Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Fakta Unik Katsuobushi, Bukan Hanya Pelengkap tapi Juga Penyedap

List Artikel
21 Juni 2023 | 0 Komentar

Katsuobushi merupakan salah satu bahan makanan yang paling sering kita jumpai pada kuliner khas Jepang. Bahan kuliner ini terbilang sangat populer karena memiliki bentuk yang sangat unik dan menarik. Bentuknya mirip dengan potongan kertas yang jika diletakkan di atas makanan panas, katsuobushi akan bergerak-gerak seolah sedang menari-nari. 


Keunikannya tersebut ternyata dikarenakan bentuknya yang sangat tipis, bahkan lebih tipis dari kertas sehingga sangat mudah bergerak karena tertiup angin atau saat terkena uap panas dari makanan. Berhubung tampilannya ini sangat unik, maka tak heran kalau katsuobushi menjadi sangat populer. Tapi selain keunikan dari segi bentuknya, ternyata masih ada fakta unik lainnya dari katsuobushi yang perlu kamu ketahui. Apa saja itu?



Sumber: pergikuliner.com

 

Cara Pembuatan yang Unik

Fakta unik dari katsuobushi tidak hanya bisa dilihat dari bentuknya saja, tapi juga cara pembuatannya. Katsuobushi ini dibuat dari bahan dasar ikan cakalang yang banyak dijumpai di perairan Jepang. Ikan cakalang yang sudah dibersihkan kemudian dibelah dua dan dibuang tulangnya, lalu diasapi atau dikeringkan. Setelah dikeringkan, maka ikan cakalang akan berteksur sangat keras karena 90% kadar airnya hilang. Kemudian, tahapan selanjutnya inilah yang membuat bentuknya sangat unik. Ikan cakalang yang sudah dikeringkan ini akan diserut menggunakan alat khusus yang dinamai dengan nama ogura shiki katsuobushi kezuriki. Bentuk alat ini mirip dengan alat serut kayu tetapi mata pisaunya berada di atas. Setelah diserut, maka hasil tampilannya akan menjadi sangat tipis seperti kertas.

 

Sudah Ada sejak Zaman Edo

Fakta unik katsuobushi yang kedua adalah ternyata bahan kuliner ini sudah ada sejak zaman Edo. Masyarakat Jepang sangat suka mengawetkan ikan supaya tidak mudah busuk. Salah satu caranya adalah dengan menjadikannya sebagai katsuobushi. Meski awalnya katsuobushi di zaman Edo bentuknya belum setipis yang sekarang, tapi teknik pengawetan ikannya sama saja. Pada zaman Edo, katsuobushi memiliki nilai yang sangat tinggi sehingga kerap kali dijadikan sebagai upeti yang dikirimkan oleh pejabat daerah kepada pihak kerajaan.

 

Dikenal sebagai Topping Aneka Kuliner Khas Jepang

Katsuobushi dikenal sebagai bahan makanan yang sering digunakan sebagai topping pada aneka kuliner khas Jepang seperti takoyaki dan okonomiyaki. Namun selain kedua makanan tersebut, ternyata masyarakat Jepang juga sering menggunakan katsuobushi untuk taburan saat menyantap nasi, tumisan, hingga hidangan berkuah seperti udon hingga ramen. Tidak hanya membuat tampilan kuliner khas Jepang menjadi lebih cantik, penambahan katsuobushi juga bisa membuat sajian makanan menjadi lebih lezat saat disantap.

 

Bisa Digunakan sebagai Penyedap Alami

Selama ini, tak sedikit dari kita yang menganggap kalau katsuobushi hanya digunakan sebagai topping saja. Padahal sebenarnya katsuobushi ini juga digunakan sebagai bahan penyedap alami pada makanan. Katsuobushi yang dibuat dari bahan dasar ikan cakalang yang diawetkan ini memiliki rasa umami alami yang bisa melezatkan masakan. Selain itu, kandungan inosinat pada katsuobushi sangatlah tinggi sehingga akan menciptakan ras gurih alami tanpa perlu menambahkan penyedap buatan. Katsuobushi sering digunakan sebagai bahan dasar pada pembuatan dashi yang menjadi kaldu dasar pada hampir semua masakan Jepang.

 

Itulah beberapa fakta unik katsuobushi yang ternyata tidak hanya digunakan sebagai pelengkap topping pada kuliner khas Jepang, tetapi juga bisa digunakan sebagai penyedap alami pada masakan. Buat kamu yang ingin berburu kuliner khas Jepang, di bawah ini ada beberapa rekomendasi tempat yang bisa didatangi!

Marugame Udon

Foto Marugame Udon
Foto Marugame Udon
Foto Marugame Udon

Kappa Sushi

Foto Kappa Sushi
Foto Kappa Sushi
Foto Kappa Sushi

Takoyaki Corner

Foto Takoyaki Corner
Foto Takoyaki Corner
Foto Takoyaki Corner

Naruto Takoyaki

Foto Naruto Takoyaki
Foto Naruto Takoyaki
Foto Naruto Takoyaki

Momokino

Foto Momokino
Foto Momokino
Foto Momokino

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?