mengalami distraksi saat makan. Baik distraksi karena mengobrol dengan teman, bermain gadget, hingga menonton televisi. Mengalami distraksi saat makan ini akan membuat fokus makan jadi terganggu sehingga kita merasa tidak kenyang-kenyang dan berakibat pada berlebihnya porsi makan yang disajikan.

 

5. Sedang Mengalami Stres

Alasan terakhir adalah karena kita sedang mengalami stres sehingga makan dengan berlebihan. Makan dipercaya banyak orang bisa melepas stres, terutama makan yang manis-manis. Makan bisa menjadi penghibur di saat kamu sedang stres dan bisa dijadikan sebagai hadiah atas usaha dan kerja kerasmu saat ini. Saat menyantap makanan, kamu bisa merasa bahagia dan hormon opiod bisa dilepaskan sehingga ampuh untuk menghilangkan stres.


Sekarang kamu sudah tahu bukan apa saja alasan logis kita bisa makan berlebihan? Nah, jika perutmu mulai lapar kamu bisa mampir ke salah satu referensi tempat makan di bawah ini ya! Tapi hati-hati jangan sampai makan berlebihan ya karena makanan di bawah ini enak-enak tentunya.

Padang Merdeka

Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka

Bebek Tepi Sawah

Foto Bebek Tepi Sawah
Foto Bebek Tepi Sawah
Foto Bebek Tepi Sawah

Ayam Bebek Mafia

Foto Ayam Bebek Mafia
Foto Ayam Bebek Mafia
Foto Ayam Bebek Mafia

Restoran Beautika Manado

Foto Restoran Beautika Manado
Foto Restoran Beautika Manado
Foto Restoran Beautika Manado

Kembang Tandjoeng

Foto Kembang Tandjoeng
Foto Kembang Tandjoeng
Foto Kembang Tandjoeng

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?