Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Cara Simpan Mentega dan Margarin agar Tak Mudah Jamuran

List Artikel
25 Agustus 2023 | 0 Komentar

Mentega dan margarin merupakan salah satu bahan makanan yang paling sering digunakan dalam berbagai masakan. Mentega dibuat dari bahan dasar lemak hewani, sedangkan margarin dibuat dari bahan dasar lemak nabati. Keduanya ini sama-sama bisa membuat rasa masakan menjadi lebih lezat dan aroma masakan menjadi lebih wangi. Mentega dan margarin juga sering digunakan dalam pembuatan kue. Biasanya, margarin dan mentega dijual dalam ukuran sekitar 100 gram. Namun, terkadang kita tidak bisa menghabiskan semuanya dalam satu kali penggunaan sehingga sisanya harus disimpan dengan baik dan benar. Jika tidak disimpan dengan benar maka mentega dan margarin akan mudah berjamur. Berikut beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk menyimpan mentega dan margarin yang benar.



Sumber:  southernliving.com


Simpan di Wadah Aslinya

Cara simpan mentega dan margarin yang benar adalah dengan menyimpannya dalam wadah aslinya. Hal ini berlaku jika kamu membeli margarin dan mentega dalam bentuk kemasan kotak atau kaleng. Kemasan kotak atau kaleng tersebut sengaja dibuat oleh produsen untuk menjaga kualitas mentega dan margarin tetap baik.  Oleh karena itu, sebaiknya kamu tetap membiarkannya di dalam wadah aslinya saja.

 

Simpan di Wadah Tertutup

Lain halnya jika kemasan margarin dan mentega terbuat dari bahan plastik sachet atau kertas alumunium. Kamu terpaksa harus memindahkannya ke dalam wadah yang tertutup rapat. Penggunaan wadah tertutup ini bertujuan untuk menghindari terjadinya kontaminasi dari udara luar yang bisa menimbulkan jamur pada mentega dan margarin. Lantas, bagaimana kalau tidak punya wadah yang tertutup rapat? Kamu bisa menyimpannya di dalam plastik zip yang rapat.

 

Hindari Paparan Sinar Matahari

Cara simpan mentega dan margarin yang lainnya adalah dengan menghindari paparan sinar matahari. Mentega dan margarin merupakan bahan makanan yang sangat mudah meleleh dan mencair sehingga harus dijauhkan dari paparan sinar matahari. Selain sinar matahari, sebaiknya jauhkan juga dari sumber panas seperti rice cooker, air fryer, serta oven. Kamu bisa menyimpannya di dalam lemari yang bersuhu ruangan.

 

Simpan di Dalam Kulkas

Jika ingin margarin dan mentega aman dan tidak berjamur maka cara yang paling aman adalah menyimpannya di dalam kulkas. Mentega dan margarin yang disimpan dalam kulkas tidak mudah terpapar bakteri sehingga tidak mudah berjamur. Waktu simpan mentega dan margarin di dalam kulkas bisa berminggu-minggu. Apalagi jika kamu menaruhnya di dalam freezer, mentega dan margarin bisa bertahan hingga berbulan-bulan lamanya. Saat menyimpan dalam kulkas maupun freezer, tetap gunakan wadah yang tertutup rapat agar aromanya tidak tercampur dengan aroma bahan makanan lain. Cara ini sangat banyak digunakan, tapi kekurangannya adalah mentega dan margarin yang disimpan di dalam kulkas cenderung menjadi keras. Karena itulah ketika kamu ingin menggunakan mentega atau margarin, mau tidak mau harus diletakkan di suhu ruangan selama beberapa menit sebelum bisa digunakan.

 

Simpan dalam Bentuk Kecil-kecil

Ada banyak cara supaya nantinya mentega dan margarin yang kamu simpan tidak mudah berjamur dan salah satunya adalah dengan menyimpannya dalam potongan kecil-kecil alias untuk sekali pakai. Dengan begitu, kontaminasi bakteri yang terjadi akan semakin kecil. Kamu bisa langsung memotong-motong mentega atau margarin lalu menyimpannya dalam cetakan silikon dan meletakkannya di dalam kulkas. Saat hendak digunakan, cukup ambil 1-2 cube saja. Dengan begitu, mentega dan margarin akan tetap aman.

 

Ambil Mentega dan Margarin dengan Alat Bersih

Salah satu penyebab mentega dan margarin mudah berjamur adalah karena adanya penyebaran bakteri di dalamnya. Penyebab bakteri ini kebanyakan adalah karena penggunaan alat yang tidak steril atau tidak bersih saat mengambilnya. Ada orang yang menggunakan sendok dan ada juga yang menggunakan pisau untuk mengambil margarin dan mentega. Tapi apakah pisau dan sendok tersebut bersih atau belum digunakan untuk menyentuh bahan makanan lainnya. Jika sudah terlanjur digunakan untuk bahan makanan lainnya, sebaiknya ganti sendok atau pisau yang baru untuk mengambil mentega dan margarin ya!

 

Itulah beberapa cara simpan mentega dan margarin yang benar supaya tetap awet dan tidak berjamur. Semoga informasi di atas bisa berguna untuk kamu! Mentega dan margarin biasanya digunakan sebagai bahan dalam berbagai jenis hidangan, seperti untuk membuat kue dan roti hingga untuk memanggang daging atau menumis sayuran. Buat yang ingin menyantap hidangan-hidangan tersebut, di bawah ini ada rekomendasi tempat yang bisa kamu datangi!

Dear Butter

Foto Dear Butter
Foto Dear Butter
Foto Dear Butter

Martabak Sinar Bulan

Foto Martabak Sinar Bulan
Foto Martabak Sinar Bulan
Foto Martabak Sinar Bulan

Toast Box

Foto Toast Box
Foto Toast Box
Foto Toast Box

Fingers Butter Rice

Foto Fingers Butter Rice
Foto Fingers Butter Rice
Foto Fingers Butter Rice

Steak 21 Buffet

Foto Steak 21 Buffet
Foto Steak 21 Buffet
Foto Steak 21 Buffet

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?