Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Bukan MSG, Ini Bumbu yang Bisa Bikin Makanan Tambah Lezat

List Artikel
7 Desember 2017 | 0 Komentar

Monosodium glutamate atau yang lebih dikenal dengan nama MSG merupakan bahan penyedap yang biasa digunakan pada masakan untuk memberikan efek rasa lezat dan gurih. MSG mulai diproduksi di Jepang pada tahun 1908 dan dibuat dari ekstrak makanan yang kaya akan protein seperti rumput laut. Tapi sekarang MSG sudah dibuat dari fermentasi gula tebu. Pada dasarnya, MSG tidak terlalu berbahaya bagi tubuh jika pemakaiannya tidak melebihi 5 gram per hari. Namun, berhubung penyedap makanan ini dibuat dengan proses kimiawi, maka jika pemakaiannya melebihi batas akan memicu beragam penyakit tertentu bagi tubuh seperti obesitas, kanker, serta diabetes. Padahal ada bahan lainnya yang bisa digunakan sebagai penyedap makanan selain MSG, yaitu:

 

1. Garam dan Gula


Sumber: naturalcuresandhomeremedies.com


Garam memang bisa menambahkan rasa asin dan menjadi kunci dari segala macam jenis masakan. Rasa asin dari garam memang membuat masakan jadi lebih sedap. Tapi terkadang penggunaan garam saja tidaklah cukup untuk membuat cita rasa masakan jadi super lezat. Oleh karena itu, kamu perlu menambahkan sedikit gula pada masakan agar cita rasanya jadi lebih seimbang. Perpaduan rasa asin dan manis dari garam dan gula mampu menghasilkan rasa gurih layaknya rasa yang dihasilkan oleh MSG.

 

2. Air Kaldu


Sumber: allrecipes.com


Air kaldu banyak digunakan dalam berbagai macam jenis masakan. Tak hanya pada masakan berkuah seperti sup dan soto saja, tapi juga pada tumisan, hingga adonan gorengan. Air kaldu terbuat dari rebusan daging sapi atau ayam yang dicampur dengan aneka sayuran seperti wortel, kentang, daun bawang, dan bawang bombay yang direbus selama berjam-jam hingga kuah berubah warna dan memiliki aroma yang sangat wangi. Air kaldu dapat memberikan rasa gurih yang alami dan menimbulkan efek lezat meski tanpa MSG.

 

3. Ebi


Sumber: dapurhangus.wordpress.com


Ebi merupakan udang kecil yang dikeringkan sehingga bertahan dalam waktu yang lama. Penambahan ebi pada bumbu masakan sudah bukan hal yang asing lagi. Ebi memiliki cita rasa yang asin dan gurih sehingga bisa menimbulkan rasa gurih. Ebi sering ditambahkan pada masakan sambal, gorengan, pepes, nasi goreng, hingga olahan balado. Penggunaannya bisa secara utuh atau dihaluskan menjadi bubuk. Selain ebi, ada ikan teri yang juga sering dijadikan sebagai penambah rasa lezat pada masakan Indonesia.

 

4. Bumbu Rempah


Sumber: justtryandtaste.com


Indonesia adalah negeri yang kaya akan rempah-rempahnya. Kamu bisa menemukan dengan mudah rempah-rempah di Indonesia mulai dari kunyit, jahe, lengkuas, lada, ketumbar, pala, kemiri, jinten, kapulaga, kayu manis, cengkeh, sereh, daun jeruk, daun lengkuas, hingga daun kunyit dengan harga yang cukup murah. Sebuah masakan yang diberi banyak bumbu rempah-rempah, tak hanya terasa aromanya yang wangi, tapi cita rasanya juga semakin lezat.

 

5. Keju


Sumber: pergikuliner.com


Terakhir ada keju yang saat ini sedang menjadi tren untuk dipadukan dengan berbagai jenis masakan serta camilan tradisional Indonesia. Sebut saja ayam geprek mozarella, martabak telur keju, sate taichan mozarella, nasi goreng keju, dan masih banyak lagi. Penambahan keju pada makanan bukanlah tanpa alasan. Keju memiliki cita rasa yang asin dan gurih sehingga penambahan keju pada makanan bisa menambah kelezatan cita rasanya.

 

Itu dia beberapa bumbu yang bisa bikin makanan tambah lezat dan ternyata ada bahan-bahan lain yang bisa menggantikan penggunaan MSG yang lebih alami dan sehat kan? Nah! Sekarang kamu bisa mulai hidup sehat tanpa mengkonsumsi makanan ber-MSG, khususnya di restoran-restoran di bawah ini!

Rarampa

Foto Rarampa
Foto Rarampa
Foto Rarampa

Palalada

Foto Palalada

Meimo Masakan Manado

Foto Meimo Masakan Manado
Foto Meimo Masakan Manado
Foto Meimo Masakan Manado

Java Kitchen

Foto Java Kitchen
Foto Java Kitchen
Foto Java Kitchen

Dharma Kitchen

Foto Dharma Kitchen
Foto Dharma Kitchen
Foto Dharma Kitchen

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?