Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Coba Tebak, 5 Bahan Makanan Ini Tergolong Buah atau Sayur?

List Artikel
30 Maret 2018 | 0 Komentar

Seperti yang kamu ketahui, buah dan sayur merupakan bahan makanan sehat yang memiliki nilai gizi dan nutrisi tinggi. Jadi jangan heran kalau setiap harinya kamu dianjurkan untuk makan buah dan sayur. Seringnya penggunaan buah dan sayur pada makanan yang kita santap sehari-hari ini membuat adanya perdebatan tentang perbedaan golongan buah dan sayur. Banyak orang yang berpikir bahwa penggolongan buah dan sayur ini tergantung dari cara pengolahannya. Tapi ternyata pendapat tersebut bertentangan dengan ilmu botani karena ilmu botani menggolongkan sayur berdasarkan akar, batang, dan daun. Sedangkan untuk buah berdasarkan benihnya. Coba sekarang kamu tebak, di antara kelima bahan makanan di bawah ini, mana yang tergolong buah dan mana yang tergolong sayur?

 

1. Tomat


Sumber: tarasmulticulturable.com


Tomat sangat sering dijadikan sebagai bahan masakan ketimbang dijadikan olahan minuman atau disantap begitu saja. Kamu bisa menemukan penggunaan tomat hampir di seluruh masakan Indonesia, mulai dari sambal, pepes, hingga masakan berkuah. Keberadaan tomat sebagai sayuran memang lebih dikenal masyarakat, padahal aslinya tomat ini berasal dari benih tanaman berbunga sehingga tomat termasuk dalam buah, bukan sayuran.

 

2. Mentimun


Sumber: cookinglight.com 


Tak jauh berbeda dengan tomat, mentimun juga dianggap sebagai sayuran karena lebih sering digunakan dalam campuran masakan, terutama sering dijadikan sebagai lalapan untuk dicocol dengan sambal. Tapi tahukah kamu kalau ternyata mentimun ini masih satu keluarga dengan melon sehingga mentimun aslinya termasuk dalam golongan buah. Mentimun berasal dari tanaman ovarium bunga dewasa yang memiliki banyak biji dengan daging buah segar serta kadar air yang sangat banyak.

 

3. Paprika


Sumber: cookinglight.com

 

Menurut kamu paprika termasuk dalam golongan buah atau sayur? Pasti banyak di antara kamu yang mengira kalau paprika ini termasuk dalam golongan sayur karena penggunaannya yang lebih banyak dimasak terlebih dahulu. Penggunaan paprika banyak ditemukan pada olahan masakan Italia seperti pizza, serta tumisan. Padahal secara biologis, paprika ini termasuk dalam golongan buah karena berasal dari benih tanaman bunga.  

 

4. Terong Ungu



Sumber : pondokibu.com


Tanaman terong memiliki banyak sekali turunan jenisnya di dunia. Tercatat ada lebih dari 100 jenis terong yang ada di dunia, mulai dari terong hijau, terong bulat, terong belanda, hingga terong ungu. Terong ungu sering dianggap sebagai tanaman sayuran karena harus diolah terlebih dahulu sebelum disantap. Terlebih lagi citarasa terong ungu yang agak getir dan pahit sehingga orang mengkategorikan terong ungu dalam golongan sayur. Meski aslinya terong ungu merupakan buah.

 

5. Bengkoang


Sumber: merdeka.com

 

Terakhir ada bengkoang yang banyak ditemukan dalam olahan dessert manis, es buah, atau dijadikan rujak yang dicocol dengan sambal. Bengkoang memiliki cita rasa yang manis dengan kadar air yang cukup tinggi sehingga seringkali dianggap dalam golongan buah. Padahal bengkoang termasuk dalam golongan sayur karena berasa dari jenis umbi-umbian. Jika dikonsumsi secara rutin, bengkoang bisa menurunkan berat badan, menghaluskan kulit, serta mencegah asma.


Nah! Sekarang kamu sudah tau kan mana tergolong sayur-sayuran dan mana yang buah-buahan. Kalau begitu untuk melengkapi artikel ini, PergiKuliner juga sudah punya beberapa rekomendasi tempat makan yang menyajikan aneka olahan sayur dan buah seperti di bawah ini!

Pokinometry

Foto Pokinometry
Foto Pokinometry
Foto Pokinometry

The Betawi Salad

Foto The Betawi Salad
Foto The Betawi Salad

Padang Merdeka

Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka

SaladStop!

Foto SaladStop!
Foto SaladStop!
Foto SaladStop!

Honu Poke & Matcha Bar

Foto Honu Poke & Matcha Bar
Foto Honu Poke & Matcha Bar
Foto Honu Poke & Matcha Bar

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?