Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Aneka Kuliner Lezat yang Terbuat dari Tulang

List Artikel
15 Oktober 2015 | 0 Komentar
Jika selama ini kalian selalu membuang tulang ikan, tulang ayam, ataupun tulang kambing setelah mengambil bagian dagingnya, karena beranggapan bahwa tulang-tulang tersebut sudah tidak dapat dimanfaatkan lagi, maka kalian dipastikan harus membaca artikel ini. Kali ini PergiKuliner akan memberikan informasi mengenai beragam menu makanan lezat berbahan dasar utama tulang. 


1. Nasi Tulang Jambal


Sumber: www.sebandung.com

Jika kalian selalu berpikir bahwa tulang ikan hanya berfungsi sebagai bahan pangan kucing, maka kalian salah besar. Nasi Tulang Jambal merupakan salah satu kuliner unik asal Bandung yang saat ini sedang ‘naik daun’. Tulang ikan asin jambal yang masih menyisahkan sedikit daging di sekitar durinya ini dapat dimasak dengan tambahan cabai, tomat, dan aneka bumbu rempah khas Indonesia lainnya. Rasanya juga akan semakin lezat jika kalian memakannya bersama dengan nasi hangat, tahu, dan juga tempe goreng. 


2. Tengkleng


Sumber: soloraya.com

Tengkleng merupakan masakan tradisional khas Indonesia yang berasal dari Kota Solo. Masakan Tengkleng ini terbuat dari bahan dasar utama tulang kambing yang masih memiliki sedikit sisa daging menempel di sekitar tulangnya. Tulang kambing tersebut kemudian dimasak dengan beraneka bumbu rempah sehingga menghasilkan kuah gurih dengan rasa yang cukup pedas dan manis. 

Sebenarnya terdapat sejarah dibalik terciptanya menu masakan Tengkleng ini. Dimana pada jaman dahulu, daging kambing masih termasuk ke dalam menu makanan mewah yang hanya bisa dinikmati oleh para raja. Para rakyat kecil yang saat itu bekerja di rumah raja akhirnya memanfaatkan sisa-sisa tulang kambing yang sudah tidak digunakan lagi untuk kemudian mereka masak menjadi masakan Tengkleng. Sejak saat itulah, nikmatinya hidangan Tengkleng dapat kita rasakan hingga sekarang.


3. Sate Tulang 


Sumber: lipsus.kompas.com

Menikmati menu sate ayam yang terdiri dari daging dan kulit merupakan suatu hal yang sudah biasa. Yang perlu kalian coba adalah mencicipi kuliner Sate Tulang. Makanan yang berasal dari Kota Banjarmasin (Kalimantan Selatan) ini memang tidak sepopular ‘rekannya’, yaitu Soto Banjar. Akan tetapi keunikan dan kelezatan rasanya kini sudah mulai membuat banyak pecinta kuliner menjadi penasaran. 

Jika pada umumnya sate ayam dihidangkan dengan bumbu kecap atau bumbu kacang, maka berbeda dengan Sate Tulang. Sebelum ditusuk dan dibakar, potongan punggung ayam yang terdiri dari daging dan tulang direndam dengan racikan bumbu khas Kota Banjarmasin yang memiliki rasa gurih, pedas, dan manis. Sate Tulang yang sudah siap kemudian disajikan dengan lontong dan juga saus merah yang memiliki rasa sedikit pedas. Jangan khawatir mengenai tekstur tulangnya, karena Sate Tulang ini memiliki tekstur tulang yang cukup empuk jika dibandingkan dengan tulang ayam pada umumnya.


4. Sop Tulang Sumsum

Sumber: kuliner.icad.im

Sop Tulang Sumsum merupakan salah satu jenis kuliner yang terbuat dari tulang, yang keberadaannya sudah sangat popular di kalangan masyarakat Indonesia. Pada umumnya, penjual Sop Tulang Sumsum akan memberikan sebuah sedotan plastik yang dapat digunakan untuk menyedot sumsum yang terdapat di dalam rongga tulang. Perpaduan antara tekstur sumsum yang lembut ditambah dengan gurihnya kuah kaldu sapi hasil perebusan tulang sumsum menjadikan jenis kuliner ini sangat dicari-cari oleh para penggemarnya.


5. Iga Bakar 

Sumber: pergikuliner.com

Sama halnya dengan ikan, kambing, ayam, ataupun sapi, keberadaan tulang pada daging babi juga dapat diolah menjadi kuliner lezat, yaitu Iga Bakar Babi. Ada beragam jenis bumbu yang dapat digunakan untuk membuat Iga Bakar Babi, mulai dari barbeque, rasa pedas, atau mungkin bumbu original yang hanya terdiri dari kecap dan bumbu rempah. Tekstur daging babi yang masih tersisa disekitar tulang iga juga cukup lembut sehingga dapat dengan mudah terlepas dari tulangnya ketika sedang dimakan. Iga Bakar Babi tidak hanya nikmat ketika dimakan di restoran, tetapi juga cocok untuk dijadikan sebagai salah satu menu di acara barbeque bersama rekan ataupun teman-teman.


6. Bak Kut Teh


Sumber: pergikuliner.com

Makanan yang terkenal banget di daerah Malaysia, Singapura, dan daerah-daerah peranakan sekitarnya termasuk Indonesia ini juga dimasak menggunakan kaldu dari iga babi dengan waktu yang lama sehingga rasanya nikmat dan sangat terasa bumbu herbal dan ladanya. Disajikan dengan daging dan organ lainnya, Bak Kut Teh biasanya dinikmati dengan nasi atau mie. Di restoran, kuah sup Bak Kut Teh biasanya dapat diisi ulang karena makanan ini paling lezat disantap dalam keadaan panas.

Itulah aneka kuliner lezat yang menjadikan tulang sebagai bahan dasar utamanya. Apakah kalian pernah mencicipi salah satu di antaranya? Jika kalian memiliki informasi mengenai kuliner lezat berbahan dasar utama tulang lainnya, silahkan share di comment box artikel ini yah!

Warung Leko

Foto Warung Leko
Foto Warung Leko
Foto Warung Leko

Kafe Betawi

Foto Kafe Betawi
Foto Kafe Betawi
Foto Kafe Betawi

Sop Konro Karebosi

Foto Sop Konro Karebosi
Foto Sop Konro Karebosi

Song Fa Bak Kut Teh

Foto Song Fa Bak Kut Teh
Foto Song Fa Bak Kut Teh
Foto Song Fa Bak Kut Teh

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?