Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Kuliner Daging Bebek Khas Asia yang Rasanya Nagih Banget

List Artikel
3 Agustus 2023 | 2 Komentar

Ada banyak kuliner daging bebek khas Asia yang punya aneka rasa khas dan unik. Meski tampilan daging bebek sekilas mirip dengan daging ayam, tapi daging bebek memiliki tekstur dan rasa yang berbeda dengan daging ayam. Daging bebek memiliki tekstur yang sangat kenyal dengan rasa yang jauh lebih gurih. Meski demikian, aroma daging bebek agak amis jika dibanding daging ayam. Oleh karena itu, daging bebek harus diolah dengan cara yang tepat supaya nanti hasil dagingnya tidak alot dan tidak berbau amis. Selain harus diolah dengan cara yang tepat, kuliner daging bebek juga harus diberi aneka bumbu rempah yang melimpah. Penggunaan rempah yang banyak tidak hanya memperlezat rasa dari daging bebek, tapi juga bisa mengempukkan dagingnya dan menghilangkan aroma amisnya. Di negara Asia, penggunaan daging bebek memang sudah tidak asing lagi. Ada banyak kuliner daging bebek khas Asia dengan rasa yang unik dan berbeda. Beberapa di antaranya adalah:

 

1. Bebek Peking



Sumber: Idntimes.com


Kuliner daging bebek khas Asia yang pertama adalah bebek peking. Kuliner ini sangatlah populer. Tak hanya di negara asalnya yakni di Beijing, China, tapi juga di luar negeri seperti Indonesia. Hal ini bisa dibuktikan dengan mudahnya kuliner bebek peking dijumpai di Indonesia. Bebek peking dibuat dari bahaj dasar bebek utuh yang dibumbui lalu dipanggang dalam jangka waktu lama. Teknik pengolahannya sangat rumit karena adanya pengisian udara di antara daging dan kulit dengan tujuan supaya bagian dagingnya renyah.

 

2. Duck Rice


Sumber: Tripadvisor.com


Duck rice atau nasi bebek adalah kuliner yang berasal dari Singapura. Kuliner ini terbuat dari bahan dasar daging bebek dan nasi yang sangat cocok untuk makan siang hingga makan malam. Untuk membuat kuliner daging bebek khas Asia ini sebenarnya tak jauh berbeda dari cara pembuatan nasi hainan. Tapi tentu saja rasanya berbeda karena bumbu yang digunakan tak sama. Selain itu cara penyajiannya juga berbeda karena disiram dengan saus khusus yang di dalamnya ada campuran kecap asin.

 

3. Chao Vit



Sumber: Delightfuplate.com


Chao vit adalah salah satu kuliner daging bebek khas Asia yang asalnya dari Vietnam. Jika di Indonesia ada bubur ayam, di Vietnam ada chaovit yang merupakan bubur bebek khas Vietnam. Jadi bubur ini dibuat dengan campuran beras dan daging bebek. Daging bebek harus dimasak terlebih dulu dengan direbus hingga empuk dan matang. Barulah setelah matang disuwir dan disajikan dengan bubur nasi, tauge, daun bawang, bawang goreng, dan kecap ikan.

 

4. Bun Mang Vit



Sumber: Delightfulplate.com


Kuliner daging bebek khas Asia yang selanjutnya adalah bun mang vit. Kuliner ini juga berasal dari Vietnam dan bisa dijumpai sebagai streetfood. Bun mang vit dibuat dari bahan dasar daging bebek dan rebung yang dimasak dalam air lalu dijadikan sebagai sup. Rempah yang digunakan ada banyak sekali. Mulai dari bawang merah, bawang bombay, daun ketumbar, daun mint, daun perilla, cabai, dan lainnya. Nantinya sup ini akan disajikan dengan bihun.

 

5. Oritang



Sumber: Middleclass.sg


Kuliner daging bebek khas Asia yang terakhir adalah oritang. Kuliner ini adalah sup bebek asal Korea Selatan, tepatnya dari daerah Gwangju. Oritang terbagi menjadi dua jenis, yakni yang pedas dan tidak pedas. Untuk oritang yang memiliki rasa pedas diberi tambahan bubuk cabai sehingga warna kuahnya kemerahan. Sedangkan yang tidak pedas warna kuahnya bening karena tidak ada campuran bubuk cabai.

 

Itulah beberapa kuliner daging bebek khas Asia yang pastinya bisa bikin lidahmu bergoyang. Di Indonesia sendiri, ada bebek penyet, bebek betutu, bebek goreng, hingga bebek ladoijo. Kamu sendiri lebih suka menyantap kuliner bebek dari Indonesia atau dari negara-negara Asia lainnya di atas?

 

Bebeke Om Aris

Foto Bebeke Om Aris
Foto Bebeke Om Aris
Foto Bebeke Om Aris

Bebek Tepi Sawah

Foto Bebek Tepi Sawah
Foto Bebek Tepi Sawah
Foto Bebek Tepi Sawah

Bebek Kaleyo

Foto Bebek Kaleyo
Foto Bebek Kaleyo
Foto Bebek Kaleyo

Bebek Bentu

Foto Bebek Bentu
Foto Bebek Bentu
Foto Bebek Bentu

Bebek Perdikan

Foto Bebek Perdikan
Foto Bebek Perdikan
Foto Bebek Perdikan

Topik artikel ini:
2 Komentar
[ ... ]
Foto user umum
akEorKfNIbyUVMX
hootensol@yahoo.com | 18 May 2022 pk. 12:27 AM
Foto user umum
HdrfckbXjJY
hootensol@yahoo.com | 18 May 2022 pk. 12:27 AM

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?