Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Asal-usul Japanese Cheese Cake yang Teksturnya Mirip Bolu

List Artikel
3 Agustus 2023 | 0 Komentar

Bagi penyuka cake, pastinya pernah mencicip cake asal Jepang yang diberi nama Japanese cheese cake ini. Meski belum pernah mencicipnya, setidaknya kamu pernah melihatnya. Nama cheese cake sudah tak asing lagi bagi masyarakat di seluruh dunia karena dessert yang satu ini memang terbilang cukup populer. Cheese cake diketahui berasal dari negara Barat, tapi ada juga cheese cake yang berasal dari Jepang yang dinamakan Japanese cheese cake.


Berbeda dengan cheese cake yang asalnya dari Amerika atau yang lebih dikenal dengan New York cheese cake, Japanese cheese cake ini tampilannya lebih mirip dengan bolu vanila. Itulah yang membuatnya sering kali salah dikenali sebagai kue bolu. Padahal keduanya ini berbeda. Japanese cheese cake memiliki bahan dasar yang berbeda dari kue bolu sehingga tekstur dan rasa yang dihadirkan pastinya berbeda. Yuk, coba kita lihat cerita asal-usul dari Japanese cheese cake ini!



Sumber: pergikuliner.com

 

Mulai Dikenal di Jepang pada Tahun 1900-an

Menilik dari sejarahnya, cheese cake awalnya ditemukan oleh bangsa Romawi. Kemudian saat bangsa Romawi mulai memperluas daerahnya ke segala penjuru Eropa, kuliner ini pun mulai dikenal oleh masyarakat Eropa. Resep cheese cake pun mulai dikenal oleh masyarakat Amerika Serikat pada abad ke-18 karena dibawa oleh masyarakat Polandia. Pada waktu itu, resep New York cheese cake inilah yang kita kenal saat ini. Lalu di sekitar tahun 1900-an, barulah cheese cake mulai masuk ke Jepang. Pada sekitar tahun 1926 yakni pada masa periode Showa, keju baru mulai masuk ke negara Jepang. Setelah keju mulai dikenal masyarakat Jepang, resep cheese cake pun mulai dicoba oleh masyarakat Jepang.

 

Menggabungkan Cake ala Jerman dan Amerika

Meski resep cheese cake sudah dikenal oleh masyarakat Jepang pada tahun 1920-an, resep yang mereka gunakan adalah resep New York cheese cake asal Amerika. Barulah pada sekitar tahun 1960-an, Tomotaro Kuzuno yang merupakan chef asal Jepang melakukan perjalanan ke Berlin dan mencicip cheese cake ala Jerman di sana. Sekembalinya ke Jepang, dirinya membuat cheese cake yang memadukan cheese cake ala Jerman dan Amerika. Tomotaro membuat cheese cake dengan mencampurkan krim keju dengan mentega, gula, dan telur. Jika dibandingkan dengan versi Amerika, ia mengurangi kadar gula dan kejunya sehingga rasanya tidak terlalu kuat. Ia juga memisahkan antara kuning telur dengan putih telur seperti yang dilakukan pada cheese cake ala Jerman. Percobaan inilah yang menghasilkan Japanese cheese cake yang kita kenal saat ini, yakni dengan tekstur yang lebih lembut seperti tekstur bolu.

 

Lebih Banyak Digemari oleh Anak Muda

Berhubung sudah lama ada, Japanese cheese cake termasuk dalam kategori kuliner khas Jepang yang punya rasa klasik. Namun uniknya, Japanese cheese cake justru lebih banyak disukai oleh anak muda. Sebenarnya, ada alasan khusus di balik kesukaan anak muda terhadap Japanese cheese cake ini, karena kue ini mengandung cukup banyak lemak sehingga cukup mengenyangkan. Ditambah lagi, rasa dari kue ini cenderung asin gurih dengan perpaduan sedikit rasa manis sehingga cocok di lidah orang yang tidak terlalu suka makanan yang manis.


Itulah sekilas perjalanan asal-usul dari Japanese cheese cake yang perlu kamu ketahui sebelum menyantapnya. Semoga informasi tersebut bisa menambah pengetahuanmu di dunia kuliner. Buat kamu yang ingin menyantap cake enak, di bawah ini ada beberapa rekomendasi toko kue yang bisa didatangi!

The Pancake Co. by DORE

Foto The Pancake Co. by DORE
Foto The Pancake Co. by DORE
Foto The Pancake Co. by DORE

Uncle Tetsu

Foto Uncle Tetsu
Foto Uncle Tetsu
Foto Uncle Tetsu

DORE by LeTAO

Foto DORE by LeTAO
Foto DORE by LeTAO
Foto DORE by LeTAO

Cizz Cheesecake & Friends

Foto Cizz Cheesecake & Friends
Foto Cizz Cheesecake & Friends
Foto Cizz Cheesecake & Friends

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?