Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Coba Intip Negara dengan Olahan Teh Terkenal di Dunia Yuk!

List Artikel
3 Februari 2017 | 0 Komentar

Siapa diantara kamu yang suka menikmati teh di pagi atau sore hari? Teh memang baik bagi tubuh karena bermanfaat mencegah kanker dan mengurangi resiko penyakit jantung. Sehingga dengan mengkonsumsi teh secara rutin maka tubuh kita akan sehat. Teh memiliki beragam jenis dan masing-masing negara tentu mempunyai cara pengolahan teh sendiri termasuk di beberapa negara berikut ini yang memiliki minuman olahan dari teh yang sudah dikenal hingga ke mancanegara. Negara mana sajakah itu? Ini dia daftar negara dengan olahan teh terkenal di dunia! 


1. Malaysia – Teh Tarik



Sumber: PergiKuliner.com


Kita beranjak ke negara yang paling terdekat dulu dengan Indonesia. Di Malaysia ternyata terdapat sebuah racikan teh yang unik namanya teh tarik. Teh tarik sudah terkenal hingga ke berbagai negara di Benua Asia. Teh Tarik terbuat dari campuran teh hitam dengan susu kental manis. Teman PergiKuliner tahu tidak mengapa teh asal Malaysia ini disebut teh tarik? Hal itu karena proses penuangan teh yang unik yakni dengan cara ditarik dari satu gelas ke gelas lainnya sehingga disebut teh tarik.


2.Thailand – Thai Tea



Sumber: Pergikuliner.com


Lanjut ke negara Thailand, disini juga terdapat satu olahan teh yang sudah cukup terkenal termasuk di Indonesia yakni thai tea. Sesuai dengan namanya, teh ini memang merupakan teh khas Thailand dimana proses pembuatannya hampir mirip dengan teh Tarik. Hanya saja keduanya memiliki rasa yang berbeda. Thai tea memiliki rasa yang lebih pahit dibandingkan teh tarik tetapi ia juga sedikit manis karena thai tea terbuat dari teh hitam yang dicampur dengan bunga lawang, susu, dan gula.


3. Jepang – Matcha Tea


Sumber: PergiKuliner.com


Setelah puas dengan thai tea, kali ini kita pergi ke negara sakura yang juga terkenal sebagai penghasil teh terbaik di dunia. Negara manakah itu? Dimana lagi kalau bukan di Jepang. Jepang memang sangat terkenal dengan matcha atau green tea. Matcha dibuat dari proses daun teh Jepang yang telah dikeringkan dan ditumbuk hingga menjadi bubuk matcha. Mengapa matcha tea bisa berwarna hijau? Hal itu dikarenakan proses penanaman daun teh yang tidak terkena matahari langsung. Tidak ada cara khusus dalam penyajian matcha tea, cukup didihkan air dan tuang ke dalam gelas yang sudah berisi bubuk matcha dan aduk hingga rata.


4. Lebanon – Teh Rosella



                                                       Sumber: www.loop.co.id                                                             


Kita beralih ke Lebanon, ternyata disini juga terdapat olahan teh yang dikenal dengan nama teh rosella. Uniknya, teh rosella ini memiliki warna merah seperti sirup yang membuat orang yang baru mengenalnya mungkin tidak akan mengira bahwa itu adalah teh. Warna merah tersebut didapat dari kelopak bunga rosella yang hanya tumbuh di negara-negara tropis seperti Lebanon. Teh rosella  memiliki rasa yang agak asam dan kandungan antioksidan dalam teh ini sangat banyak sehingga bagus bagi tubuh jika dikonsumsi secara rutin.


5. Khasmir – Noon Chai


 

                                                                                                      Sumber: gosocio.co.id                                                                                                                 


Teman PergiKuliner pasti bertanya-tanya Kashmir itu negara bagian mana sih? Kashmir sebenarnya merupakan wilayah yang terdiri dari tiga negara yaitu Tiongkok, India dan Pakistan. Di wilayah ini terdapat satu jenis olahan teh yang sudah terkenal dengan sebutan the noon chai. Kata noon sendiri berasal dari bahasa setempat yang berarti garam. Hal itu dikarenakan dalam pembuatan teh noon chai terdapat campuran garam, susu, baking soda dan sudah pasti bubuk teh. Teh noon chai memiliki rasa yang pahit sekaligus gurih. Teh noon chai beraroma yang wangi dan memiliki warna merah muda sehingga sering disebut juga pink tea.

Teh Tarik Uncle G

Foto Teh Tarik Uncle G

Dum Dum Thai Drinks

Foto Dum Dum Thai Drinks

Nokcha Cafe

Foto Nokcha Cafe
Foto Nokcha Cafe

TWG Tea Salon & Boutique

Foto TWG Tea Salon & Boutique
Foto TWG Tea Salon & Boutique
Foto TWG Tea Salon & Boutique

Hoshino Tea Time

Foto Hoshino Tea Time
Foto Hoshino Tea Time
Foto Hoshino Tea Time

Lewis & Carroll Tea

Foto Lewis & Carroll Tea
Foto Lewis & Carroll Tea
Foto Lewis & Carroll Tea

Itu dia daftar negara dengan olahan teh terkenal di dunia. Kalau kamu suka yang mana?


Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?